RUPA-RUPA
2 Juni 2019

Begini Cara Mengatur Budget Libur dalam Setahun

Penting biar kantong nggak kering setelah liburan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Selain mengatur budget untuk kebutuhan sehari-hari rumah tangga, ada satu lagi pengaturan budget yang tidak boleh Moms lewatkan, yaitu budget untuk liburan.

Meski terdengar kurang urgent, liburan adalah salah satu cara yang membantu kita beristirahat sejenak dari kepenatan pekerjaan dan menyegarkan kembali pikiran yang jenuh. Bila pikiran sudah disegarkan kembali, maka kita pun akan lebih semangat dalam bekerja. Jadi, sangat penting loh Moms.

Berbicara mengenai liburan, tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan direncanakan, mulai dari destinasi wisata, transportasi yang akan digunakan, penginapan selama liburan, hingga keperluan makan dan jajan. Semua biasanya diatur dalam budget liburan.

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Budget Mudik Agar Masih Ada Sisa Setelahnya

Memang menyusun budget liburan bukan hal yang mudah, apalagi budget liburan selama satu tahun. Namun dengan mengikuti tips-tips di bawah ini, dijamin liburan akan menyenangkan dan pengeluaran tidak membengkak. Yuk langsung cari tahu Moms!

1. Tentukan Banyaknya Liburan

budget liburan, budgeting liburan

Pertama, tentu kita harus menentukan terlebih dahulu berapa kali liburan dalam satu tahun yang kita inginkan. Hal ini sangat penting, karena akan berpengaruh langsung pada budget yang akan kita susun.

Cara mudahnya dengan menentukan berdasar pada tanggalan kalender. Tentukan di tanggal dan bulan berapa saja kita akan mengambil waktu liburan panjang. Perhitungkan juga berapa lama waktu liburannya.

Dengan begitu menentukan budget yang diperlukan untuk liburan setahun pun lebih gampang.

2. Tentukan Destinasi yang Diinginkan

budget liburan, budgeting liburan

Setelah tahu berapa kali akan liburan dan berapa lama waktu yang akan diambil, saatnya menentukan desinasi liburan!

Hal ini sekaligus menjadi hal yang paling seru. Coba tentukan destinasi berdasarkan tempat-tempat yang sedang hype dan belum pernah dikunjungi. Apakah itu di luar negeri atau di dalam negeri, bisa juga campuran keduanya.

Misalnya Moms dan keluarga ingin mengunjungi Labuan Bajo dan Singapura. Dari sini, kita juga bisa menentukan itinerary atau tempat-tempat yang akan dikunjungi pada destinasi wisata tersebut dan cari penginapan yang diinginkan. Seru kan Moms!

3. Perhitungkan Pengeluaran yang Dibutuhkan

budget liburan, budgeting liburan

Langkah Moms dalam menyusun budget liburan selama setahun pun dapat semakin mudah dilakukan. Dari itinerary dan penginapan yang dipilih, Moms bisa langsung menjabarkan rincian perkiraan biaya yang diperlukan.

Setelah didaftar satu per satu, maka akan terlihat berapa kira-kira pengeluaran yang dibutuhkan. Setelah mendapat angka yang kira-kira diperlukan, langkah selanjutnya adalah menabung!

Baca Juga: 10 Tempat Liburan Akhir Tahun yang Cocok untuk Balita

4. Pisahkan Budget untuk Liburan

budget liburan, budgeting liburan

Akhirnya kita sampai pada tahapan menabung. Yup, untuk menyiapkan budget liburan, kita tentunya harus menabung secara rutin dari pendapatan yang didapat.

Nah, dalam menabung juga ada hal penting yang harus diperhatikan. Agar budget liburan kita terpenuhi, pisahkan tabungan untuk liburan dan tabungan lainnya.

Pastikan kita mempunyai satu wadah khusus untuk menyimpan uang budget liburan. Dengan begitu, uang yang dibutuhkan pun tidak akan tercampur dengan pengeluaran lainnya.

Jika sudah terpenuhi, maka kita pun tinggal menunggu waktu liburan datang dan bersiap-siap untuk berpetualang.

Mudah dan sederhana kan Moms tipsnya. Jika dilakukan dengan baik dan benar, maka liburan impian pun bukan hanya angan belaka. Ingat untuk rajin menabung ya Moms!

(AWD/IRN)

Artikel Terkait