KESEHATAN
2 Oktober 2019

Begini Cara Mengobati Angin Duduk yang Harus Moms Ketahui

Pernah merasa nyeri di bagian dada dan menjalar hingga ke punggung? Mungkin saja Moms terserang angin duduk. Begini cara mengobati angin duduk!
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Angin duduk alias angina pectoris bukan masuk angin biasa. Kategorinya sedikit lebih dekat ke serangan jantung. Dan bahayanya sebelas dua belas, Moms!

Sebelum mengetahui cara mengobati angin duduk, ada baiknya kita berkenalan dengan yang namanya angin duduk. Simak penjelasannya di sini, yuk.

Baca Juga: Berbeda dengan Masuk Angin, Kenali Gejala dan Penyebab Angin Duduk

Apa itu Angin Duduk?

Angin duduk .jpg

Angin duduk adalah kondisi kurangnya asupan oksigen ke otot-otot jantung. Biasanya diakibatkan pengerasan atau penyempitan pada pembuluh darah koroner. Kondisi ini bisa menyebabkan aliran darah yang membawa pasokan oksigen terhambat.

Dampaknya timbul gejala nyeri dada yang menjalar sampai leher, lengan, dan punggung. Disertai gejala lain seperti mual, pusing, lelah, juga gelisah.

Angin duduk atau angina tidak boleh disepelekan. Penyakit yang kerap datang secara tiba-tiba ini bisa menimbulkan komplikasi yang membahayakan bahkan sampai merenggut nyawa. Itu sebabnya angin duduk dijuluki sebagai ‘silent killer’.

Baca Juga: Moms, Inilah Gejala Angin Duduk

Jenis Angin Duduk

wbz-what-is-angina.jpg

Angin duduk terdiri dari 3 (tiga) jenis. Jenis angin duduk ini berkaitan dengan cara mengobati angin duduk yang tepat. Oleh karena itu, sebelum Anda mencari tahu obat angin duduk, ketahui terlebih dahulu jenis-jenis penyakit angin duduk berikut ini:

Angin Duduk Stabil

Angin duduk stabil diakibatkan penyempitan pembuluh darah koroner pasca melakukan aktivitas berat seperti berolahraga. Namun, gejala angin duduk stabil ini biasanya akan menghilang setelah Anda beristirahat.

Angin Duduk Tidak Stabil

Merupakan perkembangan dari angin duduk stabil dan dipicu oleh adanya penimbunan lemak atau pembekuan darah yang menghambat aliran darah menuju jantung.

Angin duduk tidak stabil berpotensi mengakibatkan serangan jantung apabila penderita tidak segera mendapat pertolongan.

Angin Duduk Prinzmetal

Pada angin duduk prinzmetal atau angin duduk varian, terjadi penyempitan pembuluh darah arteri akibat pembuluh darah yang kaku (spasme). Dampaknya, aliran darah yang membawa oksigen ke jantung menjadi terhambat.

Angin duduk prinzmetal dapat terjadi kapan saja. Jenis angin duduk ini bersifat sementara dan dapat dihilangkan dengan mengonsumsi obat angin duduk.

Jenis Obat yang Dikonsumsi Apabila Mengalami Angin Duduk

Sekarang, Moms sudah tahu penyebab dan jenis-jenis angin duduk. Nah, berikut ini adalah beberapa obat masuk angin duduk yang bisa Moms konsumsi apabila mengalami keadaan ini.

Nitrat

Nitrat merupakan salah satu obat masuk angin duduk yang direkomendasikan. Obat ini berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah yang mengalami penyempitan.

Tak hanya mengatasi, nitrat juga bisa mencegah terjadinya angin duduk. Oleh karena itu, bagi orang yang memiliki riwayat angin duduk disarankan untuk mengonsumsi obat angin duduk ini sebelum melakukan aktivitas yang dapat memicu angin duduk.

"Pandangan pribadi saya adalah bahwa obat-obatan ini kurang dimanfaatkan secara serius. Nitrat memiliki manfaat besar baik untuk penyakit jantung kronis yang stabil dan untuk gagal jantung," kata Dr. James Januzzi, profesor kedokteran di Harvard Medical School dan direktur unit perawatan jantung intensif di Rumah Sakit Umum Massachusetts.

Obat Pencegah Pembekuan Darah

Salah satu penyebab angin duduk adalah terjadinya pembekuan darah. Jika kondisi ini yang menyebabkan angin duduk, maka mengonsumsi obat pencegah darah membeku adalah cara mengobati angin duduk yang tepat.

Obat-obatan dari golongan ticagrelor dan clopidogrel yang berperan untuk memisahkan keping darah sehingga tidak mengalami penggumpalan atau pembekuan bisa jadi pilihan.

Ivabradine

Ivabradine adalah obat angin duduk yang berfungsi sebagai penangkal efek hormon adrenalin sehingga tekanan darah di area jantung menurun yang otomatis diikuti pula oleh penurunan irama jantung.

“Dengan begitu, beban kerja jantung menjadi tidak berat,” kata Dr Michal Tendera, dari Universitas Kedokteran Silesia, Katowice, Polandia

Penghambat Beta

Obat penghambat beta (beta-blocker) berfungsi yang sama dengan ivabradine, yaitu untuk menangkal efek hormon adrenalin yang menjadi pemicu meningkatnya tekanan darah hingga menyebabkan beban kerja jantung bertambah.

"Dengan beta blocker, angina menjadi lebih baik. Irama jantung pun terasa lebih baik," kata Dr. Mouin Abdallah, ahli jantung di Cleveland Clinic

Penghambat Saluran Kalsium

Penghambat saluran kalsium adalah jenis obat yang juga umum dijadikan cara mengobati angin duduk manakala gejala angin duduk menyerang. Obat angin duduk ini bertugas untuk melancarkan aliran darah di area jantung. Selain itu, obat penghambat saluran kalsium efektif melemaskan otot dinding pembuluh darah.

Nitrogliserin

Nitrogliserin adalah vasodilator yang berfungsi untuk membuka pembuluh darah yang menyempit dan meningkatkan aliran darah menuju jantung. Nitrogliserin efektif untuk meredakan gejala angin duduk seperti nyeri dada akibat tidak lancarnya pasokan darah untuk jantung.

Nitrogliserin terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:

  • Nitrogliserin aksi cepat, berfungsi untuk meredakan gejala angin duduk
  • Nitrogliserin aksi lambat, berfungsi untuk mencegah angin duduk terjadi

Nah, itulah penjelasan tentang angin duduk dan aneka cara mengobati angin duduk yang harus Moms ketahui. Sekarang, Moms lebih paham, ya?

Baca Juga: Angin Duduk Pada Wanita, Bahaya Besar yang Kerap Disepelekan

(RYO/DIN)

Artikel Terkait