KESEHATAN
8 Agustus 2020

Bahaya Tidak Langsung Mandi Setelah Berolahraga

Sehabis berolahraga, sebaiknya segera membersihkan badan dengan baik, ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Rutin berolahraga memang dikenal sebagai salah satu cara untuk menerapkan pola hidup sehat.

Selain bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik, olahraga juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit, lho, Moms!

“Olahraga meningkatkan detak jantung dan sirkulasi darah, sehingga membantu menyalurkan oksigen dan nutrisi ke kulit. Hasilnya, kulit tetap sehat, produksi kolagen meningkat, dan mempromosikan sel-sel kulit baru yang membuat kulit tampak bercahaya,” ungkap Dr. Marisa Garshick, ahli dermatologi di New York.

Dr. Garshick juga menambahkan, rutin berolahraga membuat kulit lebih awet muda.

Namun, ternyata Moms, tidak menjaga kebersihan seusai berolahraga bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit. Ini ulasannya.

Pentingnya Mandi Setelah Berolahraga

Bahaya Tidak Langsung Mandi Setelah Berolahraga-1.jpg

Foto: freepik.com

Tubuh memiliki hampir dua juta kelenjar keringat. Keringat yang basah dan sudah mengering, serta sel kulit mati sama-sama membuat kotoran yang menempel pada kulit.

Hal ini kemudian yang bisa menimbulkan bau tidak sedap, terutama seusai melakukan aktivitas yang berat.

Selain itu, menurut American Academy of Dermatology, berolahraga juga dapat menyebabkan keringat berlebih, serta penumpukan minyak, kotoran, dan bakteri pada kulit. Semua hal tersebut bisa menyebabkan jerawat.

Kuncinya untuk tetap mendapatkan kulit yang bersih dan sehat adalah memerhatikan kebersihan sebelum, selama, dan setelah berolahraga.

“Keringat yang terlalu lama berada di tubuh dapat menarik bakteri dan menyumbat pori-pori sehingga jika tidak dibilas dengan benar dapat membuat seseorang rentan berjerawat. Selain itu, peningkatan keringat pada kulit kepala dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal apabila tidak segera dibersihkan,” ungkap Dr. Garshick.

Baca Juga: 6 Perawatan Kulit Ibu Hamil, Wajib Dilakukan!

Menjaga Kebersihan Sebelum Berolahraga

Bahaya Tidak Langsung Mandi Setelah Berolahraga-1.jpg

Foto: freepik.com

Menjaga kebersihan kulit juga harus dilakukan sebelum berolahraga. Apabila Moms melakukan olahraga di rumah, pastikan untuk menjaga kebersihan peralatan yang digunakan.

Ketika berolahraga di tempat gym atau fasilitas olahraga lainnya, menurut Dr. Kathleen Cook Suozzi, asisten profesor dermatologi di Yale School of Medicine, perhatikan setiap alat yang digunakan dan hindari berbagi handuk dengan orang lain.

“Sebaiknya bersihkan tikar yoga sebelum menggunakannya, sering menggunakan pembersih tangan saat berada di gym, dan memakai sepatu saat mandi bersama,” ungkap Suozzi.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, sebaiknya bersihkan makeup dari wajah sebelum berolahraga dan pakai baju yang benar-benar bersih.

Kalau Moms berolahraga di luar ruangan, pastikan sudah mengaplikasikan sunscreen untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, selalu siapkan handuk yang bersih untuk menyeka keringat.

Baca Juga: 6 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit

Bagaimana Jika Tidak Bisa Langsung Mandi?

Bahaya Tidak Langsung Mandi Setelah Berolahraga-3.jpg

Foto: freepik.com

Pada beberapa kesempatan, mungkin saja Moms akan mengalami kesulitan untuk mandi seusai olahraga.

Hal ini sering terjadi ketika Moms berolahraga bukan di rumah.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk tetap menjaga kebersihan dengan baik. Pertama adalah segera ganti pakaian olahraga dengan baju yang bersih.

Selain itu, segera cuci wajah dengan sabun cuci muka yang mengandung salicylic acid untuk mencegah pori-pori tersumbat dan mencegah munculnya jerawat.

Setelah itu, sesampainya di rumah, segera membersihkan diri agar keringat tidak menempel terlalu lama.

Baca Juga: Mengenal Botox, Perawatan untuk Mengurangi Kerutan di Wajah

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit seusai olahraga.

Ingat, Moms, olahraga memang baik untuk kesehatan kulit namun tetap perhatikan kebersihan kulit dengan tepat, ya!

Artikel Terkait