NEWBORN
24 Februari 2019

Bayi Susah Tidur di Malam Hari? Kenali 5 Penyebabnya

Ada beberapa penyebab Si Kecil susah tidur di malam hari. Apa saja? Yuk kita cari tahu di bawah ini Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur
Disunting oleh Andra Nur

Bayi baru lahir memang lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Tapi, tidak jarang juga mereka mengalami susah tidur atau bahkan tidak mau tidur di malam hari.

Jika sudah begini, Moms pasti bertanya-tanya apa yang menyebabkan Si Kecil susah tidur atau tidak mau tidur terutama di malam hari. Dikutip dari Mummyology.co.uk, ada beberapa penyebab Si Kecil susah tidur di malam hari. Apa saja? Yuk kita cari tahu di bawah ini Moms!

1. Merasa Lapar

fotolia 106923301 subscription monthly m

Foto: Hushhushlittlebaby.com

Jika buah hati Moms masih sangat muda (beberapa hari hingga minggu pertama kehidupan), mungkin penyebab Si Kecil sulit tidur berhubungan dengan aktivitas menyusu. Pasalnya, bayi baru lahir memang harus sering mendapatkan asupan makanan berupa ASI.

Namun, jika Moms menyusui sesaat sebelum waktu tidur Si Kecil, mungkin waktu tidurnya tidak akan terganggu dan membuatnya tidur lebih nyenyak di malam hari.

2. Tidur Siang Terlalu Sore atau Terlalu Lama

is it ever okay to wake a baby from a nap

Foto: Todaysparent.com

Terlalu sore atau terlalu lama saat tidur siang akan mendorong Si Kecil untuk semakin lama terjaga pada malam hari. Jadi, Moms seharusnya tidak membiasakan Si Kecil tidur siang terlalu lama maupun saat sudah menjelang sore.

Sebagai solusi, Moms bisa menidurkan bayi setelah mandi pagi atau setelah menyusu di siang hari.

3. Tubuh Bayi Belum Mampu Memberi Sinyal Mengantuk Secara Otomatis

solitary play baby toy 2160x1200

Foto: Thebump.com

Profesor pediatri Universitas Yale, Scott Rivkees, M.D., yang menulis mengenai pola tidur bayi dalam jurnal American Academy of Pediatrics edisi Agustus, mengatakan bahwa tubuh bayi memang belum mampu mengenali waktu dengan baik.

Jika orang dewasa yang tidur sepanjang malam dan bangun di pagi hari dengan mudah, bayi belum bisa melakukannya. Hal tersebut terjadi karena adanya ritme aktivitas-istirahat biologis setiap harinya yang disinkronkan dengan siklus terang gelap.

Baca Juga: Ini Manfaat dan Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak

4. Mempelajari Kemampuan Baru

babylearningpic

Foto: Georgiafamily.com

Beberapa bayi cenderung terbangun sepanjang malam saat belajar kemampuan baru di sepanjang usia perkembangannya.

Jadi, apakah Si Kecil sekarang sedang belajar duduk, berguling, merangkak, mengunyah, berbicara, berjalan atau perkembangan lainnya? Jika iya, maka bisa jadi itu merupakan salah satu penyebab Si Kecil sulit tidur saat malam hari.

Ingat, tubuh bayi masih sulit untuk membedakan antara siang dan malam, antara waktu untuk beraktivitas dan beristirahat. Sehingga Moms perlu membiasakan Si Kecil untuk mempelajari kemampuan barunya saat siang hari dan mengajaknya untuk tidur di malam hari.

5. Sedang Mengalami Teething

adobestock 77866860

Foto: Pregistry.com

Teething memang menyebabkan beberapa bayi menjadi rewel karena merasa tidak nyaman, terutama saat malam hari. Sehingga tidak heran jika bayi yang sedang mengalami teething cenderung menjadi sulit tidur.

Namun, Moms harus mencari tahu terlebih dahulu apakah gejala yang ditunjukkan Si Kecil merupakan tanda-tanda tumbuh gigi atau teething. Nah, jika ternyata benar Si Kecil sulit tidur karena teething, Moms bisa membantu untuk meredakan rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh Si Kecil.

Umumnya, pereda nyeri tumbuh gigi dapat digunakan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada gusi bayi saat teething.

Itulah beberapa penyebab umum bayi sulit tidur, khususnya di malam hari. Jika Moms merasa khawatir mengenai adanya kemungkinan medis, atau sesuatu yang sepertinya tidak normal pada Si Kecil, segera konsultasikan dengan dokter anak.

Meskipun sebagian besar masalah sulit tidur pada bayi bukan disebabkan oleh kondisi medis, namun beberapa di antaranya juga ada yang berhubungan dengan kondisi medis.

(RGW)

Artikel Terkait