PROGRAM HAMIL
8 Oktober 2017

Benarkah Biji Selasih Bermanfaat untuk Kesuburan?

Benarkah mitos biji selasih bikin subur?
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Basil seeds atau lebih dikenal dengan biji selasih sangat populer di Indonesia, terutama di kalangan para wanita yang merencanakan kehamilan. Menurut Ahli Nutrisi Bangalore, Dr. Anju Sood, biji selasih sangat kaya akan antioksidan, membantu mengendalikan diabetes dan juga bagus untuk kesehatan kulit serta berbagai manfaat lainnya.

Apakah Biji Selasih?

Basil atau kemangi yang dikenal di Indonesia adalah tanaman herbal populer dengan banyak khasiat. Biji kemangi disebut selasih yang berbentuk menyerupai biji chia. Daunnya berbau sedap yang bisa menambahkan cita rasa untuk berbagai jenis masakan. Kemangi sangat bergizi dan mengandung banyak protein, vitamin, serat, mineral, dan nutrisi penting lainnya. Selain itu, kemangi sangat populer sebagai makanan super untuk kehamilan.

shutterstock 720757135

Manfaat Biji Selasih untuk Kesuburan

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Biji selasih kaya akan vitamin E, vitamin C, riboflavin, niasin, dan banyak vitamin lainnya serta sumber mineral yang baik yaitu, seng, fosfor, magnesium, tembaga, mangan, dan potassium. Kandungan flavonoid seperti vicenin, orientin dan beta karoten dalam biji selasih juga dapat memperkuat sistem pertahanan dan kekebalan tubuh.

2. Pereda stres

Memiliki efek menggembirakan dan menenangkan sehingga bermanfaat untuk menghilangkan kelelahan mental, ketegangan saraf, depresi dan migrain. Karena efeknya yang menenangkan, biasanya digunakan untuk tujuan aromaterapi.

shutterstock 716254450
3. Pertumbuhan sperma

Menurut Dr. Samuel Oetoro, Sp. GK, seorang spesialis gizi, biji selasih mengandung zat afrodisiak yang bisa meningkatkan gairah seksual pria serta bermanfaat bagi pertumbuhan sperma. Selain Itu, senyawa arginine yang terkandung dalam daun kemangi juga dapat memperlama masa hidup sperma.

Baca juga: 9 Kebiasaan yang Dapat Mengganggu Kesuburan Pria 
4. Mengobati keasaman dan mulas (heartburn)

Membantu meredakan sensasi terbakar (heartburn) akibat sakit perut. Fungsi diuretiknya membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menetralkan efek asam HCL dalam tubuh. Heartburn biasanya muncul di trimester awal dan tengah kehamilan.

5. Mengatasi pembekuan darah

Kandungan vitamin K pada biji selasih berperan penting untuk meningkatkan kesehatan dan keselamatan janin selama kehamilan serta membantu mengatasi pembekuan darah dan mencegah risiko kehilangan darah.

shutterstock 720757117
6. Pertumbuhan janin yang sehat

Biji selasih kaya akan vitamin A yang menjamin pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat serta meningkatkan kesehatan jantung, mata, paru-paru, dan pengembangan sistem saraf pusat pada janin. Kandungan mangan dalam kemangi membantu membentuk tulang dan tulang rawan janin. Kandungan folat pada biji selasih juga membantu menghasilkan darah tambahan yang akan dibutuhkan selama kehamilan serta mencegah risiko cacat lahir tertentu pada janin.

7. Mencegah anemia

Merupakan sumber zat besi yang membantu meningkatkan jumlah hemoglobin dan sel darah merah selama kehamilan. Ini mencegah risiko anemia pada ibu hamil, memberikan energi yang diperlukan, dan mengatasi kelelahan.

Tidak ada bukti apapun bahwa biji selasih memiliki efek samping yang tidak diinginkan. Namun, Mama tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya, terutama jika Mama sedang mempersiapkan kehamilan, ya!

Artikel Terkait