EVENT
21 Agustus 2019

Bekal Babywearing untuk Para Moms Orami Community yang Baru Memiliki Anak

Anak dan ibu harus sama-sama merasa nyaman
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Untuk para ibu yang baru memiliki buah hati, babywearing bisa menjadi bekal yang bagus untuk mengasuh anak nantinya.

Terlebih lagi, mungkin Moms akan sering melakukan hal satu ini. Emang apa sih babywearing?

Babywearing dikenal juga dengan sebutan menggendong bayi. Yup, sesederhana itu memang, namun sangat penting melakukannya dengan benar dalam mengasuh anak.

Jika salah, bisa saja kita menyakiti Si Kecil dan diri sendiri secara tidak langsung.

Baca Juga: Buat Foto Produk Tambah Aesthetic, Ini Keseruan Workshop Photography Orami Community

Nah, karena pertimbangan ini, Orami Community akhirnya mengadakan Kopdar bertajuk Babywearing untuk para Moms yang baru memiliki bayi atau sudah memiliki bayi. Event kali ini diadakan langsung pada 10 Agustus 2019 lalu, di KALCare Lotte Shopping Avenue.

Kopdar kali ini menghadirkan langsung Indah Siauw, certified babywearing consultant dari School of Babywearing 2019. Jadi, ilmu untuk menggendong anak yang didapatkan oleh para Moms, didapatkan langsung dari ahlinya lho. Yuk kita intip keseruannya kemarin, Moms.

Apa Itu Babywearing?

WhatsApp Image 2019-08-19 at 3.50.09 PM (1).jpeg

Foto: Orami.com/Arif Budiman

Karena begitu penting cara untuk menggendong bayi yang baik dan benar, para ibu dari Orami Community tampaknya sangat bersemangat. Kursi-kursi di ruang acara pun penuh terisi dengan para ibu yang juga membawa serta anaknya. Beberapa bahkan mengajak suaminya, mungkin si Dads mau belajar juga kali ya. Hihi.

Acara dibuka dengan beberapa kata sambutan dan pastinya pembagian goodie bag berupa produk-produk dari Bambi yang tentunya aman bagi bayi, bagi beberapa Moms yang beruntung.

Sebagai informasi, Bambi menyediakan berbagai produk perawatan kulit untuk Si Kecil. Selain itu, ada juga produk baru dari Bambi berupa Bambi Moms Anti Stretch Mark Cream yang berguna untuk menyamarkan dan menghilangkan stretch mark akibat kehamilan.

“Keunggulan dari produk Bambi ini ada pada bahan-bahannya yang berkualitas dan sudah lulus uji standar internasional. Selain itu produknya juga halal,” ujar Asa, brand strategist dari Bambi.

Nah, ini salah satu kelebihan dari bergabung bersama WhatsApp Group Orami Community dan ikut dalam setiap acaranya, Moms. Sering ada pembagian goodie bag, berisi berbagai kebutuhan Moms dan Baby. Asik ya!

Baca Juga: Rayakan Hari Anak Nasional, Orami Community Adakan Movie Day Out The Lion King!

Kemudian, Indah Siauw mulai masuk dan membawakan materi tentang babywearing. Sebelum masuk lebih dalam kemateri, persepsi para Moms tentang babywearing harus disamakan terlebih dahulu. Apalagi untuk yang belum tahu, agar tidak salah mengerti.

“Babywearing itu bukan tentang apa pakaian yang dikenakan oleh anak ya, tapi merujuk pada cara menggendong anak dengan menggunakan gendongan,” tutur Indah Siauw, certified babywearing consultant, School of Babywearing 2019.

Setelah menjelaskan pengertian tentang babywearing, ia pun masuk lebih dalam mengenai apa saja yang perlu diperhatikan dalam menggendong anak.

Seperti posisi menggendong anak yang nyaman seperti apa, bagaimana kita harus meletakkan anak dalam gendongan, dan tentunya cara menggunakan gendongan itu sendiri.

Meskipun terlihat sepele, hanya menggendong anak menggunakan sebuah gendongan ternyata merupakan pekerjaan yang cukup sulit lho Moms.

Kita harus tahu bagaimana posisi yang tepat agar tidak hanya anak yang merasa nyaman, namun kita sebagai ibu yang menggendong juga merasa nyaman.

Selain itu, dijelaskan juga apa manfaat dari menggendong anak, tentu untuk Moms dan Si Kecil sendiri juga. Yang pasti menggendong bayi itu termasuk salah satu tugas Moms yang sulit lho.

Baca Juga: Raditya Dika Kaku Saat Gendong Anak, Ketahui 6 Cara Menggendong yang Mudah dan Aman Ini

Praktik Menggunakan Jarik

WhatsApp Image 2019-08-19 at 3.50.11 PM.jpeg

Foto: Orami.com/Arif Budiman

Setelah belajar mengenai cara yang baik dan benar untuk menggendong bayi, nggak lengkap dong kalau tidak dipraktikkan. Makanya, agar para Moms bisa lebih mengerti, dipraktikkanlah cara menggendong bayi menggunakan jarik.

Memilih gendongan jarik, karena jenis gendongan bayi inilah yang dinilai memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Sedangkan jenis gendongan lainnya tentu tidak terlalu sulit karena sudah didesain dengan sedemikian rupa untuk mempermudah para ibu saat menggunakannya.

Cara menggendong anak dengan jarik sebenarnya cukup mudah. Paling pertama yang harus Moms perhatikan adalah panjang dari jarik itu sendiri.

“Pilihlah jarik yang memiliki panjang minimal lebih dari 2 meter. Ini adalah panjang yang aman untuk para Moms menggendong bayi,” ucap Indah Siauw.

Baca Juga: Kopdar Orami, Seberapa Banyak Dana Darurat yang Harus Disiapkan Keluarga?

Selanjutnya pasang jarik di bahu atas sebelah kanan dan bagian satunya lagi, masukkan lewat bagian bawah kiri atau bisa juga sebaliknya sesuai dengan tingkat kenyamanan Moms. Setelahnya kedua sisi ini kita sebut sebagai sisi aktif dan sisi pasif, sisi aktif yang bagian bawah, dan pasif di bagian atas.

Sisi pasif tidak perlu digerakkan, Moms harus mengambil sisi aktif jarik lalu bawa ke atas dan masukkan ke bagian dalam, tarik ke atas dan keluarkan. Selanjutnya, dari bawah tarik ke atas, dan ikat. Sudah jadi.

Perlu diketahui, kesalahan Moms yang membuat jarik longgar dan sering melorot adalah memberikan tempat untuk meletakkan anak yang terlalu besar. Jadi, tempat untuk meletakkan anak nantinya dibuka secukupnya saja.

Kemudian, Moms bisa memasukkan anak secara perlahan dalam jarik, di mulai dari kaki terlebih dahulu, baru tubuhnya. Setelah masuk juga jangan langsung dudukkan anak, cari posisi kaki yang enak dulu untuk Si Kecil, baru Moms dudukan.

“Dijamin anak akan merasa nyaman saat digendong oleh ibu,” tutup Indah.

Artikel Terkait