KESEHATAN
26 Juni 2018

Begadang Demi Piala Dunia? Ini 6 Tips Supaya Tubuh Tetap Sehat!

Mandi dengan air hangat setelah kurang tidur dapat membantu mengembalikan stamina
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Demam piala dunia sudah dimulai, perhelatan terbesar di dunia sepak bola ini tentunya akan menyita tak hanya perhatian tetapi juga waktu para pecinta sepakbola.

Bila Moms salah satu satunya, tentu saja jadwal piala dunia yang kerap tayang dini hari akan menyita waktu istirahat. Nah, guna menghindari piala dunia malah membuat sakit, yuk simak tips tetap sehat meski begadang demi piala dunia!

Olahraga Ringan

begadang (1)

Kurang tidur akan membuat tubuh menjadi lemas, karenanya hal tersebut perlu disiasati dengan mengonsumsi makanan ringan yang mengandung gula serta berolahraga ringan.

Tak perlu berlari atau jogging, cukup berjalan saja selama 10 menit sudah dapat mengembalikan stamina tubuh. Hal ini dikarenakan dengan berjalan kaki, tubuh dapat memompa oksigen melalui pembuluh darah, otot dan otak.

Minum Air Putih

begadang (3)

Hal yang tak kalah penting adalah menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi yang akan menyebabkan kelelahan.

Konsumsilah air putih setidaknya 8 gelas sehari dan tak lupa pula mengonsumsi makanan yang mengandung air seperti buah-buahan.

Baca Juga: 9 Camilan Sehat untuk Dimakan saat Nonton Piala Dunia

Sinar Matahari

begadang (4)

Tahukah Moms bahwa ternyata penting untuk mengekspos tubuh pada cahaya-cahaya yang terang, terutama yang berasal dari sumber alami seperti matahari.

Sinar matahari akan membuat Moms tetap terjaga kebugarannya, karena dapat meningkatkan suhu tubuh serta memperbaiki sistem biologis yang agak kacau karena kurangnya waktu tidur.

Mandi dengan Air Hangat

begadang (5)

Banyak yang berpikir untuk menghilangkan kantuk adalah dengan mandi menggunakan air dingin yang dapat membuat mata melek.

Hal tersebut rupanya salah Moms, sebaiknya gunakanlah air hangat agar peredaran darah di tubuh berjalan lancar.

Terlebih jika setelahnya Moms mengonsumsi teh herbal saat sarapan, tubuh Moms dijamin akan lebih cepat mendapatkan kembali stamina yang hilang.

Baca Juga: Menemani Suami Nonton Piala Dunia, Pahami 7 Aturan Ini 

Mencuri Waktu Tidur

begadang (1)

Sekuat apapun mata untuk begadang, namun jangan pernah mengabaikan kekuatan tidur. Tidur sangat dibutuhkan meski dalam waktu yang singkat.

Meski hanya 15-20 menit, upayakanlah untuk benar-benar tidur untuk mengembalikan stamina. Waktu ini mungkin bisa Moms dapatkan saat sedang jam istirahat kantor.

Hindari Kopi Berlebihan

begadang (2)

Untuk menjaga diri tetap terjaga banyak yang memilih untuk meminum kopi. Sebenarnya sah dan ampuh saja, namun mengonsumsi kopi terlalu berlebihan memiliki dampak yang kurang baik seperti dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Lakukan hal-hal ini supaya tetap segar meski sudah begadang semalaman!

(MDP)

Artikel Terkait