BAYI
16 Juli 2019

Bantu Kenaikan Berat Badan Bayi Dengan 5 Makanan Ini

Pisang hingga minyak zaitun, bahan MPASI bayi yang wajib Moms berikan saat ingin menaikan berat badan Si Kecil.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Seiring bertambahnya usia bayi, maka berat badan bayi seharusnya juga ikut bertambah.

Namun ketika berat badan bayi mengalami penurunan dan bukan karena alasan medis seperti gangguan pencernaan atau masalah jantung, maka salah satu penyebabnya mungkin karena bayi tidak mengonsumsi cukup lemak.

“Jika melihat ASI dan susu formula, setengah dari kalorinya berasal dari lemak. Bayi dan anak kecil memiliki kebutuhan lemak yang lebih besar,” ungkap ahli diet dari New Canaan, Connecticut, Jill Castle, seperti dikutip dari parents.com.

Lemak tidak hanya membantu otak dan sistem saraf bayi berkembang secara normal, tetapi juga membantu tubuh mereka menyerap vitamin penting seperti A, D, E, dan K.

Berikut ini beberapa pilihan makanan bernutrisi yang kaya akan kalori serta lemak baik untuk menjadi ide menu MPASI bayi, agar berat badan bertambah secara sehat.

1. Pisang

1 Pisang.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Tidak semua buah memiliki jumlah kalori yang sama.

Uniknya, pisang memiliki jauh lebih banyak kalori daripada beberapa jenis buah lain, seperti semangka, apel, atau stroberi.

Buah ini juga kaya akan kalium, vitamin C, vitamin B6 dan karbohidrat.

Sangat praktis disajikan sebagai MPASI bayi dengan cara dihaluskan dengan menggunakan sendok dan diberikan langsung pada bayi.

Hal ini juga membuat pisang kerap menjadi MPASI bayi favorit beberapa Moms saat travelling, karena mudah dibawa dan ditemui di pusat perbelanjaan.

2. Yoghurt

2 Yoghurt.jpg

Foto: harighotra.co.uk

Sangat tepat untuk menambahkan yoghurt sebagai bagian dari MPASI bayi guna menambah berat badan Si Kecil.

Yoghurt memiliki lemak dan kalori yang bergizi untuk memaksimalkan perkembangan Si Kecil. Selain itu, yoghurt juga bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan, imunitas, dan membantu mengatasi masalah lambung.

“Pastikan untuk menyajikan yoghurt yang berasal dari susu murni, karena bayi membutuhkan lemak bergizi dalam produk susu murni untuk perkembangan otak yang tepat,” ungkap penulis Dad's Teach Your Child About Manners and A Primer for Fathers - What to Expect During Pregnancy & Baby's First Year, Jennifer White, seperti dikutip dari verywellfamily.com.

Baca Juga : 5 Manfaat Butternut Squash Untuk Mpasi Bayi

3. Telur

3 Telur.jpeg

Foto: thehappyegg.co.uk

Telur kaya akan lemak jenuh, protein, vitamin dan mineral, sehingga tepat untuk dijadikan menu MPASI bayi guna memaksimalkan peningkatan berat badannya.

Hal yang perlu diperhatikan saat menyajikan telur sebagai MPASI bayi adalah reaksi alergi yang bisa terjadi pada beberapa bayi.

4. Minyak Zaitun

4 Minyak Zaitun.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Dalam satu gram protein atau karbohidrat biasanya menandung empat kalori. Sedangkan satu gram lemak nabati yang terkandung dalam minyak zaitun bisa berjumlah hingga sembilan kalori.

Moms bisa menambahkan satu sendok teh minyak zaitun pada MPASI bayi untuk membantu penambahan berat badan Si Kecil.

Baca Juga : Tips Menyiapkan MPASI Sehat untuk Ibu Bekerja

5. Alpukat

5 Alpukat.jpg

Foto: blog.homemade-baby-food-recipes.com

Konsistensi krim dan rasa yang ringan membuat alpukat sangat cocok dijadikan MPASI bayi yang dapat memberi kenaikan berat badan Si Kecil.

Memiliki kandungan lemak baik yang tinggi, yaitu 30 gram lemak dalam setiap buah alpukat ukuran sedang.

Itulah beberapa pilihan bahan MPASI bayi yang dapat membantu memaksimalkan peningkatan berat badan Si Kecil.

(GS/CAR)

Artikel Terkait