EVENT
14 Mei 2019

Belajar Pijat Bayi di Event Kopdar Orami Newborn Moms

Mulai dari waktu memijat hingga cara memijat bayi, semuanya Moms dapatkan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline
Disunting oleh Orami

Event Kopdar yang menjadi salah satu benefit untuk para ibu yang bergabung dalam Grup Whatsapp Orami, kembali diadakan pada Sabtu, 11 Mei 2019. Kopdar yang diselenggarakan untuk grup Newborn Moms ini mengadakan baby massage class atau kelas pijat bayi.

Dalam acara ini, Orami menggandeng Mom n Jo yang terkenal sebagai tempat spa bayi pertama dan terbaik di Indonesia. Acara diselenggarakan di Mom n Jo Darmawangsa, yang berlokasi di Jl. Darmawangsa IV No.8, Jakarta Selatan.

Selain Mom n Jo, ada Bambi, @tumpengmini, Hometown Dairy, @mamanduyasibooster, dan Heavenly Blush Yogurt yang berkerja sama mendukung Event Kopdar Orami.

Kopdar yang berlangsung selama 2 jam tersebut dihadiri oleh 36 orang ibu bersama dengan bayinya. Tampaknya ibu-ibu muda ini sangat bersemangat untuk mempelajari teknik-teknik penting untuk memijat bayi.

Sebelum melakukan praktik pijat bayi, Moms dibekali terlebih dahulu dengan pengetahuan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pijat bayi.

Baca Juga: Manfaat Pijat Bayi Baru Lahir dan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

Penting untuk Diperhatikan Saat Pijat Bayi

WhatsApp Image 2019-05-14 at 12.40.27 PM (1).jpeg

Bekal singkat untuk para ibu, diberikan langsung oleh Asa Sabanul Karimah selaku brand executive dari Bambi. Menurut Asa, sebelum melakukan pijat bayi, kita harus memilih minyak yang tepat dulu untuk Si Kecil.

Moms harus mengetahui kondisi kulit bayi, baru berikan minyak yang sesuai dengan jenis kulit bayi, sehingga tidak akan menimbulkan iritasi dan alergi kulit.

Nah, untuk minyak-minyak yang akan digunakan, bisa Moms dapatkan dari produk-produk Bambi, karena Bambi hadir sebagai solusi ibu dan bayi dalam hal produk perawatan bayi.

Asa juga menjelaskan bahwa ada beberapa tahapan penting yang harus ibu perhatikan sebelum melakukan pijat bayi.

1. Waktu, waktu yang tepat untuk Moms membawa bayi melakukan pijat bayi adalah saat menginjak usia 3 bulan.

Mengapa? Karena di usia 3 bulan, kondisi bayi sudah lebih kuat. Ototnya sudah tumbuh lebih kuat, kulitnya pun sudah bagus dan tidak terlalu tipis lagi.

2. Tempat, Moms tidak diperbolehkan untuk melakukan pijat bayi di tempat yang terang dan ramai orang.

Pilihlah tempat yang tenang dan sepi, yang didukung dengan suhu yang tidak terlalu panas. Lalu Moms bisa mulai memijat anak dengan perlahan.

3. Produk, penting bagi Moms untuk memilih produk yang tepat. Seperti yang telah disebutkan di atas, minyak yang tepat akan mempengaruhi kondisi kulit bayi.

Hal-hal tersebut penting untuk Moms persiapkan sebelum melakukan pijat bayi, terutama mengenai tempat. Tempat yang dipilih harus tenang dan sepi, karena tujuan dari pijat bayi adalah merilekskan bayi dan mengurangi rasa lelah.

Baca Juga: Anak Mual Setelah Pijat Bayi, Apa Penyebabnya?

Praktik Pijat Bayi yang Seru

WhatsApp Image 2019-05-14 at 12.40.06 PM.jpeg

Setelah mendapat pengetahuan singkat, acara kemudian diambil alih oleh Endah Wulan Sari, selaku managing director Mom n Jo, sekaligus yang akan membawakan praktik pijat bayi siang itu. Sebelum dimulai, Wulan juga memberikan informasi singkat mengenai pijat bayi.

“Waktu terbaik untuk melakukan pijat bayi itu sehabis mandi ya Moms, karena bayi dalam keadaan tenang dan tidak rewel, sehingga kita bisa lebih mudah memijatnya,” ucap Mbak Wulan.

Selain itu, ia juga membahas pertanyaan yang banyak diajukan ibu saat akan melakukan pijat bayi, yaitu apakah memijat bayi saat demam diperbolehkan?

Beberapa ibu mengatakan tidak, tetapi ada juga ibu yang mengatakan boleh. Namun jawaban yang tepat adalah tidak boleh!

Mengapa? Karena pijat bayi selain berguna untuk merilekskan badan anak, juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh Si Kecil.

Tubuh bayi yang sedang demam dan panas, jika ditambah minyak dan dipijat, akan semakin menambah suhu tubuh bayi sehingga tidak boleh.

Setelah diberikan informasi tambahan, kelas memijat bayi yang ditunggu-tunggu pun tiba. Setiap ibu diberikan satu botol baby oil dari Bambi, sebagai minyak untuk memijat bayi.

Pertama-tama yang harus ibu lakukan tentu membaringkan anak di atas kain atau handuk yang nyaman. Kemudian lepaskan baju bayi hingga hanya tersisa popok saja.

Mungkin jarang ada ibu yang tahu, bahwa sebelum mulai memijat, kita harus mengajak bayi berkomunikasi terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan agar buah hati kita mengerti bahwa yang boleh memijatnya hanya ibunya saja.

Kemudian, mulai olesi tubuh Si Kecil dengan baby oil dan pijat perlahan mulai dari wajah, menurun ke dada, lalu perut, tangan, kaki, dan terakhir punggung bayi.

Setelah selesai memijat dan anak mulai terlihat mengantuk, Moms harus berhenti memijat anak dan membiarkannya tertidur.

Mendekati penghujung acara, para Moms diberikan sedikit waktu untuk membeli produk-produk Bambi yang dibutuhkan. Setelahnya dilanjutkan dengan pemberian doorprize oleh Bambi dan Orami, baru acara ditutup dengan foto bersama.

Baca Juga: Spalosophy Hadirkan Layanan Pijat untuk Ibu dan Bayi di Rumah

Melihat antusiasme para ibu yang sangat tinggi saat mengikuti kelas ini, sudah pasti Orami Moms Community akan hadir dengan event yang lebih seru.

Jadi , buat para ibu yang belum masuk, yuk bergabung dengan Whatsapp Group Orami Newborn Moms untuk mendapatkan berbagai manfaat yang baik. See you di acara berikutnya Moms!

Artikel Terkait