BAYI
12 Agustus 2019

Bayi Menangis saat Tidur? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tidak hanya popok basah dan rasa lapar, ada faktor lain yang menyebabkan bayi menangis saat tidur
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sebagai orang tua baru, mungkin beberapa kali Moms pernah menyaksikan bayi menangis saat tidur secara tiba-tiba dan saat Moms menghampiri.

Pastinya kondisi ini memunculkan banyak pertanyaan dalam benak Moms. Apakah Si Kecil haus, sakit, atau bermimpi saat bayi tidur?

Tidak perlu khawatir dan bingung saat mendengar bayi menangis saat tidur, karena hal ini bisa mudah diatasi dengan mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab yang membuat bayi menangis saat tidur. Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Bayi Sering Menangis? Redakan dengan Teknik 5S

1. Sistem Saraf Belum Sempurna

1 Sistem Saraf Belum Sempurna.jpg

Foto: thebump.com

Kondisi bayi menangis saat tidur rupanya umum terjadi pada bayi baru lahir. Sistem saraf bayi baru lahir masih belum sempurna. Bayi baru lahir masih perlu mengembangkan seluruh sistem saraf tubuhnya, termasuk dalam hal mengatur siklus bayi tidur/bangun.

“Itulah mengapa bayi sering melakukan hal ganjil di fase setengah sadar, yang kadang sulit dijelaskan bahwa apakah mereka sedang tidur atau bangun,” ungkap Dr. Heather Wittenberg, seperti dikutip dari parents.com.

Fase ini biasanya akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia bayi. Di usia tiga hingga empat bulan, siklus bayi tidur akan menjadi lebih teratur dan kebiasaan bayi menangis saat tidur juga akan berkurang.

Baca Juga: Mengenal Arsenic Hour, Momen Bayi Menangis Tanpa Sebab di Malam Hari

2. Penyebab Lain Bayi Menangis saat Tidur

2 Penyebab Lain Bayi Menangis.jpg

Foto: thebump.com

Jika usia bayi sudah lebih besar, namun bayi masih memperlihatkan kebiasaan menangis di tengah bayi tidur, maka beberapa faktor lain bisa menjadi penyebabnya.

“Berdasarkan pengalaman klinis saya, alasan paling umum bayi menangis saat tidur adalah karena sakit gigi (di usia bayi lebih dari 6 bulan) atau karena mimpi. Bayi terlihat tidak mengalami hal buruk dan masih tertidur, tapi mengeluarkan suara tangisan,” ungkap dokter anak Dr. Leah Alexander, MD, FAAP, seperti dikutip dari momlovesbest.com.

Selain itu, beberapa penyebab umum bayi menangis saat tidur adalah popok yang basah, lapar, hingga bayi merasa tidak nyaman dengan pakaian yang dikenakan atau suhu ruangan terlalu dingin atau panas.

Jika bayi terlalu kelelahan, sangat mungkin bayi berada di fase setengah sadar dan membuat bayi menangis, karena tidak nyaman. Dikutip dari momlovesbest.com, waktu tidur bayi saat siang hari juga dapat memengaruhi kualitas bayi tidur di malam hari.

Hal ini dapat membuat bayi kesulitan mencapai titik tidur yang nyenyak, sehingga cenderung melakukan hal seperti menendang, berbalik, hingga bayi menangis.

Baca Juga: Bayi Selalu Menangis Saat Ditinggal, Apa Yang Harus Orang Tua Lakukan?

3. Biarkan Atau Tenangkan Bayi

3 Biarkan Atau Tenangkan Bayi.jpg

Foto: parents.com

Sangat wajar ketika mendengar bayi menangis saat tidur, Moms tentu ingin segera menggendong dan menenangkan Si Kecil. Namun ketika bayi baru lahir menangis saat bayi tidur, maka menunggu dan mengawasi Si Kecil sementara waktu akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Kemungkinannya bayi menangis akan kembali tidur lelap setelah beberapa menit. Namun jika dalam beberapa menit, bayi belum berhenti menangis dan terlihat tidak nyaman, maka Moms bisa melakukan pengecekan pada bayi. Seperti popok yang basah, bayi lapar, atau ada hal lain yang mengganggu bayi tidur.

Nah, itulah beberapa faktor yang menyebabkan bayi menangis saat tidur. Jadi, Moms tidak perlu terlalu khawatir karenahal tersebut adalah hal yang wajar.

(GS)

Artikel Terkait