2-3 TAHUN
1 November 2019

Balita Muntah Tanpa Demam? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Ketahui dulu penyebab balita muntah supaya bisa diobati dengan tepat
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Dari sekian banyak hal yang wajib diketahui oleh setiap orang tua, penyebab balita muntah adalah salah satunya.

Moms pasti tahu betul kalau balita bisa mendadak muntah tanpa disertai demam atau gejala sakit lain. Dengan mengetahui penyebabnya, Moms bisa segera memberikan pertolongan yang tepat sebelum keadaan Si Kecil bertambah parah.

Berbeda dengan muntah disertai demam yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus pada pencernaan, berikut adalah beberapa penyebab balita muntah tanpa demam yang perlu Moms ketahui.

1. Flu dan Batuk Berdahak

balita muntah tanpa demam 6 hal ini bisa jadi penyebabnya 1

Todaysparent.com

Walau tampak tidak berhubungan, secara tidak langsung flu dan batuk bisa jadi penyebab balita batuk lho, Moms.

Lendir dan dahak yang mengenai bagian belakang tenggorokan dan turun ke saluran pencernaan bisa memicu batuk hebat yang berujung muntah sebagai respon alami tubuh untuk mengeluarkannya.

2. Menangis Terlalu Lama

balita muntah tanpa demam 6 hal ini bisa jadi penyebabnya 2

Sarahockwell-smith.com

Perkataan “Jangan menangis terus, nanti muntah” ternyata ada benarnya juga lho, Moms. Menangis terlalu lama memang bisa jadi penyebab balita muntah tanpa demam, karena memicu gag reflex atau refleks muntah.

Baca Juga: Apa Penyebab Bayi Muntah dan Bagaimana Cara Menanganinya?

3. Mabuk Perjalanan

balita muntah tanpa demam 6 hal ini bisa jadi penyebabnya 3

Laparent.com

Menurut informasi dalam situs Medical News Today, muntah akibat mabuk perjalanan adalah reaksi alami saat tubuh terasa bergerak tapi otak kebingungan menerima sinyal dari bagian dalam telinga, mata, dan penerima sensori di otot dan sendi.

Bukan hanya karena naik kendaraan, kondisi yang sama seperti mabuk perjalanan juga bisa dirasakan tubuh balita saat menonton film 3 dimensi lho, Moms.

4. Keracunan Makanan

balita muntah tanpa demam 6 hal ini bisa jadi penyebabnya 4

Doctorzara.com

Jangan sembarangan memberikan balita jajanan ya, Moms. Bakteri pada makanan yang tidak dibersihkan dan dimasak dengan benar juga bisa menjadi penyebab balita batuk tanpa demam.

Si Kecil bisa muntah setelah beberapa jam atau satu hari setelah mengonsumsi makanan yang tercemar bakteri, biasanya disertai dengan gejala pusing, diare, dan sakit perut.

Baca Juga: 8 Penyebab Bayi Muntah

5. Terlalu Banyak Minum Obat

balita muntah tanpa demam 6 hal ini bisa jadi penyebabnya 5

Sleepingshouldbeeasy.com

Bukan hanya karena minum obat melebihi dosis, minum obat saat perut kosong ternyata bisa jadi penyebab balita muntah juga lho, Moms.

Menurut situs WebMD, agar tidak menimbulkan reaksi muntah Moms perlu lebih teliti saat memberikan balita obat yang mengandung erythromycin, theophylline, acetaminophen, ibuprofen, dan suplemen zat besi.

6. Gegar Otak

balita muntah tanpa demam 6 hal ini bisa jadi penyebabnya 6

Smartparents.sg

Hati-hati Moms, balita muntah tanpa demam juga bisa menjadi gejala gegar otak karena kepalanya terbentur saat bermain atau berolahraga.

Segera bawa ke dokter bila terlihat gejala lain seperti sakit kepala, berjalan tidak seimbang, bicara tidak lancar, sulit berdiri, dan bicaranya jadi tidak jelas.

Nah, apa Moms punya tips untuk merawat balita yang muntah tanpa disertai demam?

(WA)

Artikel Terkait