FASHION & BEAUTY
19 November 2020

11 Cara Menghilangkan Belang di Wajah dan Leher, Gampang!

Tabir surya bisa membantu mengurangi belang kulit pada wajah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya
Disunting oleh Intan Aprilia

Pigmentasi mengacu pada warna kulit. Gangguan pigmentasi kulit menyebabkan perubahan atau belang pada warna kulit kita.

Melanin merupakan pigmen yang dibuat oleh sel-sel kulit dan bertanggung jawab atas warna kulit manusia.

Kondisi kulit yang kerap dirasakan setiap orang adalah belang, termasuk juga pada wajah.

Hal ini dicirikan dengan timbul bercak pada kulit atau seluruh tubuh.

Bintik-bintik hitam, melasma, bekas luka adalah jenis belang yang umum terjadi pada kulit.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Belang kulit pada wajah dan leher biasanya tidak berbahaya, tetapi kadang-kadang dapat disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya.

Penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kulit menjadi gelap. Ini merupakan masalah kosmetik bagi kebanyakan orang.

Belang yang terjadi pada kulit merupakan hasil dari perubahan yang terjadi pada tubuh, seperti hormon dan penuaan, serta faktor eksternal seperti jerawat, bintik hitam, luka, dan eksim.

Terkena paparan sinar matahari langsung ke arah wajah juga menjadi penyebab kulit belang. Kondisi ini disebut sebagai bintik matahari atau solar lentigines.

Dilansir dari jurnal yang diterbitkan oleh Medscape, solar lentigines atau lentigo adalah kondisi kulit yang mengalami bercak hitam kecil di area wajah. Lentigenes dapat berkembang perlahan selama bertahun-tahun dan muncul secara tiba-tiba.

Bercak coklat kehitaman yang menyebabkan belang pada wajah ini beraneka ragam.

Ini juga dikenal sebagai freckles. Biasanya ini dikarenakan kulit wajah tidak menggunakan sunscreen sehingga matahari menyerang langsung ke lapisan kulit.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Kulit di Area Payudara

Selain wajah, kulit belakang juga terjadi pada area punggung, leher, bahu, dan punggung kaki.

Bentuk belang akibat matahari yakni, bintik-bintik kecil kecoklatan dengan ukuran bervariasi. Kulit belang ini kerap terjadi di usia 35 tahun ke atas.

Tak perlu khawatir, belang pada wajah dapat diatasi dengan rutin menggunakan skincare dan ramuan herbal alami di setiap harinya.

Karena setiap skincare tidak mengandung bahan yang dapat meratakan warna kulit di wajah, cara alami dapat Moms coba lho di rumah. Bahan-bahan ini juga mudah didapatkan.

Nah, jika Moms mengalami masalah belang di wajah dan leher, yuk simak cara mengatasinya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Belang di Wajah Secara Alami

masker wajah hilangkan belang wajah

Foto: Orami Photo Stock

1. Cuka Sari Apel

Melansir studiNational Library of Medicine, cuka sari apel mengandung asam asetat yang dapat meratakan belang di wajah. Cuka apel dapat mengurangi belang pada area wajah akibat sinar matahari atau bekas jerawat. Cara racik menggunakan cuka apel cukup mudah.

Moms hanya perlu menuangkan cuka apel secukupnya ke wadah kosong. Lalu oleskan cuka apel ke bagian wajah belang dan diamkan selama dua hingga tiga menit. Setelah itu basuh wajah dengan air hangat dan lakukan rutin dalam dua kali sehari.

2. Lemon dan Madu

Kandungan herbal lainnya yakni lemon dan madu. Campuran ini dapat menghilangkan belang di wajah dengan alami. Kandungan aktif pada lemon dipercaya mencerahkan wajah dan madu untuk melembabkan dan membuat kulit kenyal.

Untuk menggunakannya, tuangkan 2 sdm madu dan perasan lemon ke wadah. Lalu oleskan masker lemon dan madu ke area wajah yang belang. Rendam handuk dalam air hangat dan tutupi wajah selama 15 - 20 menit.

Moms dapat maskeran madu dan lemon ini sambil bersantai agar lebih nyaman.

Baca Juga: 4 Masker Alami Untuk Mengencangkan Kulit Wajah

3. Aloe Vera

Siapa sangka, aloe vera yang sering digunakan di kandungan skincare juga bisa menghilangkan belang di wajah, lho!

Menurut studi oleh Planta Medica, aloe vera mengandung senyawa aloin, yang telah terbukti dapat mencerahkan dan menghilangkan belang di wajah secara efektif.

