SHOPPING
18 April 2019

Belajar Jadi Ayah yang Selalu Dukung Ibu dalam Kopdar Grup Orami Newborn

Peran ayah untuk ibu itu sangat penting lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline
Disunting oleh Adeline

Orami Moms Community kembali hadir dengan event Kopdar untuk Newborn Moms. dalam kesempatan kali ini, topik yang dibawakan adalah ‘Menjadi Ayah yang Suportif untuk Ibu’.

Acara yang digelar di JSC Hive, Jakarta Selatan, Sabtu (13/4) pagi lalu, dihadiri oleh 27 pasang pasutri, beserta dengan anak-anaknya.

Acara dengan konsep talkshow ini, menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Rahmat Hidayat dari AyahASI Indonesia dan Tim Spalosophy, dengan dimoderatori oleh Deisy Primasari.

Keduanya membahas berbagai hal yang harus ayah lakukan untuk mendukung ibu dalam mengurus anak, tentu dengan tetap menjaga romantisme hubungan keduanya.

Event yang berlangsung dari pukul 10.00 WIB ini dibukan dengan kata sambutan Bunga Mega selaku Head of Community dari Orami. Setelah itu, acara segera dimulai karena pasutri sudah terlihat antusias dan tidak sabar mendapatkan tips-tips bermanfaat.

Baca Juga: Serunya Kopdar Perdana Group Orami Toddler

Bagaimana Menjadi Ayah yang Suportif untuk Ibu?

img 9214

Menurut Rahmat Hidayat, menjadi seorang ayah yang suportif adalah dengan menyenangkan pasangan atau dalam konteks ini adalah istri.

Menyenangkannya pun tidak perlu dengan membalikan tas-tas mahal atau baju mahal, tapi cukup dengan membantu. Membantu istri mencuci piring, memandikan anak atau menggendong anak saat Si Kecil sedang rewel.

“Memang sudah menjadi kodrat laki-laki untuk dipersiapkan menjadi seorang suami kelak. Tetapi tetap saja ada rasa gagap saat mempunyai anak,” ucap Rahmat.

Padahal ayah juga harus tahu, bahwa istri akan lebih senang jikalau sang suami berinisiatif untuk membantu mereka tanpa perlu disuruh. Inilah hal yang akan diakui oleh semua ibu-ibu di luar sana.

“Tapi ibu-ibu di luar sana juga harus tahu, bapak-bapak itu sebenarnya gak punya inisiatif. Harus disuruh, nggak bisa kalau pake kode-kode. Harus dikomunikasikan dan tak perlu kode-kodean. Jadi harus langsung ngomong,” jelas Rahmat Hidayat.

Baca Juga: 6 Hal Inilah yang Membuat Peran Ayah Begitu Penting Dalam Mendidik Anak

Peran Komunikasi dalam Hubungan Suami Istri

img 9243

Menurut Rahmat, laki-laki memiliki ego yang tinggi. Bagi suami, memandikan anak bisa berarti main air bersama anak. Sedangkan untuk istri, memandikan anak adalah tugas yang penting dan ada peraturan-peraturan khusus yang harus diperhatikan.

Hal-hal seperti inilah yang harus dikomunikasikan dengan baik, jangan hanya memberi perintah saja, karena apa yang suami pikirkan, belum tentu sama dengan apa yang istri pikirkan.

Solusinya, harus ada pembagian tugas yang jelas. Pembagian peran harus dibicarakan sejak awal. Misalnya tentang tumbuh kembang anak ke depannya, tentang sekolah dan berbagai masalah lainnya, yang memang perlu didiskusikan.

Namun kebanyakan pasangan suami istri, cenderung tidak membicarakan hal-hal seperti itu. Pada akhirnya, keduanya akan saling menyalahkan hingga terjadinya perang dingin dan ujungnya bertengkar. Oleh karena itu, Moms dan Dads harus saling terbuka dalam membicarakan hal mengurus anak, ya.

Baca Juga: Agar Pernikahan Langgeng, Ikuti 5 Tips Komunikasi dengan Pasangan Seperti Ini

Berikan Pijatan Pada Istri Agar Lebih Rileks

kopdar3

Selain hal-hal di atas, Spalosophy juga mengajarkan suami satu hal yang akan sangat bermanfaat dan berguna untuk membantu istri saat lelah menjaga Si Kecil, yaitu dengan memberikan sebuah pijatan.

Pijatan juga dapat membantu pasutri untuk menjaga jarak yang terbentuk, akibat istri terlalu sibuk mengurus anak, sehingga suami merasa kurang diperhatikan. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan pijat oksitosin.

Oksitosin sebenarnya adalah hormon di dalam tubuh, yang berguna untuk membantu ibu melancarkan ASI. Dikatakan, untuk memproduksi ASI yang banyak, Moms harus berada dalam keadaan tenang dan santai. Jika Moms selalu cemas, khawatir, atau gelisah, ASI tidak akan keluar.

Solusinya, Dads harus melakukan pijat oksitosin, sehingga istri bisa merasa support suami dalam mengurangi rasa lelahnya. Dengan kata lain, bentuk dukungan langsung dari suami. Sehingga hubungan yang harmonis dan romantis pun dapat tetap terbina dengan baik.

Tidak hanya kopdar bagi para Moms dengan newborn baby, Orami juga pernah mengadakan kopdar untuk toddler dan ibu hamil. 

Beberapa keuntungan bisa Moms dapatkan jika ikut bergabung dalam grup WhatsApp ini, seperti informasi seputar diskon, event, tips inspiratif, kuis, dan juga live chat with expert seperti dokter kandungan, dokter anak, psikolog, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

Bila Moms tertarik untuk bergabung di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 untuk informasi lebih lanjut. Yuk gabung di WhatsApp Group Orami Moms Community dan dapatkan banyak keuntungan!

(ADW/INT)

Artikel Terkait