BAYI
20 November 2019

Beda Ruam Popok dan Candidiasis, Serupa tapi Tak Sama

Candidiasis bisa lebih parah, namun bisa sembuh
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Hampir setiap bayi pernah mengalami ruam pada bagian pantat kecilnya. Biasanya melihat adanya ruam tersebut, kita pasti akan langsung berasumsi bahwa buah hati kita terkena ruam popok.

Namun, pada kenyataannya tidak selalu ruam merah di pantat bayi adalah ruam popok lho. Bisa jadi buah hati kita terkena candidiasis atau infeksi jamur candida. Nah, meski keduanya terlihat sama, namun ternyata beda ruam popok dan candidiasis lho.

Salah satu beda ruam popok dan candidiasis adalah, ruam popok akan sembuh hanya dengan sedikit krim ruam popok yang mengandung seng. Ruam popok ini biasanya akan hilang dalam waktu beberapa hari.

Namun, jika ruam di pantat bayi tidak juga membaik setelah beberapa hari bahkan mungkin memburuk, bisa jadi itu adalah candidiasis.

Nah, agar penanganannya tepat, Moms harus tahu beda ruam popok dan candidiasis. Bagaimana caranya? Yuk simak di bawah ini!

Baca Juga: Manfaat Zinc Oxide Selain Atasi Ruam Popok

1. Tingkat Keparahannya

Terlihat sama, Ini Bedanya Infeksi Jamur Candida dan Ruam Popok__-1.jpg

Foto: romper.com

Beda ruam popok dan candidiasis yang pertama adalah tingkat keparahannya. Keduanya memang sama-sama bisa menyebabkan area pantat dan sekitarnya menjadi sakit dan teriritasi. Tapi tingkat keparahannya agar berbeda.

Candidiasis biasanya lebih parah dibandingkan ruam popok biasa. Jadi terkadang apa yang mungkin terlihat seperti ruam popok namun parah bisa jadi itu adalah candidiasis yang serius Moms.

2. Area Penyebaran

Terlihat sama, Ini Bedanya Infeksi Jamur Candida dan Ruam Popok__-2.jpg

Foto: verywellfamily.com

Beda ruam popok dan candidiasis yang berikutnya adalah area penyebarannya. Ruam popok biasanya tidak menyebar ke belakang atau ke bawah kaki.

Selain itu, ruam popok juga biasanya tidak sampai ada di bagian depan dan simetris di kedua sisi tempat kulit bersentuhan, seperti lipatan paha atau lipatan kulit.

Nah, jika area-area tersebut terasa gatal dan muncul ruam maka kemungkinan itu adalah candidiasis.

3. Kondisi Ruam

Terlihat sama, Ini Bedanya Infeksi Jamur Candida dan Ruam Popok__-3.jpg

Foto: babycenter.com

Beda ruam popok dan candidiasis yang berikutnya adalah kondisi ruam. Ruam popok umumnya hanya menimbulkan ruam.

Sementara infeksi jamur candida mungkin juga menimbulkan lesi atau benjolan di sekitar ruam. Benjolan ini akan tampak merah dan sakit.

Dikutip dari American Academy of Pediatrics, candidiasis dapat memperburuk ruam popok, menghasilkan kemerahan, dan sensitivitas pada area yang terkena dan makin memerah dalam beberapa kasus.

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Ruam Popok Pada Bayi, Masih Percaya?

4. Respons Kulit

Terlihat sama, Ini Bedanya Infeksi Jamur Candida dan Ruam Popok__-4.jpg

Foto : abbotfamily.com

Beda ruam popok dan candidiasis yang berikutnya adalah respons kulit yang teriritasi dengan krim ruam popok. Jika Moms sudah mencoba mengoleskan krim ruam popok setiap kali mengganti popok dan ruam terus memburuk, maka kemungkinan besar itu adalah infeksi jamur candida yang perlu diobati oleh dokter.

Apakah Candidiasis Berbahaya?

Infeksi jamur candida biasanya tidak berbahaya, tetapi tidak nyaman. Ini terutama berlaku untuk anak kecil. Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi dapat masuk ke aliran darah pada anak-anak yang sistem kekebalannya sudah melemah.

Ini juga dapat terjadi pada anak-anak dengan kondisi medis yang membutuhkan infus atau kateter di kulit mereka untuk jangka waktu yang lama.

Pengobatan Candidiasis

Infeksi jamur candida pada balita biasanya diobati dengan salep antijamur yang bisa dioleskan langsung ke daerah yang teriritasi.

Jenis infeksi jamur candida lain dalam tubuh, seperti yang dapat berkembang di mulut atau bahkan menyebar ke bagian lain dalam tubuh, juga perlu diobati dengan obat antijamur oral seperti flukonazol.

Sebagian besar infeksi jamur candinda ini bisa sembuh dalam waktu dua minggu setelah memulai pengobatan.

Baca Juga: 6 Obat Alami untuk Mengatasi Candidiasis pada Balita

Nah, sekarang sudah tahu kan beda ruam popok dan candidiasis? Jangan sampai salah penanganannya ya Moms!

(SERA)

Artikel Terkait