BAYI
19 Agustus 2019

Bayi Tidak Suka Mandi, Apa yang Harus Dilakukan?

Agar tidak menjadi kebiasaan hingga dewasa, dorong keinginan bayi mandi dengan beragam aktivitas seru
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Bermain air saat bayi mandi mungkin menjadi salah satu permainan yang paling digemari Si Kecil.

Namun, bagaimana jika tiba-tiba bayi tidak lagi menikmati waktu mandi dan cenderung menangis atau jadi rewel saat akan bersiap mandi? Tenang Moms, karena ini merupakan hal yang normal.

Menurut Dr. Sears yang dikutip dari parenting.com, meski mungkin orang tua tidak pernah tahu persis apa yang memicu bayi tidak mau mandi, namun hal ini bisa terjadi karena berkembangnya kesadaran Si Kecil akan lingkungan di sekitarnya atau adanya perubahan dalam rutinitas keluarga.

“Berita baiknya adalah seiring waktu dan kedewasaan, Si Kecil akan mengatasi ketakutannya sendiri akan waktu mandi,” ungkap Dr. Sears.

Menunggu hingga waktu bayi mandi menjadi hal yang menyenangkan kembali untuk Si Kecil, berikut beberapa hal yang bisa Moms lakukan.

1. Mempercepat Proses

1 Mempercepat Proses.jpg

Foto: bluemaize.net

Proses mandi berjalan lebih cepat, akan menjadi lebih baik untuk Si Kecil dan tidak perlu dilakukan setiap hari untuk bayi baru lahir.

“Bayi hanya perlu mandi sekitar tiga kali seminggu, dan bahkan proses bayi mandi tidak perlu lama,” ungkap Clinton Obwibwe, perawat kedokteran anak di Brooklyn, seperti dikutip dari romper.com.

Bukalah pakaian bayi di samping bak mandi berisi air hangat, mandikan dengan cepat, cuci rambut dengan waslap, dan remas waslap basah di atas kepala bayi mandi secara perlahan, dibanding menuangkan air langsung ke atasnya. Lalu gendong bagi segera dengan handuk setelah selesai bayi mandi.

Baca Juga : Hindari 7 Hal Ini Saat Memandikan Bayi Baru Lahir

2. Rayu dengan Mainan

2 Rayu Dengan Mainan.jpg

Foto: blog.roseoubleu.com

Isi bak untuk bayi mandi dengan air hangat dan mainan mengambang favoritnya. Biarkan Si Kecil bermain sebentar di luar bak mandi dengan pengawasan Moms.

Setelah Si Kecil terlihat mulai beradaptasi dengan lingkungan kamar mandi dan bak berisi mainannya, barulah jalani proses bayi mandi.

3. Beri Suasana Lain

3 Beri Suasana Lain.jpg

Foto: nct.org.uk

Bayi mudah bosan, mungkin proses bayi mandi juga membuatnya bosan dan jadi tidak bersemangat. Cobalah menyiapkan bak mandi plastik di halaman belakang untuk bayi mandi.

Jika Moms memiliki wastafel yang cukup besar, maka tempat ini juga bisa menjadi variasi untuk bayi mandi. Cara lain, Moms bisa ikut mandi bersama dengan bayi untuk memberi rutinitas berbeda pada kebiasaan bayi mandi.

Baca Juga : Bayi Mandi Air Hangat, Bolehkah?

4. Beri Pijatan Saat Bayi Mandi

4 Beri Pijatan Saat Bayi Mandi.jpg

Foto: mojoyard.com

Biasakan untuk memijat bayi di dalam dan di luar bak mandi. Ini adalah latihan untuk membuatnya rileks serta memaksimalkan waktu berkualitas antara Moms dan bayi.

Jika bayi suka dipijat, mandikan bayi dengan usapan yang pajang dan lembut, sehingga bayi merasa seperti mendapatkan pijatan dengan air, dibanding terasa seperti mandi biasa.

5. Masukkan Kelas Renang

5 Masukkan Kelas Renang.jpg

Foto: myaone.my

Membuat Si Kecil menikmati waktunya di kolam renang adalah langkah besar untuk membawanya kembali menyukai waktu mandi.

Begitu Si Kecil mengetahui betapa menyenangkannya bermain-main di dalam air lagi, Moms juga akan menemukan bahwa ketakutan bayi mandi akan segera hilang.

Itulah beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk membantu waktu bayi mandi menjadi kembali menyenangkan.

(GS/CAR)

Artikel Terkait