RUPA-RUPA
7 November 2019

Lola Zieta Akui Panseksual, Apa Bedanya dengan Biseksual?

Kedua istilah ini sering disalahartikan oleh banyak orang
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Intan Aprilia

Cosplayer Lola Zieta mengaku panseksual, saat ditanya oleh Deddy Corbuzier kala ia menjadi bintang tamu di kanal YouTube mantan pesulap tersebut.

Lola Zieta adalah seorang cosplayer (costume player), di mana ia mengenakan kostum dan aksesoris mode untuk mewakili karakter tertentu, biasanya adalah karakter anime.

Melihat dari Instagram-nya, Lola memang menjadi cosplayer yang seksi dan berani dalam menunjukkan bentuk lekuk tubuhnya.

Baca Juga: Bambang Pamungkas Dikritik Keras Jakmania, Begini Cara Mengkritik yang Baik di Media Sosial

Lola Zieta Mengatakan Dirinya Seorang Panseksual

lola zieta mengaku panseksual.jpg

Foto: instagram.com/lolazieta

Dalam video yang diunggah di kanal YouTube Deddy Corbuzier pada 2 November 2019, Lola mengungkapkan orientasi seksualnya pada publik.

Lola Zieta mengaku secara terang-terangan bahwa ia memiliki orientasi seksual seorang panseksual.

"I'm pansexual, aku punya pilihan pribadiku. Buat aku gender itu nggak terlalu (penting). Kalo kebetulan aku lagi suka trans, ya sudahlah. Aku bisa menyesuaikan dengan apapun itu," kata Lola.

Baca Juga: Fakta Film "Ratu Ilmu Hitam" yang Wajib Jadi Tontonan Pecinta Horor

Perbedaan Panseksual dengan Biseksual

perbedaan panseksual dan biseksual-1

Sekilas, panseksual dan biseksual sulit dibedakan. Padahal kedua orientasi seksual ini memiliki makna yang berbeda. Ketahui perbedaan panseksual dan biseksual.

Mengutip dari Bisexual Resource Center, biseksual berarti tertarik pada gender yang sama seperti orang tersebut, dan tertarik dengan satu jenis gender lain. Misalnya, seseorang dengan gender maskulin, tertarik pada orang maskulin dan feminin.

Pada dasarnya, seorang biseksual tertarik pada dua jenis gender, karena berasal dari kata "bi" yang berarti "dua".

Sementara, menurut Rolling Stone, panseksual berarti seseorang yang tertarik secara emosional, fisik atau keduanya, pada semua jenis gender. Baik non-binary (non-biner) atau binary (biner).

Label ini muncul karena berasal dari bahasa Yunani "pan," yang berarti "semua."

Baca Juga: Kemesraan Bambang Pamungkas dan Istri, Bak Pengantin Baru! Intip Yuk!

Gender Biner dan Non-Biner

perbedaan panseksual dan biseksual-2.jpg

Dalam pembahasan perbedaan panseksual dan biseksual, sempat disinggung tentang gender biner dan non-biner. Lalu, apa perbedaannya?

Biner, berasal dari kata "bi" yang berarti dua. Sehingga "gender biner" diartikan hanya memiliki dua klasifikasi gender, pria dan wanita.

Melansir VICE, istilah "non-biner" paling umum digunakan untuk menggambarkan identitas gender seseorang yang tidak termasuk dalam kategori tradisional "pria" atau "wanita".

Beberapa jenis gender non-biner yaitu seperti bigender, adrogyny, agender/genderless/non-gender, genderfluid, gender neutral, gender queer, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia perbedaan panseksual dan biseksual yang kerap sulit dibedakan oleh banyak orang.

Artikel Terkait