SELEBRITI
12 Januari 2019

Belajar Menjadi Ibu Lewat 5 Tokoh Kartun Ini

Kartun juga bisa jadi pelajaran bagi orangtua
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Menjadi istri adalah sebuah peran, hamil adalah sebuah kodrat, dan tapi jadi ibu adalah keharusan. Paling tidak begitulah takdir seorang wanita. Fase terakhir dari wanita adalah menjadi ibu.

Meski sudah jadi keharusan, ternyata menjadi ibu juga tak gampang dan butuh belajar. Tak harus melulu lewat buku, belajar jadi ibu juga bisa ditelateni lewat tokoh kartun.

Belajar lewat tokoh kartun bisa jadi sesuatu yang menyenangkan, apalagi didukung karakter kartun yang jenaka. Jadilah proses pembelajaran yang riang dan materi lebih gampang diserap. Selain itu, alur cerita yang mudah juga jadi nilai positif lain dari tokoh kartun.

Tentu tak semua tokoh kartun bisa dijadikan referensi pembelajaran yang baik, dan berikut 6 tokoh kartun yang layak menjadi referensi menjadi ibu yang baik.

Marge Simpson, The Simpson

belajar menjadi ibu lewat tokoh kartun ini marge simpson
youtube.com

Di antara serial kartun yang masih banyak digemari yaitu The Simpson. Satu tokoh kartun yang patut disorot dari serial animasi ini terkait ibu adalah Marge Simpson.

Dikisahkan Marge Simpson adalah sosok ibu yang penyabar juga penyayang. Tak hanya merawat tiga anaknya, Merge Simpson kadang juga harus merawat suaminya Homer yang begitu pemalas.

Mrs. Jumbo, Dumbo

belajar menjadi ibu lewat tokoh kartun ini mrs. jumbo
wikia.com

Karakter kartun lain yang juga bisa dianut adalah Mrs. Dumbo dari film kartun Dumbo. Dari apa yang diperlihatkan Mrs. Dumbo yaitu rasa sayangnya pada anak satu-satunya yang dipunya, Dumbo.

Mrs. Dumbo merupakan ibu yang begitu protektif pada anaknya, ini berguna untuk melindungi anaknya dari kemungkinan jadi mangsa binatang lain.

Sang Ratu, Brave

the queen disney
disney.wikia.com

Putri Merida adalah anak perempuan dari kepala suku bangsa Viking. Karakter ayahnya yang begitu sembrono tertutupi oleh kecerdikan sang ratu dalam mengatur rumah tangga.

Bahkan hingga suatu saat sang ratu terkena kutukan oleh penyihir dan menjadi beruang. Meski berubah jadi beruang, sang ratu tetap membela Merida ketika sedang disekap musuh.

Elastigirl, The Incredible

elastigirl
thetelegraph.co.uk

Satu contoh tokoh kartun yang patut ditiru adalah ibu muda bernama Hellen Parr berjuluk Elastigirl dari The Incredible. Dengan kemampuan supernya, Elastigirl tak hanya jadi pelindung buah hati, tapi juga masyarakat.

Jika dilihat seksama, Elastigirl memang sosok wanita yang selalu buru-buru mengambil keputusan, tapi di sisi lain adalah sosok ibu yang begitu bijaksana.

Ibu Bambi, Bambi

belajar menjadi ibu lewat tokoh kartun ini ibu bambi
thedisneygaze.blogspot.com

Layaknya seorang pengasuh, ibu Bambi merupakan sosok ibu bagi semua karakter hewan dari film animasi berjudul Bambi. Tak Cuma bagi Bambi yang merupakan seekor kelinci, ibu Bambi juga merawat hewan lain seperti kelinci, burung, dan lainnya.

Digambarkan, ibu Bambi merupakan sosok ibu yang punya pengetahuan luas dengan mengajar apapun tentang kehidupan di hutan.

 

Dari lima sosok ibu di atas bisa ditarik benang merah, tokoh kartun tersebut memberi tahu bahwa sosok ibu harus punya sikap penyabar, penyayang, bisa mengatur rumah tangga, pelindung keluarga, juga harus berpikiran luas.

Jadi ibu sempurna memang butuh kerja keras, tapi dengan memiliki karakter tersebut sejatinya sudah cukup membuat Anda jadi sosok ibu yang bisa dibanggakan sang anak.

Menurut Anda, adakah tokoh kartun lain yang bisa dijadikan panutan lagi?

  

(RIA)

Artikel Terkait