BAYI
15 September 2019

Bayi Suka Bangun Hampir Setiap Jam? Ini Penyebabnya

Tidak hanya saat sakit, bayi sering bangun di malam hari juga dapat dipicu oleh beberapa hal lainnya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Sebagian besar bayi dapat tidur nyenyak tanpa gangguan hingga 10-12 jam saat malam hari, biasanya dimulai pada usia 3-4 bulan.

Namun sisanya, bayi sering bangun hingga beberapa kali dan tidak jarang membuat kualitas tidur Moms serta Si Kecil menjadi tidak maksimal. Kenali beberapa alasan bayi sering bangun saat malam hari.

1. Gelombang Otak

1 Gelombang Otak.jpg

Foto: breastfeeding.support

Sebuah penelitian mengenai tidur, para peneliti mencoba melihat aktivitas gelombang otak bayi.

“Kami melihat gelombang otak bayi di usia enam bulan dan lebih, yang ternyata memiliki pola serupa dengan orang dewasa,” ungkap pulmonologist pediatrik sekaligus Direktur di Pediatric Sleep Disorders Center, Seattle, Dr. Maida Chen, seperti dikutip dari huffpost.com.

Hal ini menandakan bahwa sama seperti orang dewasa yang sering terbangun di malam hari, bayi mulai usia enam bulan juga mengalami hal yang sama. Hal ini juga menjadi pertanda kemajuan dalam otak bayi, karena semakin matang dalam hal tidur.

Baca Juga : Kenapa Telapak Tangan dan Kaki Bayi Dingin Ketika Bangun Tidur?

2. Bayi Sakit

2 Bayi Sakit.jpg

Foto: mumcentral.com.au

Flu, batuk dan pilek merupakan beberapa penyakit umum yang biasa dialami bayi dan rentan membuat bayi bangun karena merasa tidak nyaman.

Peningkatan penyakit infeksi juga cenderung terjadi setelah bayi berusia enam bulan dan dapat membuat bayi sering bangun di malam hari.

Peningkatan ini terjadi karena di usia ini, bayi sudah bisa menempatkan tangan atau benda sekitarnya ke dalam mulut, sehingga paparan kuman pun meningkat secara dramatis.

Untuk mengatasi masalah ini, Moms bisa berkonsultasi dengan Dokter mengenai obat yang perlu diberikan Si Kecil dan saat Si Kecil sembuh, jadwal tidurnya akan kembali baik.

3. Tumbuh Gigi

3 Tumbuh Gigi.jpg

Foto: breastfeeding.support

Sebagian besar bayi bangun dan akan rewel saat tumbuh gigi, tapi tidak semua bayi rewel menandakan bahwa bayi sedang tumbuh gigi.

“Tumbuh gigi mungkin membuat bayi kesakitan atau sulit untuk tidur siang dan tidur malam, karena gusi yang berdenyut. Namun sebenarnya itu hanya nyeri ringan, sehingga pada siang hari perhatiannya lebih mudah untuk dialihkan,” ungkap Dokter anak dan rekan penulis Baby 411: Clear Answers and Smart Advice for Your Baby's First Year, Ari Brown, MD, seperti dikutip dari parents.com.

Sedangkan saat malam, cenderung bayi bangun, karena merasa tidak nyaman.

Baca Juga : Susah Dibangunkan untuk Menyusu Karena Bayi Tidur Seharian, Normalkah?

4. Bayi Kelelahan

4 Bayi Kelelahan.jpg

Foto: parents.com

Bayi yang terlalu lelah setelah beraktivitas seharian atau yang terlambat tidur juga dapat menyebabkan gangguan yang membuat bayi bangun.

Dikutip dari kindersleep.com, sama seperti orang dewasa, bayi terjaga terlalu lama dapat menyebabkan bayi kelelahan dan melepaskan kortisol serta adrenalin, yang bahkan akan membuat bayi lebih sulit untuk tidur.

Tidak hanya bayi sering bangun di malam hari, bayi kelelahan juga cenderung membuat bayi bangun lebih pagi dari biasanya.

5. Bayi Mengalami Perkembangan

5 Bayi Mengalami Perkembangan.jpg

Foto: rookiemoms.com

Melihat perkembangan dan pencapaian bayi, seperti mulai dapat merangkak, berguling atau berjalan, tentu menjadi saat yang membahagiakan bagi Moms.

Namun hal ini rupanya juga bisa menjadi pemicu bayi sering bangun di malam hari. Hal ini biasa terjadi pada usia bayi empat bulan, dimana bayi bangun dengan berguling-guling disertai menangis.

Terutama di usia sembilan bulan, bayi sudah dapat berdiri di box tempat tidurnya. Sehingga jangan kaget jika di usia ini, Moms akan mengalami bayi sering bangun pada malam hari dan tiba-tiba berdiri hingga ingin memanjat dari box-nya untuk menghampiri Moms.

Itulah lima pemicu bayi sering bangun di malam hari. Meski menguras tenaga dan kualitas tidur Moms, namun waktunya akan tiba dimana bayi tidur sepanjang malam dan baru bangun saat pagi datang. Mohon bersabar ya, Moms.

(GS/CAR)

Artikel Terkait