BAYI
3 Agustus 2019

Banyak Manfaatnya, Ini Sirup Kurma, Pemanis Alami Untuk MPASI

Sirup kurma adalah pemanis alami yang lebih aman untuk digunakan dalam makanan bayi.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Bayi mudah menyukai makanan dan minuman yang memiliki rasa manis. Sayangnya, WHO bahkan memperingatkan bahwa gula tidak boleh diberikan pada bayi di bawah 1 tahun.

Tetapi, jika Moms ingin tetap memperkenalkan bayi pada rasa manis, Moms bisa memberinya pemanis alami seperti halnya sirup kurma.

Baca Juga: 4 Cara Aman Memanaskan MPASI Ini Bisa Diiikuti di Rumah

Apa Itu Sirup Kurma?

Sirup Kurma, Pemanis Alami Untuk MPASI 1.jpg

Foto: toriavey.com

Sirup kurma adalah pemanis alami berwarna gelap dan bertekstur kental yang diperoleh dari perasan kurma segar dan berdaging.

Sirup ini paling umum ditemukan di kawasan Timur Tengah, tetapi saat ini sudah tersedia di toko-toko kesehatan yang ada di seluruh dunia.

Manfaat Menggunakan Sirup Kurma Untuk MPASI Bayi

Sirup Kurma, Pemanis Alami Untuk MPASI 2.jpg

Foto: healthline.com

Situs FirstCry Parenting mengungkapkan bahwa sirup kurma adalah pemanis alami yang lebih aman untuk digunakan dalam makanan bayi.

Bukan hanya itu, karena diambil dari kurma, pemanis ini memiliki banyak keuntungan dan manfaat yang berhubungan dengan kesehatan bayi. Adapun manfaatnya antara lain:

  • Kandungan serat dalam sirup kurma membantu mengurangi sembelit yang sering kali dialami oleh bayi serta membantu merangsang usus secara alami.
  • Kaya kandungan nutrisi seperti vitamin A serta beberapa mineral termasuk magnesium, kalium, kalsium, dan zat besi, yang membantu mengurangi risiko anemia.

Baca Juga: 5 Manfaat Butternut Squash Untuk Mpasi Bayi

Sirup Kurma Memiliki Sifat Antibakteri

Sirup Kurma, Pemanis Alami Untuk MPASI 3.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Dikutip dari food.ndtv.com, menurut penelitian yang dipresentasikan pada Society for General Microbiology’s Annual Conference di Birmingham, Inggris, sirup kurma memiliki sifat antibakteri dan dapat melawan sejumlah bakteri penyebab penyakit.

Bakteri-bakteri tersebut diantaranya adalah Staphaureus yang merupakan salah satu penyebab utama infeksi kulit dan jaringan lunak, serta E coli yang biasanya ditemukan di dalam usus bagian bawah manusia.

Hasil penelitian tersebut juga menemukan bahwa sirup kurma mampu menghambat pertumbuhan bakteri lebih cepat dibandingkan dengan madu manuka, yang telah lama terbukti memiliki sifat antibakteri dan digunakan dalam perban untuk meningkatkan perbaikan luka.

Baca Juga: Manfaat Kurma Sebagai Makanan Pendamping Bayi

Alternatif Penggunaan Sirup Kurma Untuk Bayi

Sirup Kurma, Pemanis Alami Untuk MPASI 4.jpg

Foto: thecoconutmama.com

Selain dengan membeli sirup kurma yang dijual bebas di pasaran, Moms juga dapat menggunakan puree dan bubuk kurma sebagai alternatif pemanis untuk MPASI bayi.

Cara membuatnya cukup mudah, berdasarkan resep yang dituliskan dalam situs Early Foods, Moms cukup merendam kurma segar selama 3-4 jam, haluskan menggunakan blender, lalu gunakan sebagai campuran MPASI.

Moms juga dapat menggunakan bubuk kurma kering sebagai pemanis ke resep MPASI untuk Si Kecil. Misalnya, menaburkannya ke puree, bubur, nasi tim, smoothie, atau makanan lainnya yang biasanya disajikan dengan cita rasa manis.

Menggunakan sirup kurma merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan rasa serta memberikan nutrisi yang baik bagi bayi, apalagi jika digunakan bersamaan dengan ASI atau susu formula.

Tetapi disarankan agar Moms menggunakannya dalam jumlah sedang dan setelah berkonsultasi dengan dokter anak.

Sekarang tak ragu lagi kan Moms memberikan sirup kurma untuk Si Kecil?

(RGW)

Artikel Terkait