Cukup mengoleskan cairan aloe vera ke area kulit belang sebelum tidur. Kemudian pada esok harinya bilas dengan air hangat. Ulangi secara ruitn untuk menghilangkan belang di wajah secara alami.

4. Teh Hitam

Sebuah studi Toxological Research, teh hitam efektif dalam menyamarkan noda hitam, bekas jerawat dan belang di wajah. Perasan teh hitam dapat dimanfaatkan untuk meratakan warna kulit dengan perawatan mudah di rumah.

Gunakan 1 sdm daun teh hitam dan rebus hingga mendidih. Lalu saring airnya. Ambil bola kapas dan celupkan ke air teh dan oleskan ke area wajah yang belang. Terapkan cara ini dua kali sehari hingga mendapatkan hasil yang optimal.

Teh hijau juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan belang di wajah ya.

Baca Juga: Temukan 10 Manfaat Kesehatan dari Teh Hitam di Sini

5. Susu

Susu, buttermilk dan susu asam terbukti efektif meringankan perubahan warna kulit. Asam laktat pada susu berperan aktif sebagai cara menghilangkan belang di wajah.

Caranya, rendam bola kapas di dalam susu. Gosokkan pada kulit belang dua kali sehari. Ulangi hingga mendapatkan hasil yang diinginkan

6. Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak, vitamin C dan E, serta asam oleat. Semua ini membuat alpukat menjadi obat alami yang sangat baik untuk menghilangkan kulit belang di wajah.

Untuk menggunakannya, hancurkan alpukat hingga menjadi halus. Aduk merata dengan susu dan madu. Oleskan pada area wajah yang belang. Biarkan hingga kering lalu bersihkan dengan air hangat.

Baca Juga: 16 Manfaat Masker Alpukat dan Variasinya, untuk Kulit Sehat Bersinar

7. Kunyit dan Susu

Kunyit adalah salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk meratakan warna kulit di wajah. Ini memiliki sifat pemutihan dan anti-bakteri yang sangat baik.

Sedangkan susu dapat membersihkan, melembabkan dan mencerahkan kulit dengan dari bintik-bintik hitam.

Tumbuk kunyit hingga halus. Oleskan kunyit dan susu yang telah dicampurkan ke area wajah. Pijat perlahan dengan gerakan memutar selama lima menit. Biarkan masker selama 20 - 30 menit. Lalu bersihkan dengan air hangat.

Cara Menghilangkan Belang di Wajah Menggunakan Skincare

Skincare hilangkah belang wajah

Foto: Orami Photo Stock

8. AHA (Alpha Hidroxy Acid)

AHA (Alpha Hidroxy Acid) pada skincare, senyawa asam yang efektif dalam mencegah penuaan dini dan membantu menghilangkan belang di wajah dan leher.

Sebagai eksfoliator kimia, AHA melingkupi glycolic acid, lactic acid, citric acid, dan ascorbic acid atau yang biasa kita sebut vitamin C.

Bahan-bahan tersebut membantu mempercepat regenerasi kulit dan merupakan cara mengatasi belang di area wajah.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Freckles, Melasma, dan Flek Hitam

9. Niacinamide

Niacinamide memiliki tugas untuk menghambat produksi melanin, yaitu pigmen warna pada kulit.

Bila kulit Moms sensitif, niacinamide merupakan bahan aktif yang aman dan dapat digunakan sebagai cara mengatasi hiperpigmentasi atau kulit belang serta masalah bekas jerawat, atau noda pasca-inflamasi lainnya.

10. Rosehip Oil

Cara mengatasi kulit belang selanjutnya adalah dengan menggunakan rosehip oil.

Tak hanya memperbaiki warna kulit tidak merata, minyak ini juga mampu melembabkan dan menutrisi kulit.

Gunakan setiap hari untuk hasil yang maksimal, terutama setelah kita melakukan eksfoliasi pada kulit.

Baca Juga: 7 Jenis Essential Oil untuk Menyamarkan Bekas Luka

11. Tabir Surya

Akhiri rutinitas dengan tabir surya. Cara mengatasi kulit belang adalah dengan juga melindungi kulit dari sinar matahari. Ingat, sinar matahari adalah faktor utama penyebab penuaan dini ya, Moms.

Penggunaan tabir surya atau sunscreen sangat berperan dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Kalau tidak rajin memakai tabir surya, kulit akan belakang dan menimbulkan freckles, lho!

Nah jadi itu adalah beberapa bahan alami dan kimia yang bisa Moms gunakan untuk menghilangkan belang di wajah. Bahan-bahan ini cukup mudah ditemukan dan terbukti efektifitasnya.

Artikel Terkait