PROGRAM HAMIL
16 Maret 2019

Benarkah Akupuntur Meningkatkan Kesuburan? Yuk, Simak Penjelasannya

Yuk, cari tahu apakah cara ini efektif untuk bikin Moms cepat hamil.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms mungkin sudah pernah mendengar tentang akupuntur.

Metode perawatan tusuk jarum dari Tiongkok ini banyak dipakai untuk mengatasi berbagai problem kesehatan, seperti migrain, nyeri di badan, artritis, hingga membantu menurunkan berat badan.

Tetapi, bisakah akupuntur membantu meningkatkan kesuburan, terutama pada Moms yang sedang atau akan menjalani program hamil?

Menurut American Pregnancy, terapi akupuntur dapat membantu mengatasi masalah yang memengaruhi kesuburan, seperti gangguan tiroid (hipotiroidisme maupun hipertiroidisme).

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Breath Holding Spell Pada Bayi

Menurut Jeffrey Roberts, spesialis obstetri dan ginekologi, serta direktur Pacific Centre for Reproductive Medicine di Burnaby, British Columbia, manfaat terapi akupuntur terhadap kesuburan bersifat tidak langsung.

Meredakan Stres

acupuncture gold coast 2707127 1280

Foto: pixabay.com

Akupuntur dapat membantu menenangkan sistem saraf simpatik, yaitu sistem yang bertanggung jawab dalam mengatur respons fight or flight pada manusia.

Dengan kata lain, terapi akupuntur dapat membantu meredam stres yang umumnya banyak dialami oleh Moms yang sedang menjalani program hamil.

Dengan meredanya stres, aliran darah ke organ-organ reproduksi menjadi lebih lancar dan sistem endokrin kembali seimbang sehingga menciptakan kesempatan yang lebih baik bagi sel telur untuk dibuahi.

Roberts mengatakan bahwa banyak bukti-bukti yang menunjukkan jika tingkat stres yang berkurang dapat berkontribusi pada meningkatnya peluang terjadinya kehamilan.

Baca Juga: Ingin Menggunakan Nebulizer Untuk Bayi? Perhatikan 5 Hal Ini

Akupuntur Bagus untuk Bayi Tabung

yay 19213008 digital

Foto: allaboutwomenmd.com

Studi dari Tel Aviv University melaporkan bahwa sebanyak 65,5 persen perempuan yang menjalani program inseminasi buatan yang dibarengi dengan terapi akupunktur berhasil hamil.

Sementara, pada kelompok yang menjalani inseminasi tanpa terapi akupuntur, hanya 39,4 persen yang pada akhirnya berhasil hamil.

Sementara, Deb Davies, LAc, seorang ahli akupuntur, tujuan akupuntur kesuburan bukan sebatas membantu Moms untuk dapat hamil. Melainkan, membantu menjaga kehamilan Moms tetap sehat serta persalinan lancar.

Moms yang berniat menjalani program bayi tabung (in vitro fertilisation) juga dapat mencoba meningkatkan kesuburan dengan akupuntur.

Terapi ini akan membantu mengatur hormon, memperbaiki siklus menstruasi, dan mendorong ovulasi.

Selain itu, karena proses bayi tabung biasanya cukup membuat stres Moms dan Dads, akupuntur dapat membantu meringankan rasa stres tersebut.

Baca Juga: Terapi Alami Atasi Sumbatan Saluran Tuba Fallopi

Pastikan Moms berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menjalani terapi ini, ya.

Sejumlah ahli akupuntur menyarankan untuk melakukan terapi ini pada saat menjelang dan sesudah proses transfer embrio dilakukan untuk memperbesar peluang pelekatan embrio pada dinding rahim (implantasi).

Rekomendasi ini juga disampaikan dalam studi oleh Stener-Victorin dari Departemen Kebidanan dan Pusat Kesuburan Ginekologi, Skandinavia dan Universitas Gothenburg.

Alasannya, akupuntur dapat membantu mengendurkan rahim pada saat proses transfer jika dilakukan di waktu yang tepat.

(AN)

Artikel Terkait