PERNIKAHAN & SEKS
20 Juni 2019

Begini Peluang Hamil Pasangan dengan Diagnosis Unexplained Infertility

Apakah pasangan yang memiliki masalah infertilitas masih bisa hamil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina
Disunting oleh Dina

Secara umum, infertilitas didefinisikan sebagai ketidakmampuan pasangan untuk hamil secara alami setelah berhubungan seks secara rutin selama lebih dari 12 bulan.

Penyebab dari ketidakmampuan tersebut bisa berasal dari masalah kesuburan pada pria ataupun pada perempuan. Namun, ada kalanya penyebab infertilitas tersebut tidak diketahui. Hal ini terjadi setelah dokter melakukan tes kesuburan pada suami dan istri, dan hasilnya memperlihatkan aspek-aspek kesuburan pada keduanya normal.

Infertilitas yang Tidak Dapat Dijelaskan

Begini peluang hamil pasangan dengan diagnosis unexplained infertility 01.jpeg

Pada kondisi seperti itu, dokter akan memberikan diagnosis unexplained infertility atau infertilitas yang tidak bisa dijelaskan.

Dikutip dari situs web Huffington Post, sekitar 20−30 persen pasangan yang mengalami masalah infertilitas mendapat diagnosis unexplained infertility.

Diagnosis unexplained infertility memang terdengar seperti kondisi yang berat bagi pasangan yang mendapatkannya. Tetapi, Dr. Allison Rodgers dari Fertility Centers of Illinois mempunyai pendapat yang sedikit berbeda.

Menurut Rodgers, diagnosis tersebut sebenarnya bisa berarti positif. Ia menjelaskan, lebih baik tidak menemukan apapun daripada menemukan masalah yang serius. Hanya, dokter memang harus melakukan upaya lebih lanjut untuk meneliti penyebab infertilitas pada Moms dan Dads.

Baca Juga: Masalah Reproduksi Ini Penyebab Infertilitas Pria!

Peluang Pasangan dengan Diagnosis Unexplained Infertility untuk Memiliki Keturunan

Begini peluang hamil pasangan dengan diagnosis unexplained infertility 02.jpg

Peluang rata-rata pasangan yang subur untuk dapat hamil adalah 20 persen. Bagi pasangan dengan diagnosis unexplained infertility, peluang untuk dapat hamil tanpa perawatan khusus antara 1 dan 4 persen.

Karena peluang yang sangat kecil itu, banyak pasangan diagnosis unexplained infertility kemudian memilih menjalani program hamil dengan teknologi reproduksi berbantu seperti in vitro fertilization (IVF).

Namun, Rodgers mengatakan, sebaiknya Moms dan Dads dengan diagnosis unexplained infertility tidak buru-buru langsung memilih jalur kehamilan dengan intervensi maksimal seperti IVF. “Pasangan yang berhasil hamil dengan intervensi minimal juga ada, kok. Kita tidak akan tahu kalau tidak mencobanya,” ujar Rodgers.

Baca Juga: Bisa Jadi Alternatif Promil, Ini 4 Pilihan Cara Mengatasi Infertilitas

Peluang Hamil Tanpa Intervensi Medis

Begini peluang hamil pasangan dengan diagnosis unexplained infertility 03.jpg

Pasangan dengan diagnosis unexplained infertility yang menjalani program hamil tanpa intervensi apa pun selain mengubah pola hidup mereka akan memiliki peluang hamil 30−60 persen setelah tiga tahun.

Perubahan yang dilakukan misalnya mengganti asupan makan harian dengan makanan yang lebih bermanfaat bagi kesuburan, seperti makanan organik, ikan laut, dan makanan berserat tinggi. Moms dan Dads juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen yang mendukung kesuburan.

Baca Juga: Waspada Masalah Infertilitas Jika Belum Hamil Setelah Satu Tahun Menikah

Berbagai studi membuktikan bahwa langkah tersebut efektif dalam menyehatkan organ-organ maupun sistem reproduksi di tubuh Moms. Upaya tersebut juga disebut berhasil menurunkan lebih dari 80 persen masalah infertilitas yang disebabkan oleh gangguan ovulasi.

(AN)

Artikel Terkait