BAYI
19 November 2019

Baru Tumbuh Gigi, Perlukah Mengajak Bayi ke Dokter Gigi?

Simak ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kebanyakan orang tua mengasumsikan bahwa sampai anak memiliki gigi yang lengkap, mereka tidak perlu mengunjungi dokter gigi.

Kenyataannya adalah dokter gigi bukan hanya tentang gigi. Tetapi juga gusi, bibir, dan bagian dalam mulut. Pada setiap kunjungan, dokter gigi akan memeriksa kondisi seluruh mulut untuk mencegah gangguan yang mungkin terjadi.

Lalu, kapan bayi harus mulai diajak ke dokter gigi?

Ajak Bayi ke Dokter Gigi Sejak Gigi Pertamanya Tumbuh

bayi tumbuh gigi

Foto: richildrensdentistry.com

Proses bayi tumbuh gigi dapat dimulai kapan saja antara usia 3 hingga 12 bulan. Pada beberapa bayi, gigi pertama mereka dapat tumbuh saat berusia 4 hingga 8 bulan.

Dikutip dari Independent.ie, menurut dokter gigi yang berbasis di Cork, Dr Anne Twomey, presiden dari Irish Dental Association, praktik dan saran internasional untuk membawa bayi ke dokter gigi untuk pertama kalinya adalah sejak gigi pertama mereka mulai tumbuh atau maksimal saat bayi berusia 12 bulan.

“Mungkin ini terkesan terlalu muda dan tidak praktis. Tetapi anak-anak perlu menemui dokter gigi (untuk pertama kalinya) sebelum berusia dua tahun.”

Baca Juga: 5 Tips Menyenangkan Agar Balita Tak Takut Ke Dokter Gigi

Apa yang Terjadi Selama Kunjungan Pertama Bayi ke Dokter Gigi?

bayi tumbuh gigi

Foto: evansondds.com

Dalam laman Mouth Healthy dikatakan bahwa dokter gigi akan memeriksa bayi untuk memastikan rahang dan gigi mereka berkembang seperti seharusnya.

Selama kunjungan pertama ini, Moms biasanya akan diminta untuk dudu di kursi pemeriksaan gigi dengan memangku Si Kecil, jika ia tidak bisa atau tidak mau duduk di kursi sendirian.

Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan kemungkinan adanya cedera mulut, gigi berlubang, atau masalah lainnya. Setelah selesai pemeriksaan barulah dokter anak membersihkan gigi bayi dan memberikan tips untuk perawatan sehari-hari, termasuk untuk menangani bayi tumbuh gigi.

Jika Si Kecil menangis saat pemeriksaan, Moms tidak perlu khawatir karena itu adalah hal yang normal dan dokter gigi beserta timnya tentu akan memahami bahwa ini adalah pengalaman baru untuk bayi.

Baca Juga: Patut Tahu! Ini 5 Makanan dan Minuman Penyebab Gigi Berlubang Pada Anak

Hal yang Perlu Dihindari Untuk Membuat Bayi Merasa Nyaman

bayi tumbuh gigi

Foto: nyulangone.org

Australian Dental Association (ADA) mengungkapkan bahwa beberapa hal berikut ini tidak boleh Moms lakukan agar Si Kecil nyaman diajak ke dokter gigi untuk pertama kalinya:

  • Jangan menyuruh Si Kecil untuk berani, karena dengan bersedia diajak artinya ia sudah berani.
  • Jangan menyuap Si Kecil dalam bentuk apa pun.
  • Jangan memberi tahu Si Kecil bahwa pemeriksaannya tidak akan menyakitkan atau sebaliknya.
  • Jangan menggunakan ‘dokter gigi’ untuk mencegah, melarang, atau menghukum Si Kecil ketika melakukan sesuatu.
  • Jangan khawatir, cemas, atau panik.

Baca Juga: 5 Obat Sakit Gigi Alami untuk Mengurangi Gigi Berlubang Pada Anak

Nah, ternyata sejak bayi tumbuh gigi untuk pertama kalinya, Moms dapat mulai mengajaknya ke dokter gigi. Setidaknya untuk mencegah kemungkinan kerusakan gigi atau masalah lainnya.

Artikel Terkait