DI ATAS 5 TAHUN
25 Maret 2019

Ingin Mendandani Si Kecil? Ketahui Dulu Bahaya Makeup Orang Dewasa Bagi Anak

Awas, makeup dewasa dapat meningkatkan resiko kanker dan menurunkan IQ anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Acara pesta atau pentas seni memang jadi kesempatan yang pas untuk mendandani anak, tapi apa Moms tahu kalau makeup orang dewasa dan cat wajah banyak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan anak?

Terlebih lagi, menurut Dr. Mohd Hasni Ja’afar dari Universiti Kebangsaan Malaysia Medical Center, anak memiliki tingkat metabolisme yang lebih tinggi ketimbang orang dewasa dan tubuhnya bisa menyerap 100 persen bahan kimia yang apapun menempel di kulitnya.

Sebelum mendandani anak, ada baiknya Moms ketahui dulu bahaya makeup dewasa untuk anak serta berbagai zat kimia yang terkandung didalamnya.

1. Paraben

ingin mendandani si kecil ketahui dulu bahaya make up orang dewasa bagi anak 1

Zat kimia ini sering ditambahkan pada berbagai produk makeup serta perawatan sebagai pengawet yang mencegah berkembangnya bakteri, jamur, dan lumut.

Menurut National Institutes of Health, paparan terhadap paraben dapat mengganggu sistem endokrin tubuh, menyebabkan ketidakseimbangan hormon, dan meningkatkan risiko kanker payudara.

2. Pewarna Sintetis

ingin mendandani si kecil ketahui dulu bahaya make up orang dewasa bagi anak 2

Bahaya makeup dewasa untuk anak selanjutnya datang dari pewarna sintetis yang terbuat dari petroleum atau belangkin.

Pewarna sintetis sendiri paling banyak ditemukan dalam produk eye shadow, lipstik, maupun kutek KW alias palsu.

Uni Eropa sudah sejak lama melarang penggunaan pewarna sintetis karena diduga dapat memicu kanker, membuat kulit iritasi, dan dihubungkan dengan ADHD pada anak.

Baca Juga: Huntington Disease Pada Anak: Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

3. Formaldehida

ingin mendandani si kecil ketahui dulu bahaya make up orang dewasa bagi anak 3

Pengawet yang sering disebut dengan nama formalin ini juga ternyata banyak ada dalam produk makeup seperti eye shadow dan perona pipi lho, Moms.

The International Agency for Research on Carcinogens sudah menyatakan formaldehida sebagai karsinogen yang memicu kanker hidung dan kanker nasofaring.

Selain itu, zat kimia ini juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit serta dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh anak.

4. Phthalates

ingin mendandani si kecil ketahui dulu bahaya make up orang dewasa bagi anak 4

Phthalates adalah sekelompok zat kimia yang diketahui dapat mengganggu sistem endokrin, menyebabkan ketidakseimbangan hormon, serta merusak perkembangan, reproduksi, serta sistem saraf anak.

Menurut studi yang dilakukan oleh University of Maryland, paparan phthalates dari kutek, lip balm, dan berbagai produk lain dapat menyebabkan gangguan reproduksi dan meningkatkan resiko endometriosis.

Yang mengejutkan, studi lain yang dilakukan Columbia Center for Children’s Environmental Health menemukan kalau paparan phthalates juga dapat menurunkan IQ.

Baca Juga: Mengapa Harus Memberikan Anak Beragam Jenis Protein? Ini Penjelasan Ahli

5. Timbal

ingin mendandani si kecil ketahui dulu bahaya make up orang dewasa bagi anak 5

Walau sudah dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, rupanya masih banyak produk foundation dan lipstik yang mengandung bahan timbal.

Bahaya makeup dewasa untuk anak perempuan akibat timbal cukup serius, karena sudah dihubungkan dengan banyak kasus keguguran, berkurangnya kesuburan, dan pubertas yang terlambat.

Walau saat ini sudah banyak beredar produk makeup khusus anak yang katanya lebih aman, sebaiknya tetap batasi penggunaannya hingga seminimal mungkin ya, Moms.

Menurut lembaga Breast Cancer Prevention Partners, produk makeup anak juga seringkali masih mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatannya.

Melihat bahaya makeup dewasa untuk anak, apa Moms setuju untuk tidak mendandani anak hingga dia lulus sekolah nanti?

(WA)

Artikel Terkait