3-12 BULAN
28 April 2020

Bayi Tidur Siang dalam Waktu Lama, Wajarkah?

Jangan panik, ini bukan masalah besar, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Intan Aprilia

Bagi Moms yang memiliki newborn, kadang merasa kesulitan beradaptasi dengan pola tidur Si Kecil.

Banyak yang beranggapan bahwa bayi tidur lebih siang lebih lama daripada tidur malam. Bahkan ada yang sampai cemas, karena takut hal tersebut adalah sebuah penyakit. Tapi benarkah hal tersebut?

Penyebab Bayi Tidur Siang Sangat Lama

bayi tidur siang (1).jpg

Dr. Jennifer Trachtenberg, seorang dokter anak dan ahli pengasuhan anak mengatakan bahwa bayi tidur siang dalam waktu yang lama sebenarnya normal dan bukan sebuah masalah yang besar.

"Sebagian besar bayi mengalami kesulitan mengenali siang dan malam. Dan biasanya memang bayi tidur siang lebih lama, dan lebih sering bangun di malam hari,” jelasnya.

Selain memiliki kesulitan beradaptasi dengan lingkungan, badan bayi juga masih berkembang dan membutuhkan banyak asupan karena sering merasa lapar.

"Bayi perlu disusui juga bahkan pada malam hari. Perut mereka sangat kecil, tetapi mereka terus tumbuh,” tambahnya.

Belum lagi karena Moms sebagai orang tua baru yang juga baru beradaptasi, merasa bahwa jika bayi lelah seharusnya mereka juga ikut istirahat.

"Orang tua sering memiliki pandangan yang tidak realistis tentang kapan bayi harus tidur sepanjang malam. Ini terutama karena mereka kelelahan dan ingin beristirahat juga.”

Baca Juga: Bayi Tidur Siang, Perhatikan 3 Hal yang Dilarang Berikut Ini

Mengatur Waktu Tidur Siang Bayi

bayi tidur siang (3).jpg

Agar bayi tidur siang dalam jumlah yang wajar, konsultan tidur anak Alanna McGinn, menyarankan untuk mengajak Si Kecil mempelajari perbedaan antara kondisi siang dan malam hari. Hal ini akan membuat bayi merasakan perbedaannya dan mulai beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

“Biarkan bayi Anda terpapar sinar matahari dan kebisingan setiap hari di siang hari, bahkan saat dia tidur. Dan saat malam hari, matikan lampu kamar dan jaga interaksi dan kondisi ruangan tetap tenang, ”katanya.

Moms juga harus mencoba membuat jadwal menyusui saat malam hari. Pelajari kebiasaan tidurnya setiap malam, bayi harus tidur antara 16 dan 18 jam dalam sehari.

Jika dibiasakan, jadwal menyusui ini akan membantu Moms memiliki waktu istirahat yang lama saat malam hari.

"Hindari kontak mata dan minimalkan suara, buat acara menyusui malam secara singkat dan membosankan,” tambahnya.

The National Sleep Foundation mengatakan bahwa biasanya bayi hanya bisa membuka mata dalam periode waktu yang singkat sebelum mereka kembali mengantuk, yakni sekitar 2 jam. Jadi bila bayi bangun di jam 9, itu artinya ia akan mengantuk sekitar jam 11.

Menurut Mayo Clinic, semakin bertambah usianya, jam waktu tidur siang bayi pun berubah.

Bayi berusia 4 bulan sampai 1 tahun membutuhkan setidaknya dua kali tidur siang, sekali di pagi hari dan sekali di siang hari.

Masing-masing tidur siang umumnya menghabiskan waktu 3 jam.

Baca Juga: 4 Tanda Bayi Kurang Tidur yang Harus Moms Perhatikan

Kesalahan Tidur Siang Bayi

bayi tidur siang (2).jpg

Jika Moms berpikir untuk membuat bayi terjaga selama siang hari agar tidur lama saat malam, hal itu keliru.

Meski secara teori kedengarannya bagus, tetapi ini menjadi bumerang pada bayi dan malah membuat bayi menjadi rewel dan benar-benar kurang tidur di malam hari, jika dibandingkan bayi tidur siang secara teratur.

Alanna merekomendasikan Moms untuk memperhatikan isyarat tidur dari bayi, seperti mata mengantuk, menguap dan rewel.

Iu adalah cara bayi berkomunikasi bahwa dia siap untuk kembali tidur, bahkan jika dia sudah lama tidak terjaga. Ini akan membantu bayi tertidur lebih mudah dan tidur lebih nyenyak.

Jika bayi belum terbiasa dengan pembagian waktu siang dan malam, Alana mengatakan bahwa hal tersebut akan berdampak buruk, terutama bagi Moms.

"Ini bisa mengkhawatirkan bagi orang tua, apalagi jika terjadi pada anak pertama. Mereka mungkin berpikir bahwa ada sesuatu yang salah dengan bayi mereka, padahal sebenarnya, bayi menunjukkan perilaku yang benar-benar normal," tandasnya.

Baca Juga: Kapan Bayi Boleh Tidur Tengkurap? Simak Ulasannya di Sini

Mungkin perlu waktu hingga bayi tidur sepanjang malam, tetapi menurut Alana, sebagian besar bayi membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk tidur lebih lama di malam hari.

Sementara itu, jangan ragu untuk membuat bayi tidur di siang hari, sehingga Moms dapat mengatur waktu tidur malamnya.

Adaptasi memang membutuhkan waktu Moms, tapi tidak akan terlalu lama. Tetap bersabar demi Si Kecil adalah kuncinya.

Artikel Terkait