NEWBORN
16 Agustus 2019

Bayi Kembar Siam Sukses Menjalani 6 Jam Operasi Pemisahan di Surabaya

Proses operasi berlangsung lebih cepat dari waktu yang diperkirakan
placeholder

Foto: Antara/Dispen Koarmada I

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Fenomena kembar siam memang jarang ditemukan di Indonesia. Namun baru-baru ini, ada sepasang bayi kembar siam dempet dada dan perut, asal Kendari, Sulawesi Tenggara.

Bayi kembar siam ini berjenis kelamin perempuan, namanya Aqila dan Azila. Dilansir dari Media Indonesia, pada 14 Agustus 2019 kemarin, bayi kembar siam ini menjalani operasi pemisahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo, Surabaya.

Baca Juga: 10 Inspirasi Nama Bayi Kembar Laki-Laki dan Perempuan yang Unik dan Tak Pasaran

Keduanya menjalani operasi karena kondisinya yang sangat sehat. Rangkaian proses operasi Aqila dan Azila yang berlangsung selama 6 jam berakhir dengan hasil yang membahagiakan.

Bahkan proses operasi ini berlangsung lebih cepat dari waktu 12 jam yang diperkirakan. Tidak tanggung-tanggung, salah satu operasi terberat ini ditangani langsung oleh 70 orang dokter.

Dilalukan Uji Coba Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan operasi langsung pada Aqila dan Azila, tim dokter dan perawat yang berjumlah 70 orang melakukan gladi bersih terlebih dahulu.

Gladi bersih ini sebagai finalisasi persiapan menjelang operasi pemisahan pada Rabu, 14 Agustus 2019 lalu.

Mengutip dari iNews.id, tidak ada persoalan berarti yang dialami saat gladi bersih dilakukan. Namun, tim dokter menemukan ada sedikit masalah pada bagian jantung Aqila dan Azila. Persoalan ini terletak pada bagian selaput jantung keduanya.

Namun menurut Heroe Soebroto, ketua tim dokter operasi, masalah ini bisa teratasi dengan baik. Dengan menggunakan media boneka, seluruh tim yang terdiri dari dokter dan perawat bekerja secara cepat, mengenai cara dan langkah operasi pemisahan bayi kembar siam ini nantinya.

Baca Juga: Bagaimana Posisi Menyusui Bayi Kembar yang Benar?

Proses Pengoperasian

kembar siam, bayi kembar siam, aqila dan azila

Foto: mediaindonesia.com

Sebelum dioperasi, tim dokter melakukan bagian induksi anestesi dulu pada keduanya. Gunanya untuk menjaga sirkulasi bagi kesuksesan operasi ini nantinya.

Tidak lupa juga semua monitor terpasang untuk memantau jalannya operasi dan keadaan bayi kembar siam tersebut.

Langkah awal untuk pemisahan tentu dilakukan pengirisan agar kulit keduanya nanti bisa tumbuh dengan bagus setelah proses operasi selesai. Kulit pada dinding dada dan perut anak akan dipisahkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, proses operasi akan masuk ke dalam rongga perut Aqila dan Azila. Tim medis akan melakukan identifikasi terhadap isi rongga perut keduanya.

Dari Media Indonesia diketahui bahwa kedua bayi ini memiliki liver yang terpisah. Namun, sebelumnya akan dilakukan pemeriksaan kembali untuk mengidentifikasi liver tersebut, apakah saluran empedu yang dimiliki keduanya komplit atau tidak.

Jika sudah komplit, maka tim dokter akan mulai proses pemotongan.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Bayi Kembar Baru Lahir

Berhasil Dipisahkan

Keduanya berhasil dipisahkan dalam proses operasi yang berlangsung selama 6 jam.

Mengutip dari Kompas, keduanya kini akan diisolasi dalam ruang PICU selama sepekan untuk menghindari infeksi di bekas rekontruksi.

Selvita Dewi dan Jayasrin, orang tua dari Aqila dan Azila tentu bahagia proses operasi kedua putrinya dapat berjalan dengan lancar.

Selain dokter spesialis bedah anak, rangkaian proses operasi ini juga melibatkan dokter spesialis jantung, bedah plastik, dan spesialis penunjang lainnya termasuk para perawat.

Artikel Terkait