KEHAMILAN
15 Agustus 2019

Jarang Diperhatikan, Ini Bahaya Zat Kimia dalam Skincare untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Skincare yang Moms aplikasikan pada kulit, bisa terserap oleh anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tambah glowing deh! Adalah kata yang seringkali diterima oleh semua perempuan yang sedang hamil. Namun, ada kalanya hormon pada ibu hamil juga membawa perubahan kulit yang tidak kita inginkan.

Karena itu, banyak juga ibu hamil yang tetap rutin merawat kulit mereka agar tidak terliat kusam. Namun, tidak sedikit ibu yang mengkhawatirkan kesehatan janin di dalam kandungannya karena produk perawatan kulit yang digunakan.

Moms pasti mulai berpikir apakah produk perawatan kulit yang digunakan aman.

Nyatanya, produk perawatan kulit sehari-hari yang digunakan khususnya oleh ibu hamil dan menyusui, dapat memberikan dampak berbahaya pada tubuh ibu, bahkan si calon bayi.

Menurut Miriam Rotkin-Ellman, ilmuwan senior dalam program Kesehatan & Lingkungan NRDC, Moms harus berhati-hati terhadap bahan kimia yang mungkin terkandung di dalam produk perawatan kulit.

“Karena pada saat kehamilan, hormon pada semua ibu hamil tidak stabil,” ungkap dr Annisa Oktantiani, dokter umum dan pemerhati kesehatan ibu dan anak saat ditemui pada event Mama's Choice di Grand Indonesia.

Lalu apa bahaya zat kimia dalam skincare atau produk perawatan kulit yang kita gunakan terhadap kita yang sedang hamil atau setelah melahirkan? Yuk kita cari tahu penjelasannya.

Baca Juga: 5 Bahan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Apa yang Terjadi pada Tubuh?

bahan kimia berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui

Foto: medium.com

Saat hamil atau menyusui, apa yang kita gunakan ketika belum mengalami dua kondisi ini, mungkin sudah tidak bisa bekerja untuk kulit kita lagi.

“Kulit kita menjadi sangat sensitif dan sering kali berubah teksturnya, kondisinya, bahkan warnanya,” kata Dr. Shilpi Agarwal, Dokter Keluarga Kedokteran bersertifikat dan Penasihat Medis untuk Belli Beauty.

Agarwal mencatat bahwa penggunaan bahan kimia yang keras atau bahkan rutinitas perawatan kulit normal Moms dapat membuat kulit terlihat kusam dan menyebabkan ruam. Dengan terjadinya hal ini, sudah waktunya bagi kulit untuk mencari produk baru yang lebih cocok.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Bahan Skincare yang Harus Dihindari oleh Bayi Baru Lahir

Moms harus tahu bahwa kulit adalah garis depan pertahanan terhadap toksisitas yang kita dapatkan sehari-hari. Akan tetapi beberapa produk dirancang untuk menembus kulit, dan berpotensi memasuki aliran darah dan membahayakan kulit Moms dan Si Kecil.

"Bahan kimia dapat mempengaruhi siklus hormon kita dan mengganggu perkembangan organ pada bayi yang belum lahir," ucap Dr. Shilpi Agarwal.

Menurut Dr. Shilpi Agarwal, bahaya zat kimia dalam skincare untuk ibu hamil dan menyusui bisa berpengaruh pada bayi, karena Si Kecil menyusui langsung dari payudara ibu, yang berarti bersentuhan langsung dengan kulit ibu, sehingga racun dalam kulit mungkin diserap oleh anak, dan akhirnya merusak.

Agar Moms dan Si Kecil tetap aman dari keracunan bahan kimia, ada baiknya Moms menghindari dulu skincare yang mengandung zat kimia berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui.

“Bahan kimia berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui, seperti triclosan, paraben, dan phthalates,” ujar dr Annisa Oktantiani.

Namun menurut dr Annisa Oktantiani, bukan hanya dalam kondisi hamil dan menyusui saja bahan-bahan kimia ini harus dihindari, dalam kondisi normal juga.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih Skincare, Begini Cara Mengetahui Tipe Kulit Kita

Penting untuk Melindungi Tubuh Ibu dan Bayi

bahan kimia berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui

Foto: parents.com

Kulit kita adalah garis pertahanan depan terhadap sebagian besar bahan kimia yang kita temui setiap hari, tetapi beberapa diantaranya berhasil menyelinap masuk. Faktanya, banyak lotion dan kosmetik yang direkayasa untuk bekerja di lapisan kulit.

Namun akhirnya bisa masuk juga ke dalam aliran darah dan dari sana mencapai janin yang sedang berkembang atau saat minum ASI.

"Kita tidak benar-benar tahu apa yang ada di dalam produk ini, tetapi fakta bahwa mereka direkayasa untuk diserap ke dalam kulit dengan sengaja perlu dikhawatirkan," kata Jennifer Sass, ilmuwan senior dalam program Kesehatan NRDC.

Para peneliti menunjukkan bahwa bahan kimia yang ibu gunakan dalam skincare sehari-hari jika tidak diperhatikan, dapat menyebabkan hal yang berisiko tinggi.

Nah, jika Moms tetap ingin menggunakan skincare untuk perawatan kulit sehari-hari, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter skincare mana yang aman untuk Moms dan janin.

Ingat, ada bahaya zat kimia dalam skincare untuk ibu hamil dan menyusui yang perlu Moms pahami.

Artikel Terkait