BALITA DAN ANAK
17 Agustus 2019

Begini Cara Mengajarkan Bagian Tubuh pada Balita

Jika Si Kecil belum bisa berbicara, ajarkan bagian tubuh dengan menunjuk langsung
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Balita mencapai tonggak utama ketika mereka belajar memberi nama dan mengenali bagian tubuh mereka. Keterampilan ini penting karena orang tua dan pengasuh lainnya menghabiskan sebagian besar hari menangani balita. Mulai dari sepatu balita, menyeka hidung mereka, hingga memegang tangan mereka.

Karena orang tua menghabiskan begitu banyak waktu untuk merawat balita dan tubuh mereka, maka tidak mengherankan bahwa saat balita mencapai 1 atau 2 tahun, mereka dapat mengidentifikasi beberapa bagian tubuh.

Dan pada saat mereka mencapai usia 2 atau 3 tahun, anak-anak kecil memang sudah harus dapat mengidentifikasi banyak bagian tubuh.

Justin Richardson, M.D., profesor psikiatri klinis di Universitas Cornell dan Columbia, mengatakan bahwa sangat wajar pula kalau anak balita mulai penasaran dengan bagian tubuhnya. Menurutnya, ketertarikan itu bisa muncul saat Si Kecil main atau mandi bersama dengan teman sebaya.

Baca Juga: 4 Cara Mengajarkan Gaya Hidup Vegan Pada Balita

Bagaimana Balita Mengidentifikasi Bagian Tubuh?

adorable-baby-babysitter-1257110 (1).jpg

Apa artinya bagi balita, terutama yang nonverbal, untuk mengidentifikasi bagian-bagian tubuh? Untuk balita kecil yang mungkin tidak menggunakan banyak kata, mengidentifikasi berarti menunjuk ke bagian tubuh yang tepat ketika ditanya, misalnya, "Di mana tanganmu?".

Memberi isyarat pada tangan adalah yang perlu dilihat orang tua untuk menyadari bahwa seorang anak telah mengembangkan keterampilan ini.

Begitu balita mulai menggunakan lebih banyak kata, mereka akan mulai mengidentifikasi bagian-bagian tubuh dengan menamai mereka ketika ditanya, "Apa sebutan bagian tubuh ini?".

Ketika mereka menjadi lebih verbal, beberapa balita bahkan mungkin bertanya tentang nama-nama bagian tubuh tertentu, seperti apa yang membedakan jari kelingking dari jari telunjuk.

Baca Juga: Mengajarkan Bahasa Inggris kepada Anak Sejak Balita

Bagaimana Orang Tua Dapat Mendorong Pengembangan Keterampilan Ini?

adorable-beautiful-blur-1586039.jpg

Orang tua dan pengasuh balita dapat mengambil sejumlah langkah untuk membantu anak kecil mengenali bagian tubuh mereka. Mereka dapat memberi nama bagian tubuh saat mereka menjalani hari.

Ketika orang tua mengusap hidung balita, mereka dapat menyebutkan nama bagian tubuh yang berada di tengah-tengah wajah. Ketika orang tua meminta tangan seorang anak sebelum menyeberang jalan, mereka dapat ragu sejenak dan menunggu anak itu mengulurkan lengannya dan memberikannya.

Orang tua juga dapat menggunakan waktu mandi untuk memberi nama setiap bagian tubuh ketika sedang dicuci atau membaca buku papan yang sesuai usia tentang bagian tubuh.

Orang tua juga dapat memainkan game yang melibatkan bagian tubuh. Mereka dapat menciptakan game baru atau mengadaptasi game yang ada.

Pastikan balita memiliki akses ke cermin, sebaiknya yang panjangnya penuh sehingga ia dapat melihat dan menjelajahi tubuhnya. Orang tua juga dapat membuat kolase bagian tubuh dengan memotong gambar dari majalah dan membiarkan anak menempelkannya di atas kertas.

Baca Juga: Moms, Begini Cara Mengajarkan 5 Kebiasaan Makan Sehat pada Balita

Cara-cara tersebut sangat efektif untuk mengajarkan bagian tubuh pada balita. Semakin hari, Si Kecil akan semakin fasih. Selamat mencoba!

(TPW)

Artikel Terkait