GAYA HIDUP
27 September 2019

Benarkah Daun Insulin Bisa Mengatasi Diabetes?

Daun ini bisa menurunkan kadar gula darah penderita diabetes
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Carla Octama

Tanaman insulin, anak tangga, dan bendera Spiral adalah beberapa nama yang telah diberikan kepada Costus Igneus Nak, yang juga dikenal dengan nama botani sebagai Chamaecostus cuspidatus.

Tanaman asli Amerika Selatan dan Amerika Tengah ini, berasal dari keluarga tanaman Costaceae dan termasuk di antara genus Costus.

Terdiri dari hampir 150 spesies, Costus adalah yang terbesar dalam keluarga, dan banyak ditemukan di daerah beriklim tropis.

Baca Juga: Biasa Tak Sarapan? Hati-hati Gula Darah Tinggi!

Meskipun berasal dari Amerika, tanaman ini dapat ditemukan tumbuh padat di taman-taman India Selatan, yang sudah dikenal dengan sebutan "Tanaman Insulin."

Lalu benarkah bahwa tanaman insulin dapat mengatasi diabetes, yang sulit ditemukan obatnya?

Hubungan Antara Tanaman Insulin dan Diabetes

tanaman insulin

Foto: amazon.com

Dilansir dari Defeat Diabetes Foundation, ada kumpulan studi yang dipublikasikan dan menjelaskan korelasi positif antara daun Costus igneus dan penderita diabetes.

Daun ini kaya akan protein, zat besi, dan sejumlah komponen antioksidan seperti B-karoten dan a-tokoferol.

Tanaman ini, dalam kombinasi dengan konten "insulin alami" (senyawa phyto yang mensimulasikan aksi metabolisme insulin ketika dicerna), membantu kemampuan C. igneus untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Jurnal yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine menyatakan bahwa konsumsi tanaman insulin ini diyakini dapat menurunkan kadar glukosa darah, dan penderita diabetes yang mengkonsumsi daun tanaman ini juga mengalami penurunan kadar glukosa darahnya.

Baca Juga: Manfaat Tes Glukosa Pada Bayi Baru Lahir

Penelitian Mengenai Tanaman Insulin

tanaman insulin

Foto: wellthy.care

Produk tanaman insulin ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional dan sistem penyembuhan tradisional, serta sedang dievaluasi untuk efek hipoglikemiknya.

Penelitian ini direncanakan untuk mengevaluasi efek kepekaan insulin dari tanaman insulin (Costus igeus) pada hiperglikemia yang diinduksi deksametason pada tikus albino jantan.

Dalam penelitian ini, ada peningkatan kadar glukosa puasa dan postprandial dengan 10 mg / kg / hari deksametason bila dibandingkan dengan kontrol normal.

Pengurangan kadar gula darah puasa dan postprandial dengan daun tanaman insulin dalam hiperglikemia imbas deksametason sebanding dengan yang diperoleh dengan Glibenclamide.

Baca Juga: 3 Gejala Diabetes yang Mudah Dikenali

Berdasarkan jurnal US National Library of Medicine, daun tanaman insulin (Costus igeus) mengurangi kadar gula darah puasa dan postprandial, serta membawa mereka ke bawah menuju normal, pada hiperglikemia yang diinduksi deksametason pada tikus.

Pengurangan puasa dan kadar gula darah postprandial dengan daun tanaman insulin sebanding dengan yang diperoleh dengan Glibenclamide 500 ug / kg pada 250 mg / kg / hari dan 500 mg / kg / hari daun bubuk tanaman insulin (Costus igeus ).

Artikel Terkait