KEHAMILAN
20 Juni 2020

Benarkah Bawang Putih Bisa Membantu Cepat Hamil?

Khasiatnya masih belum terbukti nih, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Banyak yang mengatakan bahwa bawang putih membantu kehamilan jika dikonsumsi mentah dan secara rutin.

Bahkan kepercayaan ini telah ada sejak berabad-abad lalu di berbagai belahan dunia.

Tetapi, ini fakta atau sekadar mitos ya Moms? Bagaimana menurut para ahli dan hasil penelitian?

Baca Juga: 4 Manfaat Bawang Putih untuk Rambut Lengkap dengan Resepnya, Yuk Coba!

Bawang Putih Mengandung Vitamin dan Mineral

Benarkah Bawang Putih Bisa Membantu Cepat Hamil? 1

Foto: pexels.com

Mengutip HRC Fertility, bawang putih kaya akan selenium, nutrisi yang dipercaya beberapa ahli dapat meningkatkan kesuburan pria. Selain itu, selenium dianggap dapat membantu mencegah keguguran dini.

Selain itu, bawang putih merupakan sumber vitamin B, termasuk B6, yang dapat berfungsi membantu mengatur kadar hormon. Beberapa ahli juga menyebut bahwa B6 dalam bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 6 Manfaat Bawang Putih untuk Kolesterol

Bawang Putih dan Pengaruhnya Terhadap Sperma

Benarkah Bawang Putih Bisa Membantu Cepat Hamil? 2

Foto: pixabay.com

Menurut hasil studi yang diterbitkan dalam Journal of Herbmed Pharmacology menunjukkan efek potensial bawang putih terhadap peningkatan kesuburan dan spermatogenesis, meningkatkan kadar testosteron, serta meningkatkan struktur testis.

Para peneliti menduga hal ini dikarenakan bawang putih mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel sperma dari kerusakan.

Namun, beberapa studi lainnya cenderung menemukan bukti yang sebaliknya. Salah satunya adalah studi yang diterbitkan dalam jurnal Reproductive Biology and Endocrinology.

Di mana beberapa hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih dapat mempengaruhi fungsi testis, sifat histologis, dan kualitas sperma. Hal ini diketahui dapat mempengaruhi kadar hormon dan peningkatan apoptosis (mekanisme kematian sel yang terpogram) dari jaringan testis.

Bahkan para peneliti juga menemukan bahwa konsumsi bawang putih dalam bentuk jus ataupun ekstrak dapat menyebabkan imobilisasi sperma.

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesuburan Pria, Dads Wajib Tahu!

Bawang Putih Sebagai Metode Pemeriksaan Kesuburan Wanita

Benarkah Bawang Putih Bisa Membantu Cepat Hamil? 3

Foto: pexels.com

Tidak hanya dengan dikonsumsi, sejak dahulu bawang putih juga digunakan sebagai metode pemeriksaan kesuburan wanita. Caranya adalah dengan memasukkan bawang putih kupas ke dalam vagina. Jika bawang putih tersebut esok harinya terasa di lidah, maka wanita yang menjalani tes disebut memiliki peluang hamil tinggi.

Mengutip Daily Beast, Dr. Laurence Totelin dari Cardiff University, menyebutkan bahwa kepercayaan ini didasarkan pada logika bahwa wanita memiliki tabung yang menghubungkan mulut dengan vagina mereka. Di mana pada wanita sehat, tabung ini tidak terhalang sehingga lidah mereka dapat mengecap bawang putih yang dimasukkan ke dalam vagina.

Akan tetapi, hingga saat ini tidak ada penelitian yang mengkonfirmasi kebenaran mengenai metode tersebut. Termasuk penelitian mengenai pengaruh bawang putih membantu kehamilan ataupun kesuburan wanita jika dikonsumsi secara oral.

Baca Juga: 4 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Benarkah Bawang Putih Bisa Membantu Cepat Hamil? 4

Foto: pixabay.com

Para peneliti dari Universitas Harvard, sebagaimana dikutip dari Harvard Health Publishing, mengatakan bahwa wanita yang ingin hamil atau kesulitan hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan tertentu yang diklaim dapat meningkatkan kesuburan seperti tiram dan sampanye, bawang putih, ginseng, rumput laut, dan ubi, yang belum terbukti kebenarannya.

Mereka lebih menyarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi seimbang, terutama biji-bijian, lemak sehat, dan protein tertentu yang baik bagi kesuburan. Selain itu, sesekali Moms dapat mengkonsumsi es krim sebagai sumber kalsium dan lemak sehat.

Itulah berbagai penjelasan mengenai hubungan antara bawang putih dan kesuburan maupun peluang kehamilan. Jadi, apakah menurut Moms bawang putih membantu kesuburan?

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Artikel Terkait