BALITA DAN ANAK
29 Mei 2019

Begini Cara Membuat Anak Suka Minum Air Putih

Sesekali, jangan ragu untuk memberikan penghargaa kepada Si Kecil ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Air putih penting bagi kesehatan tubuh. Kita para orang tua sudah tahu akan hal ini, makanya banyak mengonsumsi air putih. Tapi bagaimana dengan Si Kecil? Menjadi sebuah tantangan bagi kita untuk membuat anak suka minum air putih.

Menurut dr. Nurul Ratna, Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran UI, membuat anak suka minum air putih perlu dilakukan sejak dini. Hal ini penting dilakukan agar ke depannya, anak bisa rutin mengonsumsi tanpa perlu disuruh-suruh lagi.

Namun peralihan dari ASI ke air putih cukup sulit. Makanya Moms perlu usaha lebih. Nah, bagaimana cara membuat anak suka mau minum air putih? Yuk kita ikuti tips-tips berikut ini.

Baca Juga: Pentingnya Membiasakan Anak Minum Air Putih

1. Memberi Contoh kepada Anak

anak minum air putih, biasakan anak minum, air putih

Anak selalu menjadikan orang tua sebagai panutannya. Oleh karena itu, dalam hal ini orang tua juga wajib memberikan contoh yang baik, yaitu rajin minum air putih.

Konsumsilah air putih sesuai kebutuhan setiap harinya. Dengan begitu Si Kecil nanti juga lama-kelamaan akan mengikuti kebiasaan kita dan secara tidak langsung kita membuat anak suka minum air putih. Sehingga Moms tidak perlu repot lagi memaksa anak untuk minum air putih.

2. Gunakan Gelas yang Menarik

anak minum air putih, biasakan anak minum, air putih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa anak-anak selalu tertarik dengan hal-hal menarik baginya, seperti benda-benda lucu, karakter kartun favorit, warna-warna cerah, dan bentuk-bentuk yang unik.

Untuk membuat anak suka minum air putih, Moms bisa meletakkan air putihnya dalam sebuah gelas yang lucu atau menarik. Dengan begitu Si Kecil tidak akan ragu mengambilnya dan menghabiskan isinya. Gelas dengan karakter kartun favorit anak juga boleh lho Moms.

Baca Juga: Cegah Lemas Akibat Dehidrasi, Ikuti 4 Kiat Ampuh Agar Anak Moms Suka Minum Air Putih

3. Potongan Buah

anak minum air putih, biasakan anak minum, air putih

Salah satu alasan yang terkadang membuat Si Kecil malam minum air putih adalah rasanya yang tawar. Oleh karena itu dibanding air putih, anak biasa lebih tertarik dengan buah-buahan yang berair.

Sebagai pancingan untuk membuat anak suka minum air putih, Moms bisa meletakkan potongan-potongan buah kecil kesukaan buah hati dalam air putih. Hal ini pasti akan menarik perhatian anak dan ia bisa menikmati sedikit rasa dari buah kesukaannya.

4. Beri Penghargaan

anak minum air putih, biasakan anak minum, air putih

Sesekali jika Si Kecil berhasil menghabiskan kebutuhan air putihnya selama sehari, Moms bisa memberikan penghargaan atas usahanya. Anak pasti akan senang jika kita sebagai orang tua menghargai pencapaian mereka.

Penghargaan yang diberikan bisa dilakukan dengan membuat camilan favorit anak atau mengajaknya nonton film favoritnya. Bisa juga Moms berikan potongan buah favorit anak.

Ini akan jadi motivasi baru untuk membuat anak suka minum air putih lho Moms.

Baca Juga: Yuk Terapkan 3 Cara Mudah Ini Supaya Anak Suka Minum Air Putih!

5. Selalu Berikan Penjelasan

anak minum air putih, biasakan anak minum, air putih

Meski anak belum mengerti, jika Moms menjelaskannya secara terus-menerus saat ia mengonsumsi air putih. Penjelasan tersebut lama-kelamaan akan tertanam dalam benaknya bahwa minum air putih itu penting.

Oleh karena itu, jangan bosan memberitahunya seberapa penting air putih, walaupun Si Kecil masih belum mengerti ya Moms. Kendati tidak langsung berdampak, cara ini cukup efektif untuk membuat anak suka minum air putih.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk membuat anak suka minum air putih. Biasakan anak minum air putih secukupnya setiap hari. Selamat mencoba!

Artikel Terkait