3-12 BULAN
8 November 2019

Bahaya Kandungan Talc pada Bedak Bayi, Jangan Asal Pakai Ya

Sebelum diaplikasikan pada Si Kecil, cari tahu dulu bahaya talc di bedak bayi
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Untuk mengatasi ruam popok pada bayi atau biang keringat, mungkin Moms pernah menggunakan bedak bayi bukan? Sayangnya, ada satu kandungan bedak bayi yang sampai saat ini masih menjadi kontroversi, yakni talc.

Disebutkan bahwa talc dapat meningkatkan risiko kanker ovarium dan paru-paru. Apakah hal tersebut benar? Mari kita simak pembahasan mengenai kandungan talc dalam bedak bayi.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Begini Tips Memilih Bedak Bayi

Bahaya Talc pada Bedak Bayi

Bahaya Talc di Bedak Bayi

Talc merupakan mineral yang terbuat dari magnesium, silikon, dan oksigen. Dalam bentuk bubuk, bedak talek dapat menyerap kelembapan dan meminimalisir gesekan di kulit.

Oleh sebab itu, bedak talek banyak digunakan untuk menjaga kulit bayi tetap kering dan mencegah munculnya ruam.

Talc juga mengandung asbes (asbestos), yakni senyawa karsinogen (penyebab kanker). Banyak perempuan yang menyebutkan bahwa mereka menderita kanker ovarium karena memakai bedak talek di bagian genitalia.

Saat terhirup, bedak talek juga dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Dikutip dari Cancer.org, bedak bayi dengan kandungan asbes yang terhirup bisa menjadi salah satu penyebab kanker.

Sebenarnya bahaya talc pada bedak bayi bukanlah sebuah isu yang baru. Bahkan, perdebatan tentang talc sudah berlangsung lebih dari 20 tahun.

Pada 1998, Dr. Hugh MacDonald, saat itu menjabat sebagai direktur neonatal di Santa Monica Hospital dan anggota divisi janin dan newborn di American Academy of Pediatrics, sudah melarang penggunaan talc.

“Kebanyakan dokter anak merekomendasikan agar tidak menggunakan talc. Semua orang yang menggunakan bedak talek harus hati-hati bila menghirupnya, karena bisa menimbulkan reaksi pneumonia,” ujarnya pada Los Angeles Times.

Namun, sampai saat ini penelitian mengenai hubungan talc dan kanker masih terus dilakukan. Sebab beberapa studi dilakukan dalam jumlah terbatas, sehingga perlu diteliti lebih lanjut.

Baca Juga: Cara Aman Menggunakan Bedak Bayi

Kanker dan Talc

Bahaya Talc di Bedak Bayi

The International Agency for Research on Cancer (IARC), bagian dari World Health Organization (WHO) mengklasifikasikan penggunaan bedak talek di area genitalia dan bokong sebagai “kemungkinan karsinogenik untuk manusia”.

Mereka juga mengklasifikasikan talc yang mengandung asbes sebagai “karsinogenik untuk manusia”.

Itu artinya bahaya talc pada bedak bayi salah satunya bisa memicu kanker, Moms.

The Center for Disease Control and Prevention, and the Occupational Safety and Health Administration mengatakan bahwa menghirup talc secara rutin dapat berisiko bagi paru-paru.

Sedangkan, The European Union sudah melarang kandungan talc pada produk kecantikan dan kesehatan.

Baca Juga: Agar Bisa Dicegah, Cari Tahu Penyebab Biang Keringat Pada Bayi

Bedak Bayi yang Aman

Bahaya Talc di Bedak Bayi

Bila Moms sangat harus menggunakan bedak bayi bagi Si Kecil, coba pilih bedak bayi yang tidak mengandung talc mengingat bahaya talc pada bedak bayi.

Pilih bedak bayi yang mengandung tepung tapioka, tepung jagung, tepung oat, baking soda, atau bahkan krim untuk ruam, bukan bubuk. Konsultasikan juga pada dokter anak, alternatif bedak bayi atau bedak talek untuk buah hati.

Berikut juga beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengaplikasikan bedak bayi bagi Si Kecil:

  • Hindari langsung mengaplikasikan bedak bayi ke genitalia. Cukup tepuk-tepuk tipis ke bagian kulit di sekitar genitalia dan di kaki.
  • Hindari bedak bayi di sekitar mata buah hati.
  • Jauhkan bedak bayi dari wajah Moms dan Si Kecil, supaya tidak terhirup.
  • Jauhkan bedak bayi dari jangkauan anak.
  • Tuang bedak bayi langsung ke tangan dan beri jarak jauh dari wajah.
  • Jangan keluarkan bedak bayi langsung ke bagian tubuh bayi. Tuang dulu ke kain lembut, lalu tepuk-tepuk kain tersebut ke kulit Si Kecil.

Nah, itulah bahaya talc pada bedak bayi. Moms, selalu ingat untuk mengecek kandungan talc padabedak bayi sebelum membeli ya.

Artikel Terkait