JALAN-JALAN
18 Juni 2019

Belajar Sejarah Kota Jakarta bersama Si Kecil, Yuk ke Museum!

Bisa jadi cara yang tepat agar anak tidak bosan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline
Disunting oleh Andra Nur

Sebentar lagi, Ibu Kota Jakarta akan merayakan hari ulang tahun yang ke-492, tepatnya pada 22 Juni 2019 mendatang. Hal ini sekaligus menjadi pengingat bagi kita untuk mengenang sejarah-sejarah yang telah dilalui ibu kota ini, hingga bisa berdiri sampai sekarang.

Sebagai orang tua, kita mungkin sudah mengetahui sejarah Kota Jakarta dari buku-buku pelajaran atau informasi-informasi di internet. Si Kecil yang sudah sekolah memang akan belajar sejarah Kota Jakarta di sekolah. Tapi, bagaimana dengan yang belum sekolah? Bagaimana mereka belajar sejarah kota Jakarta?

Untuk Si Kecil, khususnya yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, memperlajari tentang sejarah Kota Jakarta itu penting lho. Inilah kesempatan untuk Moms dan Dads mengajarkan sejarah Kota Jakarta kepada Si Kecil.

Tapi menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua, karena mungkin anak akan merasa bosan jika dijelaskan secara panjang lebar tanpa hal yang menarik ketika menjelaskan sejarah Kota Jakarta.

Nah, jangan khawatir Moms, sebenarnya ada satu cara efektif yang bisa Moms lakukan untuk mengajari anak tentang sejarah Kota Jakarta, bawa saja Si Kecil mengunjungi Museum Sejarah Jakarta.

Di tempat ini anak bisa belajar sejarah tanpa merasa bosan apalagi ngantuk. Coba yuk, Moms.

Baca Juga: 10 Museum di Jakarta untuk Ajari Anak Pengetahuan

Belajar Sejarah Kota Jakarta di Museum Sejarah Jakarta

sejarah kota jakarta

Foto: kompasiana.com

Mendengar Museum Sejarah Jakarta mungkin akan terasa asing di telinga. Namun bagaimana dengan Museum Fatahillah? Pasti Moms tahu dong.

Di museum ini anak tidak hanya bisa belajar mengenai sejarah Kota Jakarta, tetapi juga bisa melihat secara langsung benda-benda peninggalan masa penjajahan dulu.

Museum ini diketahui menyimpan puluhan ribu koleksi barang bersejarah, baik dalam bentuk benda asli maupun replika. Moms dan Dads bisa menjelaskan satu per satu berdasarkan keterangan yang ada di museum.

Bahkan tempat Museum Fatahillah berdiri saja, memiliki sejarah penting yang erat kaitannya dengan Kota Jakarta. Konon di bawah Museum Fatahillah, ada sebuah ruangan tertutup tanpa cahaya dan ventilasi yang dijadikan sebagai penjara untuk para tahanan. Di tempat inilah banyak tahanan mati karena berbagai macam penyakit.

Banyak sejarah Kota Jakarta yang bisa Si Kecil pelajari di sini. Mulai dari bagaimana bangsa Portugis masuk ke Indonesia dengan membawa rempah-rempah masuk ke Indonesia hingga penampakan Kota Jakarta dari masa ke masa, bagaimana situasi dan penampakan kotanya.

Selain itu, ada juga foto-foto yang memuat apa saja alat transportasi yang dulu pernah digunakan oleh masyarakat Jakarta pada masa lampau. Bahkan lengkap dengan tampilan warung kelontong yang berdiri pada masa itu. Ternyata, dulu Jakarta terkenal dengan warung pojoknya lho.

Baca Juga: 6 Tempat Bersejarah di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Pelajari Juga Zaman Prasejarah

Museum-Fatahillah-Sejarah.jpg

Foto: Piknikman.com

Tidak lengkap rasanya tidak berbicara mengenai zaman prasejarah. Makanya di Museum Fatahillah ini, terpajang juga gambar-gambar peta ditemukannya situs prasasti yang ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Tentunya lengkap dengan tampilkan prasasti-prasati besar seperti Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Ciareuteun, Prasasti Tugu, dan prasasti lainnya. Namun ini hanya replikanya saja ya Moms.

Selain replika prasasti, Moms juga bisa mengajak anak untuk melihat replika kapal-kapal Portugis yang pernah singgah di Jakarta dengan membawa rempah-rempah.

Begitu keluar dari ruangan yang memuat replika kapal ini, Moms dan Si Kecil akan disambut dengan sebuah lukisan besar karya S.Sudjojono yang menceritakan tentang penyerangan kerajaan Mataram di bawah pimpinan Sultan Agung ke Batavia. Seru kan bisa belajar tentang kerajaan juga.

Ada juga replika gereja Belanda di masa lampau, replika kelenteng serta maket kawasan kota tua pada masa lalu. Di dalam maket ini, akan terlihat kawasan kota tua sangat cantik dan Museum Sejarah Jakarta yang dulu berfungsi sebagai Balai Kota, dengan taman yang dipenuhi pohon-pohon peneduh, serta Gereja yang berada persis di samping Balai Kota.

Baca Juga: Rasanya Lezat, Tapi Kuliner Khas Betawi Ini Makin Langka dan Terancam Punah

Ada Juga Benda Sejarah dari berbagai Daerah

870696-2-Museum-Fatahillah-02.jpg

Foto: Wisatasekolah.com

Sehabis melihat penampilan kawasan kota tua yang cantik, kita akan sedikit dikejutkan dengan pajangan senjata-senjata tradisional dari berbagai daerah seperti mandau, rencong, celurit, kujang, dan trisula.

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa Moms dan Si Kecil lihat dan pelajari di tempat ini, jika penasaran, kita bisa langsung ajak anak mengunjungi museum ini. Dijamin anak akan mendapatkan pengetahuan baru dan tidak bosan karena ada tampilan visualnya juga.

Ibarat pepatah ‘sambil menyelam, minum air’, sambil jalan-jalan, kita juga bisa mendapat pengalaman bahkan belajar sejarah. Asyik dong pastinya.

Nah, belajar sejarah Kota Jakarta tidak lagi membosankan kan Moms? Yuk segera ajak Si Kecil belajar sejarah kota Jakarta di museum!

Artikel Terkait