BALITA DAN ANAK
11 Agustus 2019

Balita Harus Pakai Kacamata, Apa Saja Penyebabnya?

Ajari anak untuk membaca dan melihat layar pada jarak aman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Kita seringkali melihat anak sudah menggunakan kacamata di usianya yang masih kecil. Bahkan di usia balita saja banyak anak yang telah menggunakan kacamata.

Hal ini tentu membingungkan dan mengkhawatirkan, di usia yang masih muda, salah satu panca indera yaitu mata, sudah tidak bisa berfungsi dengan baik.

Semakin hari, fenomena anak menjadi rabun jauh semakin meningkat. Menurut penelitian, jika satu orang tua rabun dekat, seorang anak memiliki risiko sedang terkena rabun jauh. Namun, jika kedua orang tuanya rabun dekat, maka risikonya menjadi lebih tinggi.

Genetika hanyalah satu sisi dari penyebab anak menggunakan kacamata, karena ternyata lingkungan juga memainkan peranan besar dalam menyebabkan menderita rabun jauh.

Selain faktor genetik, tentu ada penyebab lainnya yang mengharuskan balita harus pakai kacamata. Apakah itu?

Baca Juga: Anak Sudah Harus Menggunakan Kacamata? Kenali 5 Tandanya

1. Kurangnya Nutrisi Anak

anak menggunakan kacamata

Foto: medicalxpress.com

Menurut dr Fransiska Farah, dokter spesialis anak RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, penyebab balita harus pakai kacamata biasanya karena mempunyai gangguan refraksi atau penglihatan karena berbagai sebab.

Orang tua sebaiknya rutin membawa anaknya ke dokter spesialis mata untuk berkonsultasi dan memeriksakan kondisi mata anak. “Asupan makanan yang bergizi dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur dapat membantu menjaga kesehatan mata Si Kecil,” kata dr Fransiska Farah.

2. Penggunaan Gadget Berlebihan

anak menggunakan kacamata

Foto: dailymail.co.uk

Faktor lain yang menyebabkan balita harus pakai kacamata adalah karena penggunaan gadget secara berlebihan. Moms harus memberi tahu anak untuk tidak menggunakan gadget dalam waktu yang sangat lama.

Namun beberapa orang tua juga bersalah, karena seringkali membujuk anak yang sedang marah dengan menawarkan anak bermain gadget.

Menurut American Academy of Pediatrics, yang terbaik adalah membatasi penggunaan komputer atau gadget selama 1 jam.

Baca Juga: Benarkah Memakai Kacamata Malah Menambah Minus Mata?

3. Melihat Layar dan Membaca Buku Terlalu Dekat

anak menggunakan kacamata

Foto: funkidsguide.com

Faktor lain yang menyebabkan balita harus pakai kacamata adalah melihat layar dan membaca buku terlalu dekat. Jarak terbaik untuk seorang anak membaca dan melihat layar adalah pada Harmon Distance. Harmon Distance adalah jarak antara siku dan buku jari tengah.

“Karena semakin dekat jarak pandang, semakin cepat pula perkembangan rabun jauh. Ingat juga bahwa semakin besar layar gadget (IPAD atau ponsel), anak-anak perlu semakin jauh memposisikan gadget dari mata mereka,” ujar Millette Romualdez, dokter mata klinis di Filipina.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak agar Tetap Cemerlang

Itu dia beberapa penyebab balita harus pakai kacamata. Moms harus mengajari Si Kecil agar dapat membaca dan melihat layar apa pun pada jarak yang aman ya.

Artikel Terkait