TREN
29 Juni 2019

Banyak yang Tidak Tahu, Ternyata Ini Manfaat Karaoke

Bisa membuat kita menjadi lebih bahagia juga lho
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Banyak cara bisa kita lakukan untuk merefleksikan diri atau sekedar melepas penat setelah sibuk seharian. Selain jalan-jalan santai, makan-makan di kafe bagus dan terkenal, karaoke bisa jadi satu pelampiasan yang bagus.

Bahkan aktivitas seru satu ini bisa kita lakukan tidak hanya seorang diri, namun bersama teman-teman lain atau keluarga. Seru deh pokoknya. Bahkan tempat-tempat karaoke yang bagus kini sudah menjamur dan mudah ditemukan.

Bagi Moms yang hobi bernyanyi bahkan karaoke bisa dijadikan sebagai sarana untuk menyalurkan hobi. Nah, agar lebih yakin, yuk cari tahu, apa saja sih manfaat karaoke lainnya?

Baca Juga: 5 Aplikasi Karaoke Wajib Coba Untuk yang Hobi Nyanyi

1. Tingkatkan Rasa Percaya Diri

manfaat karaoke, hobi bernyanyi

Foto: notforlazymoms.com

Mengapa karaoke bisa bermanfaat untuk meningkatkan percaya diri? Karena jika karaoke bersama teman kantor atau teman kuliah, kita pasti akan dipaksa untuk turut ikut bernyanyi. Tentu hal ini menjadi tantangan untuk kita yang tidak begitu suka bernyanyi.

Kita harus mengumpulkan kepercayaan diri penuh untuk bernyanyi di tengah banyak orang. Walaupun ini hanya untuk bersenang-senang, tetap saja ada rasa malu dan minder, apalagi jika ada teman kita yang memang hobi bernyanyi dan memiliki suara emas.

2. Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Tahukan Moms bahwa sistem imum bisa meningkat jika hormon stres atau kartisol menurun? Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh akademisi dari University of California.

Berdasarkan penelitan tersebut, protein dalam sistem imun tubuh untuk antibodi, akan meningkat secara signifikan saat bernyanyi. Dengan kata lain, manfaat karaoke jika sering dilakukan adalah membuat imun tubuh semakin sehat.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Memperkuat Sistem Imun Balita

3. Menstimulasi Otak

manfaat karaoke, hobi bernyanyi

Foto: facultyfocus.com

Otak tidak hanya bisa digunakan untuk berpikir saat bekerja, saat bernyanyi kita juga harus bernyanyi lho.

Kita tetap harus membaca teks dan menghafalnya. Makanya satu lagi manfaat karaoke adalah membantu menstimulasi otak secara tidak langsung.

4. Membuat Jantung dan Paru-Paru Sehat

Bukan hanya otak saja yang merasakan manfaat karaoke, jantung dan paru-paru juga kebagian lho. Menurut Profesor Graham Welch dari University of London, bernyanyi bagus untuk menyehatkan jantung dan paru-paru.

“Bernyanyi sama dengan melakukan kegiatan aerobik yang mampu meningkatkan pasokan oksigen mengalir ke darah,” ujarnya.

Dengan begitu, kita tidak akan merasa gelisah, tekanan darah tinggi, gangguan pernapasan, menurunnya daya ingat, hingga serangan jantung. Kita pun bisa memiliki umur lebih panjang.

Baca Juga: Tak Hanya Rokok, Ternyata Asap Dapur Juga Bisa Menyebabkan Kanker Paru-Paru!

5. Memproduksi Hormon Bahagia

manfaat karaoke, hobi bernyanyi

Foto: freepik.com

Di dalam tubuh, kita juga memiliki hormon bahagia. Ketika bernyanyi melalui karaoke, tentu kita akan melepaskan hormon bahagia, karena merasa lega dan lepas dari stres. Hal ini diteguhkan oleh Profesor Takeshi Tanigawa dari Ehime University Graduate School of Medicine.

Itulah beberapa manfaat karaoke yang bisa kita rasakan. Selain bermanfaat untuk membantu menghilangkan stres dan lelah, berbagai manfaat kesehatan juga bisa kita dapatkan lho.

Artikel Terkait