KESEHATAN
18 September 2019

Benarkah Benjolan Pada Payudara Pertanda Awal dari Kanker?

Benjolan pada payudara belum tentu tanda dari gejala kanker, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Sampai saat ini kanker masih menjadi penyakit yang mematikan, eperti kanker payudara yang sangat berisiko menyerang wanita. Sebagian besar wanita kini sudah lebih sadar akan betapa berbahayanya kanker ini. Namun, apakah ketika Moms memiliki benjolan di payudara artinya mengidap kanker payudara?

Yuk, Moms, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui kebenarannya.

Baca Juga : Jomblo dan Ibu Tidak Menyusui Berisiko Kanker Payudara, Lho!

Apakah Benjolan Di Payudara Pertanda Kanker?

Benarkah Benjolan Pada Payudara Pertanda Awal dari Kanker?

Foto : cancer treatment

Moms, perlu diketahui bahwa setiap wanita dan pria punya kemungkinan memiliki bejolan pada payudara. Biasanya benjolan dapat muncul si salah satu area pada payudara dan membuat payudara membengkak atau terlihat menonjol. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh, seperti saat kadar ekstrogen meningkat.

Gejala kanker payudara tidak selalu ditandai dengan munculnya benjolan. Penelitian dari University College London, Inggris, menyebutkan bahwa “Penelitian kami menunjukkan sekitar satu dari enam wanita yang didiagnosis menderita kanker payudara memiliki gejala selain benjolan payudara,” ujar Monica Koo, pemimpin penelitian tersebut.

Apa Saja Penyebab Benjolan Di Payudara?

Benarkah Benjolan Pada Payudara Pertanda Awal dari Kanker?

Foto: buoy health

Selain jaringan yang berpengaruh pada kegiatan menyusui, payudara juga memiliki jaringan lain, seperti ikat fibrosa, lemak, saraf, pembuluh darah, dan kelenjar getah bening. Setiap jaringan payudara itu bisa memunculkan reakasi yang berbeda, misalnya, ketika terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Perubahan tersebut bisa menyebabkan perubahan ukuran payudara dan tekstur payudara.

Baca Juga : 10 Fakta Seputar Kanker Payudara Yang Perlu Mama Tahu

Selain itu, beberapa benjolan lain yang ada di payudara bisa memiliki arti yang berbeda.

Fibroadenoma

Benjolan ini biasanya membuat payudara bertekstur lebih kenyal atau justru lebih keras. Saat disentuh, benjolan terasa seperti berpindah posisi. Walau bisa hilang dengan sendirinya, proses pembedahan bisa menjadi alternatif lain untuk menghilangkan benjolan ini.

Fibrokistik

Apa Moms pernah merasa payudara menjadi lebih kencang menjelang menstruasi? Ya, fibrokistik merupakan perubahan yang membuat jaringan payudara mengental. Hal ini disebabkan oleh hormon yang berubah selama siklus menstruasi.

Kista

Kista atau benjolan berisi cairan ini juga bisa muncul pada payudara, bahkan, jumlahnya bisa lebih dari satu.

Baca Juga : Apa Penyebab dan Cara Mengatasi Benjolan Pada Payudara?

Kanker Payudara

Kanker payudara umumnya menyerang ke 3 lapisan jaringan yang ada pada payudara. Kanker bisa menyerang saluran susu, tempat susu diproduksi (lobules), atau pada ikat payudara.

Selain benjolan payudara, bila disertai dengan keluarnya cairan dari puting saat Moms sedang tidak menyusui, puting masuk ke dalam, payudara bertekstur seperti kulit jeruk, dan disertai dengan nyeri, maka itu bisa menjadi pertanda kalau Moms menderita kanker payudara. Kalau sudah seperti itu ini saatnya untuk pergi memeriksakan diri ke dokter.

(NA/KM)

Artikel Terkait