BAYI
22 November 2019

Baru Lahir, Bayi Tertular Herpes, Menciumnya Bisa Jadi Penyebab!

Mencium dapat menularkan virus ke bayi, NHS menjelaskan mengenai penularan virus pada bayi
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, kasus mengerikan dialami seorang Moms yang hampir kehilangan anaknya. Seorang bayi tertular herpes dan terancam kehilangan nyawanya.

Virus tersebut tak lain dan tak bukan datang dari pengunjung yang melihat bayi yang baru lahir tersebut.

Fakta Kasus Bayi Tertular Herpes

bayi tertular herpes

Kisah ini bermula dari seorang Moms bernama Charlotte Jones yang menceritakan pengalaman dirinya melalui facebook.

Moms satu anak itu memperingatkan orang lain setelah bayinya, Ellis, dibawa ke rumah sakit dengan kasus herpes yang mengancam jiwa.

Dalam sebuah postingan Facebook miliknya, Jones membagikan beberapa gambar meresahkan dari mulut bayinya yang mengatakan bahwa dokter awalnya mengira dia menderita tonsilitis, kemudian bisul dan ruam sebelum menyadari bahwa itu adalah herpes.

Dia mengatakan bahwa saat putranya mulai pulih dengan ruam di wajahnya tersebut, sang putra justru mengalami demam 40 derajat Celcius.

Baca Juga: Waspada! Bayi Bisa Terkena Herpes Hanya Karena Dicium

Bayi Tertular Herpes: Mendapatkan Perawatan Intensif

Karena hal itu, sang putra yang masih bayi harus mendapatkan serangkaian perawatan dengan meminum berbagai jenis obat.

"Kami beruntung saat Ellis dapat mengatasi hal itu dengan kekebalan tubunya, tetapi untuk bayi dengan sistem kekebalan rendah, hasilnya bisa sangat berbeda," tulis Jones dalam postingan di facebooknya.

"Tolong jangan cium bayi atau balita jika kamu memiliki gejala sakit dingin, bersihkan tanganmu sebelum menyentuh anak itu!" imbau Jones pada orang-orang di sekitarnya.

Menurut National Health Service (NHS) yang dilansir dari Babygaga, herpes neonatal - atau herpes yang dapat menyerang bayi sebelum atau setelah kelahiran.

Mereka memperingatkan bahwa jika seseorang menderita sakit flu, mereka dapat menularkan infeksi kepada bayinya melalui ciuman, dan karenanya, orang harus menghindari mencium bayi jika mengalami gejala tersebut.

Hal ini lantaran bayi masih belum mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat, sehingga dapat tertular virus herpes dan bisa mematikan.

Baca Juga: Dicium Orang, Bayi Usia 11 Hari Ini Hampir Meninggal Kena Herpes

Berikan Obat Antivirus Ketika Bayi Tertular Herpes

bayi tertular herpes

NHS mengatakan, ketika bayi tertular herpes, akan mulai bertindak mudah marah, kehilangan selera makan, mengembangkan demam, dan mengembangkan ruam atau luka.

Meskipun gejala terakhir adalah yang paling jelas, tidak setiap bayi menunjukkan tanda khusus itu - tetapi berbagai hal dapat menjadi buruk dengan cepat.

Untuk perawatan, bayi biasanya diberi obat antivirus yang disuntikkan secara intravena.

Namun, tergantung pada tingkat keparahannya, ini mungkin memerlukan beberapa perawatan selama beberapa minggu.

Meskipun ini mungkin berita bagi sebagian orang, baru-baru ini, para Moms berbicara menentang orang-orang yang mencium bayi mereka.

Baca Juga: Hati-hati, Sembarangan Pinjam Lipstik Bisa Menularkan Herpes

Faktanya, Presley Trejo kehilangan bayinya, Emerson, yang baru berusia 12 hari, setelah bayinya terpapar HSV-1, yang terjadi karena kontak melalui ciuman.

Dia menulis peringatan kepada orang tua di mana-mana, berharap bisa menyelamatkan satu nyawa, dan ternyata, itu berhasil ketika seorang Moms di Texas memperhatikan tanda-tanda peringatan pada bayinya yang jatuh sakit.

Awalnya, dokter salah mendiagnosis penyakitnya, tetapi setelah membaca tentang kehilangan Trejo, dia berbicara dengan dokter yang mampu merawat bayi dengan benar sebagai hasilnya, menyelamatkan nyawa

Artikel Terkait