KESEHATAN
19 Januari 2018

Batuk Berdahak Hingga Mengeluarkan Lendir, Ini Cara Menyembuhkannya

Adakah masalah serius mengenai batuk tersebut?
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Tanya :

Sudah seminggu ini saya mengalami batuk, awalnya saya mengira batuk tersebut karena kecapekan tapi lama-lama batuk tersebut menjadi batuk berdahak.

Saat dahaknya keluar berwarna bening tapi kadang ada gumpalan berwana kekuning-kuningan.

Pertanyaan saya apakah penyebab batuk berdahak tersebut dok? Adakah masalah serius mengenai batuk tersebut? Juga bagaimana cara saya mengatasi batuk itu? Terima kasih.

Jawab :

Batuk merupakan respon normal tubuh untuk mengeluarkan benda asing dalam tubuh. Dalam kasus saudara, benda asing bisa berupa lendir/dahak yg notabene bisa saja hasil dari infeksi paru atau radang paru atau saja partikel debu/polusi yg masuk ke dalam saluran pernafasan.

Untuk mengatasinya, saudara bisa cek ke dokter termasuk bagian yg mana batuk yang dialami saudara. Apabila infeksi tentu saja harus minum antibiotik, sebaliknya apabila hanya karena polisi/partikel lain spt asap/rokok/dll dengan ekspektoran/pengencer dahak dan pereda batuk sudab cukup utk mengatasi gejala.

Seyogyanya ditambah rajin minum air putih karena bisa mengencerkan dahak jg dan melembabkan saluran pernafasan sehingga mengurangi frekuensi batuk. Semoga membantu.

Dijawab oleh : dr. Michael Hartanto Angriawan

Sumber : meetdoctor.com

Artikel Terkait