FASHION & BEAUTY
21 Agustus 2019

Perhatikan, Ini 5 Bahan Skincare yang Berbahaya Bagi Kulit Sensitif

Perlu dihindari agar tidak menyebabkan masalah kulit
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Memiliki kulit sensitif adalah salah satu masalah yang banyak dialami oleh sebagian besar wanita di Indonesia. Salah memakai produk perawatan kulit, iritasi dan peradangan kulit mengintai. Susah untuk menemukan produk yang cocok.

Beberapa produk skincare memang menclaim bahwa produknya aman untuk pemilik kulit sensitif.

Namun sebagai pemilik kulit sensitif, kita harus cerdas dalam memilih produk skincare yang akan kita gunakan. Salah pilih, maka harga yang dibayar tentu akan lebih mahal.

Baca Juga: 6 Bahan Skincare yang Ampuh Hilangkan Jerawat

Oleh karena itu penting bagi kita untuk melihat bahan-bahan yang digunakan dalam sebuah produk. Pastikan bahwa bahan yang digunakan aman dan terpercaya.

Lalu bahan apa saja yang kiranya berbahaya untuk kulit sensitif? Simak di bawah ini yuk!

1. Alkohol

Bahan Skincare yang Cocok Untuk Melembapkan Kulit Kering

Bahan skincare pertama yang berbahaya untuk kulit sensitif adalah alkohol. Bahan satu ini banyak terkandung dalam toner maupun krim wajah, yang mana dibutuhkan agar saat produk diaplikasikan pada kulit wajah, cepat terserap dan kering.

Padahal alkohol tidak baik bagi pemilik kulit sensitif karena akan menurunkan kadar kelembaban wajah kita, sehingga terjadi iritasi, gatal-gatal pada area wajah, hingga kulit yang bruntusan. Maka dari itu, Moms harus selektif dan memastikan produk skincare yang digunakan bebas alkohol.

2. Pewangi

skincare untuk kulit sensitif

Penting juga memastikan bahwa produk yang digunakan bebas dari pengharum buatan.

Wangi lotion dan cream, dapat menimbulkan reaksi pada kulit, sehingga terjadi inflamasi dan merusak lapisan dalam kulit.

Untungnya bahan ini tidak banyak ditemukan dalam bahan skincare untuk kulit wajah. Pewangi adalah salah satu bahan skincare berbahaya untuk kulit sensitif.

Baca Juga: Skincare Brightening dan Lightening, Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya untuk Wajah

3. Sulfat

skincare untuk kulit sensitif

Banyak yang mempertanyakan keamanan dari sulfat, bahan yang menciptakan busa dalam semua produk, mulai dari sabun cuci muka hingga pasta gigi. Biasanya dikenal dengan ammomium lauryl sulfate (ALS) dan sodium lauryl sulfate (SLS).

Jawabannya masih abu-abu, namun kita tahun bahwa bahan ini mengakibatkan iritasi.

Memang tidak mudah, namun mencoba untuk menghindari bahan-bahan ini selama beberapa minggu bisa membantu kita mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat.

4. Butiran Apricot

skincare untuk kulit sensitif

Butiran kecil dalam produk lulur atau scrub alami favorit Moms? Bentuknya yang tidak teratur dan kasar, membuat bahan ini terlalu keras untuk kulit sensitif wajah.

Namun Moms tetap bisa menggunakannya pada bagian kaki, siku, dan lutut. Cobalah untuk memilih scrub yang lembut untuk wajah sebagai gantinya.

Baca Juga: Cara Membuat Apricot Windows Cookies yang Lezat Menyehatkan

5. Bahan Kimia dalam Produk Sunscreen

skincare untuk kulit sensitif

Ada dua jenis sunscreen yang biasa kita temui, kimia dan fisik. Sesuai namanya, sunscreen kimia menggunakan bahan-bahan kimia seperti avobenzone, octinoxate, dan oxybenzone untuk memantulkan sinar UV, yang mana tidak apa jika digunakan pada pemilik kulit normal.

Namun menjadi lain masalahnya jika digunakan pada pemilik kulit sensitif. Jenis sunscreen ini merupakan bahan skincare berbahaya untuk kulit sensitif. Sebagai solusi, sebaiknya Moms menggunakan sunscreen dengan formula fisik atau mineral.

Itulah beberapa bahan skincare berbahaya untuk kulit sensitif yang perlu Moms hindari.

Artikel Terkait