GAYA HIDUP
4 Agustus 2019

Belum Tahu? Ini 6 Keuntungan Makan dengan Tangan

Makan menggunakan tangan ternyata lebih nikmat lho Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mengajarkan Si Kecil makan biasanya dengan cara mengenalkan alat makan seperti garpu dan sendok, lalu duduk di kursi makan, mengunyah dengan mulut tertutup, jauhkan siku dari meja, dan lain sebagainya. Itu adalah untuk mengajarkan kebiasaan baik, namun tidak ada salahnya mengajak mereka makan memakan tangan.

Beberapa makanan memang dimaksudkan untuk dimakan tanpa peralatan. Cukup ajarkan mereka cara menikmatinya dan tetap mempertahankan tata krama yang baik. Karena tidak dapat dipungkiri, kita akan mendapatkan banyak keuntungan makan dengan tangan.

Contohnya, Moms bisa mengunyah apel utuh, menggigit jeruk, dan meletupkan buah anggur ke seluruh mulut. “Buah adalah makanan utama, hingga Anda memotongnya. Mengubah penyajian buah juga mengubah aturan cara memakannya. Jika Anda makan buah yang disajikan mentah dan dengan sendirinya, Anda memakannya dengan tangan Anda,” kata Williams Brown, seorang ahli diet bersertifikat.

“Secara umum, tidak apa-apa untuk mengambil sepotong pizza dan memakannya dengan tangan Anda,” kata pakar etiket Peggy Post, yang juga penulis The Gift of Good Manners.

Bahkan, kebanyakan orang India percaya bahwa rasa makanan yang sebenarnya hanya dapat dialami dengan memakannya dengan tangan. Sesuai Ayurveda, setiap jari adalah augmentasi dari masing-masing dari lima elemen. Jadi, ketika seseorang mengumpulkan ujung jarinya untuk menyentuh makanan, dia mungkin menyalakan lima elemen (tanah, air, api, ruang, udara), membuatnya lebih sadar akan tekstur, bau dan rasa makanan yang akan dia konsumsi.

Baca Juga: Enak Buat Makan Malam Nanti, Ini 4 Makanan yang Lebih Enak Dimakan Pakai Tangan

Keuntungan Makan dengan Tangan

Inilah beberapa keuntungan makan dengan tangan yang bisa Moms praktekkan di rumah.

1. Meningkatkan Proses Pencernaan

makan dengan tangan

Foto: Foodrevolution.org

Begitu kita menyentuh makanan kita dengan jari-jari kita, ujung saraf yang ada di ujung jari menandakan otak bahwa kita akan makan. Pesan tersebut selanjutnya ditransmisikan ke perut yang mulai mempersiapkan pencernaan dengan melepaskan enzim dan jus pencernaan yang diperlukan untuk pencernaan yang tepat.

Juga, ujung-ujung saraf jari membantu dalam memastikan tekstur dan suhu makanan yang akan kita ambil, sehingga menyiapkan otak untuk melepaskan cairan pencernaan yang tepat bahkan sebelum makanan menyentuh bibir kita.

2. Menjadikan Aktivitas Makan Lebih Menyenangkan

makan dengan tangan

Foto: Healthline.com

Ketika Moms menggunakan tangan saat makan, itu akan menambah perhatian untuk lebih memerhatikan rasa dan aroma makanan, sehingga membuat keseluruhan acara makan Moms lebih menyenangkan.

Moms bisa lebih terhubung atau sinkron dengan makanan dibandingkan dengan ketika makan dengan garpu atau sendok. Selain itu, keadaan pikiran yang lebih sadar dan tenang dapat mendukung pencernaan yang optimal dan asimilasi nutrisi yang lebih baik.

Baca Juga: Bolehkah Anak Memasukkan Tangan ke Mulut?

3. Menyediakan Bakteri Sehat

makan dengan tangan

Foto: Desssertandtherapy.com

Ternyata ada banyak bakteri sehat menghuni kulit tangan lho Moms. Flora yang sehat ini dapat melindungi tubuh dari serangan bakteri perusak lain yang menyerang dari lingkungan luar. Makan dengan tangan dapat membantu meningkatkan kekebalan alami sistem pencernaan terhadap kuman bakteri ekologis.

Namun, pastikan untuk mencuci tangan dengan benar sebelum makan dan juga untuk memotong kuku Moms secara rutin.

4. Mencegah Lidah Terbakar

makan dengan tangan

Foto: Geek.com

Tangan dapat berfungsi sebagai sensor suhu lho Moms. Ketika seseorang makan dengan garpu, dia mungkin tidak menyadari betapa panasnya makanan karena langsung mengalir dari piring ke mulutnya.

Sebaliknya, ketika Moms menyentuh makanan sambil memakannya dengan tangan, ujung saraf jari akan membawa pembacaan suhu ke otak, sehingga menghentikan Moms dari rasa terbakar di lidah.

5. Mencegah Makan Berlebihan

makan dengan tangan

Foto: Health.harvard.edu

Makan dengan tangan dapat membuat Moms memproses makanan secara perlahan dan sengaja. Ini dapat membantu Moms merasa kenyang bahkan dengan lebih sedikit makanan, sehingga mencegah makan berlebihan dan kemungkinan menaikkan berat badan.

Ini juga mendorong rasa kenyang atau kepuasan yang kurang saat menggunakan peralatan makan untuk mendapatkan makanan Moms.

Baca Juga: Cegah Infeksi Penyakit dengan Kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun dan Air Mengalir

6. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe-2

makan dengan tangan

Foto: Shutterstock.com

Penelitian menunjukkan bahwa pasien diabetes tipe-2 mungkin adalah pemakan yang tergesa-gesa. Hal ini karena mereka menggunakan alat makan jika dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kondisi tersebut. Makan cepat telah dikaitkan dengan perbedaan gula darah dalam tubuh, sehingga menjadi faktor dalam terjadinya diabetes tipe-2.

Jika lain kali Moms ingin menikmati makanan, pertimbangkan untuk melemparkan sendok garpu untuk mencicipi hidangan dengan tangan. Enjoy your food, Moms.

Artikel Terkait