TREN
10 Juli 2018

Belajar Bikin Kue? Ini 8 Peralatan Membuat Kue yang Harus Dimiliki

Tak sulit kok menemukannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Bagi Moms yang pemula membuat kue, salah satu hal yang sering membuat bingung adalah mempersiapkan berbagai peralatan membuat kue.

Tak perlu bingung, ada beberapa peralatan membuat kue yang banyak digunakan dalam membuat makanan yang satu ini. 

Cara ini akan memudahkan Moms menyiapkan dan mengolah bahan-bahan yang sudah tersedia. Beberapa peralatan membuat kue tersebut antara lain:

1. Mangkuk adonan

shutterstock 244437802

Akan membuat campuran adonan yang banyak maupun sedikit, mangkuk sebagai wadah untuk mencampur tetap diperlukan.

Moms bisa menggunakan mangkuk berbahan plastik, keramik, ataupun stainless steel.

Besar kecilnya mangkuk yang perlu disiapkan sangat bergantung pada seberapa banyak bahan-bahan yang akan diolah.

2. Alat pengukur

Salah satu peralatan membuat kue yang tak boleh ketinggalan adalah alat pengukur. Fungsi dari alat ini adalah untuk menimbang seberapa banyak bahan yang diperlukan.

Moms bisa menggunakan alat pengukur yang bisa mengukur berat tepung, gula, mentega dan sebagainya. Biasanya alat pengukur ini terbuat dari bahan plastik ataupun kaca karena mudah terlihat.

Namun tidak menutup kemungkinan ada yang terbuat dari bahan stainless steel, Moms hanya tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan. Ada juga cangkir pengukur yang bisa digunakan untuk mengetahui jumlah air, misalnya Moms perlu menyiapkan 1/2 cangkir air atau hanya ¼ cangkir.

3. Alat pencampur

shutterstock 417700717

Ada adonan yang perlu dicampur dengan tangan kosong, tapi ada juga yang perlu menggunakan alat pencampur. Alat pencampur adonan inipun ada yang manual, ada yang elektrik.

Alat pencampur manual biasanya memiliki pegangan berbahan kayu atau stainless steel, dan dilengkapi lilitan untuk mengaduk adonan. Alat pencampur elektrik biasa dikenal dengan mixer.

Kapan Moms menggunakan alat-alat tersebut, tergantung pada adonan apa yang hendak Moms buat dan alat apa yang tertera pada resep untuk digunakan.

Baca Juga : Tips Anti Gagal Membuat Kue Kering

4. Loyang

Saat adonan telah selesai dibuat, Moms perlu meletakkannya di atas loyang-loyang sesuai keinginan. Ada loyang yang berbentuk kotak, persegi panjang, bulat, dan sebagainya.

Pada umumnya, untuk membuat kue-kue kering Moms membutuhkan cetakan yang lebih khusus seperti bentuk bintang, segitiga, hati, pohon cemara, dan sebagainya. Hasil cetakan itu juga perlu Moms letakkan di atas loyang.

5. Sendok, spatula, kuas

shutterstock 243518284

Meskipun ukurannya kecil-kecil, namun keberadaannya cukup penting. Saat Moms perlu mencampurkan adonan di baskom, meratakan mentega ke loyang atau kue, atau sekedar mengoleskan perasa, sendok, spatula, atau kuas bisa membantu Moms.

Baca Juga : 5 Tips Mudah Merawat Peralatan Dapur Dari Plastik

6. Alat pemasak kue

Apakah adonan yang sudah Moms siapkan perlu dipanggang dengan oven atau dikukus? Moms perlu menyiapkannya terlebih dahulu sesuai kebutuhan Moms.

Ukuran oven dan alat pengukus kue bisa bermacam-macam. Moms bisa menyesuaikan dengan jumlah kue yang Moms buat dengan peralatan membuat kue tersebut.

7. Nampan

shutterstock 66691822

Biasanya setelah kue matang dan kondisinya masih panas, Moms tidak perlu langsung menghidangkannya.

Moms bisa meletakkan kue-kue yang sudah matang tadi di atas nampan lebar dan permukaannya rata supaya cepat dingin dan bisa dihidangkan. Nampan tersebut biasanya terbuat dari bahan stainless steel karena cukup tahan panas.

8. Timer

Penggunaan alat ini akan membantu Moms mengatur waktu yang diperlukan untuk memanaskan bahan, menghancurkan adonan, memanggang dan mengukus kue.

Itulah beberapa peralatan membuat kue yang perlu dipersiapkan bagi Moms yang ingin belajar memasak.

Yang terpenting adalah siapkanlah terlebih dahulu peralatan yang sudah tersedia di dekat Moms, supaya proses memasak berjalan dengan baik.

Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan peralatan tersebut supaya tidak sampai karatan, jamuran, pecah ataupun bocor.

Jika semua peralatan awet dan belajar memasakpun berjalan lancar, siapa yang tidak senang?

(BILNA)

Artikel Terkait