TRIMESTER 1
16 Juli 2020

Bahaya Hydroquinone untuk Ibu Hamil, Waspada!

Para peneliti tidak menganjurkan penggunaan hydroquinone saat hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Erwanto
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Akibat perubahan hormon, ibu hamil seringkali menghadapi berbagai masalah kulit seperti kusam, pigmentasi, dan flek-flek hitam.

Salah satu bahan skincare yang bisa mengatasi masalah-masalah di atas adalah hydroquinone.

Eits, jangan langsung senang dulu, Moms. Sebab hydroquinone ternyata tidak dianjurkan digunakan oleh ibu hamil dan menyusui, lho. Yuk simak penjelasannya!

Baca Juga: 4 Bahan Skincare Berbahaya Saat Program Hamil

Bahaya Hydroquinone untuk Ibu Hamil

hydroquinone untuk ibu hamil.jpg

Foto: mom365.com

Dilansir dari Cleveland Clinic, hydroquinone sering juga disebut sebagai krim bleaching atau krim pemutih.

Skincare yang mengandung hydroquinone digunakan untuk mencerahkan hiperpigmentasi, noda-noda hitam, melasma, dan chloasma.

Walau masalah kulit itu biasanya akan hilang setelah melahirkan, Moms mungkin ingin sesegera mungkin mengatasinya, sehingga Moms pun tergoda menggunakan krim pemutih hydroquinone saat hamil.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Canadian Family Physician, hydroquinone memiliki tingkat penyerapan yang tinggi ke kulit, yakni 35-45 persen.

Meski penelitian tidak memperlihatkan kecacatan janin atau gangguan kesehatan akibat penggunaan hydroquinone, para peneliti tetap menganjurkan untuk menghindari pemakaiannya.

“Akibat penyerapan yang tinggi ke kulit dibanding bahan lainnya, lebih baik meminimalisir penggunaannya sampai ada penelitian lebih lanjut yang dapat mengonfirmasi keamanannya,” lapor penelitian tersebut.

Baca Juga: Pewangi pada Skincare, Berbahayakah?

Cara Mencerahkan Kulit Saat Hamil

hydroquinone untuk ibu hamil 2.jpg

Foto: thepregnancy.in

“Kebanyakan krim pemutih seperti hydroquinone tidak disarankan untuk digunakan oleh ibu hamil,” ujar Dr. Roni Munk, dermatolog asal Montreal.

Dr. Munk menyarankan untuk menggunakan glycolic acid, linoleic acid, dan sunscreen untuk bisa mengatasi pigmentasi saat hamil.

Serum vitamin C, zinc oxide, dan titanium oxide juga aman digunakan untuk mencerahkan kulit ibu hamil.

Cosmetics Info menyebutkan bahwa zinc oxide adalah bahan terkuat untuk melawan UVA dan UVB.

Pada sunscreen, kandungan zinc oxide bekerja dengan cara menghalangi radiasi sinar UV ke kulit, sehingga bisa mencegah kulit terbakar dan penuaan pada kulit.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Kandungan Triclosan pada Sabun Antibakteri

Mulai sekarang hindari pemakaian hydroquinone atau krim pemutih selama hamil ya, Moms. Jangan sampai terjadi masalah pada kesehatan dan kandungan akibat menggunakan skincare yang salah!

Artikel Terkait