NEWBORN
7 Oktober 2019

Bayi Rewel Karena Kulit Gatal? Ini 6 Cara Mengatasinya!

Menyimpan pelembap di lemari pendingin akan sangat bermanfaat saat kulit bayi gatal
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Kulit bayi gatal bisa menjadi salah satu penyebab mengapa bayi rewel. Masalah kulit bayi gatal memang umum terjadi, karena kulit bayi sangat tipis, sensitif dan mudah teriritasi.

Banyak hal yang melatarbelakangi kulit bayi gatal, seperti alergi makanan, iritasi akibat sabun mandi, kulit kering atau gigitan serangga.

Selain mengatasi penyebab utama kulit bayi gatal sesuai rekomendasi perawatan medis dari dokter, Moms bisa membantu mengurangi menenangkan kulit bayi gatal saat Si Kecil terlihat mulai rewel. Yuk simak cara menangani bayi rewel karena kulit gatal!

Baca Juga: Hati-hati! Ini Bahan Skincare yang Harus Dihindari oleh Bayi Baru Lahir

1. Mandikan Bayi

Mandikan bayi dengan air dingin atau hangat sedang dan gunakan sabun khusus bayi yang lembut serta ringan. Air yang terlalu hangat dapat membuat kulit bayi gatal semakin parah.

Saat mengeringkan badan Si Kecil dengan handuk, jangan diusap, cukup tepuk perlahan sampai kering untuk mengurangi gesekan yang dapat membuat kulit bayi gatal.

2. Oleskan Pelembap

Setelah mandi dan sebelum tidur, gunakan krim yang kaya akan pelembap untuk menenangkan kulit buah hati.

“Oleskan krim yang kaya akan pelembap (rich moisturizing cream) dua kali sehari untuk mempertahankan kelembapan dan menambahkan minyak yang mungkin mulai berkurang,” ungkap dokter anak Wendy Sue Swanson, MD, seperti dikutip dari thebump.com.

Jika kulit bayi gatal akibat gigitan serangga, oleskan krim anti nyamuk khusus bayi sehingga dapat menenangkan dan membantu mencegah gigitan serangga lebih lanjut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Tepat Melindungi Kulit Bayi dari Sinar Matahari?

3. Simpan Lotion di Tempat Dingin

Simpan pelembap dan obat kulit bayi gatal di lemari pendingin. Karena sensasi dingin pelembap atau obat saat diaplikasikan akan membantu meringankan kulit bayi gatal yang membuat bayi rewel.

4. Kenakan Pakaian Katun

Kenakan pakaian berbahan katun yang longgar dan ringan, sehingga lebih mudah menyerap keringat.

Jika kulit bayi gatal semakin bertambah saat malam, pertimbangkan untuk menggunakan sarung tangan lembut khusus bayi saat tidur untuk mengurangi gesekan saat menggaruk.

5. Gunakan Kompres Dingin

Letakkan kompres dingin pada area kulit bayi gatal untuk bantu meredakan ketidaknyamanan yang membuat bayi rewel.

Jauhkan Si Kecil dari tempat yang terlalu panas, karena kulit bayi gatal akan semakin parah saat berkeringat dan tidak jarang membuat bayi rewel.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Kulit Bayi yang Mengelupas?

6. Gunting Kuku Bayi

Pastikan kuku bayi pendek dan tidak ada ujung kuku yang tajam agar ia tidak melukai kuku saat menggaruk.

“Saat harus menggaruk, hanya ujung jari yang bersentuhan dengan kulit bayi gatal, bukan kuku. Ini dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan pada kulit ketika mulai menggaruk,” ungkap Dr. Steven Q. Wang, pemilik Dr. Wang Skincare dan direktur Bedah Dermatologis dan Dermatologi di Memorial Sloan-Kettering Cancer Center di Basking Ridge, New Jersey.

Konsultasikan pada dokter jika kulit bayi gatal tidak kunjung sembuh. Beberapa pengobatan dengan salep langsung pada kulit bayi gatal tentu memerlukan rekomendasi resep dari dokter.

(GS/INT)

Artikel Terkait