KESEHATAN
28 Desember 2019

Meredakan Keseleo dengan Es? Simak Penjelasannya di Sini!

Kaki keseleo bisa dialami siapa saja. Kapan pun, dimana pun. Bagaimana ya meredakan keseleo saat terkena?
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Yuk, simak penjelasan apakah meredakan keseleo dengan es itu ampuh. Saat kita melakukan pekerjaan berat atau saat berolahraga, risiko keseleo selalu muncul. “Dan saat benar terkena, ada baiknya kita langsung mengistirahatkan tubuh. Jangan paksa tubuh untuk bergerak lebih keras,” kata Bradley Lamm,MD., ahli bedah kaki dan pergelangan kaki dalam Journal of Foot & Ankle Surgery.

Banyak yang bilang, saat istirahat, ada baiknya kaki yang keseleo di kompres dengan es. Kompres dengan es? Sejak kapan metode ini muncul?

Metode kompres es untuk mengatasi keseleo mulai dilakukan tahun 1978. Adalah seorang dokter olahraga bernama Gabe Mirkin yang mengaplikasikannya. Semenjak saat itulah, kompres dengan es kerap kali dijadikan metode standar mengatasi kecelakaan saat berolahraga.

Baca Juga: Jangan Diurut Saat Anak Baru Keseleo!

Keraguan Tentang Meredakan Keseleo dengan Es

images.jpeg

Foto: physiotherapyclinic.com

Setelah diyakini puluhan tahun, belakangan muncul keraguan, apakah es efektif untuk menangani keseleo?

Tahun 2013, perdebatan soal es dan keseleo diprakarsai oleh National Athletic Trainer’s Association. Sebuah studi yang mereka rilis membuat banyak pakar kesehatan mulai meragukan penggunaan es pada tubuh yang keseleo.

Uniknya, Gabe Mirkin sendiri ternyata ikut ragu dengan apa yang ditemukannya pada jaman dahulu dan berpikir jika penggunaan es mungkin kurang cocok bagi masalah keseleo.

“Kompres es pada bagian tubuh yang terkena keseleo memang akan menahan rasa sakit, namun, kompres es ini sepertinya tidak akan menyembuhkan keseleo. Kompres es justru akan menghalangi sirkulasi darah pada bagian tubuh yang dikompres,” ungkap Dr Gabe Mirkin.

Baca Juga: Jangan Panik! Lakukan Ini Sebagai Pertolongan Pertama Saat Anak Keseleo

Es Benar-Benar Bisa Meredakan Keseleo?

9f37d9cba59340990e7a7883a10a1ed4.png

Foto: heelpain.com

Pendapat lain justru dikeluarkan oleh The American Academy of Orthopaedic Surgeons and American Orthopaedic Foot and Ankle Society. Mereka berpendapat, penanganan keseleo dengan kompres es ternyata masih dianggap sebagai cara yang paling ampuh.

Salah seorang pakar kesehatan yang menangani cedera karena olahraga, James Gladstone, bahkan meyakini jika kompres es akan menjadi pilihan utamanya pada kaki-kaki atlet yang terkilir.

Menurut beliau, es akan membuat area terkilir menjadi mati rasa sehingga pembengkakan pun akan segera berkurang. Hal ini diyakini akan membuat persendian akan segera sembuh seperti sedia kala.

Bukan hanya James Gladstone yang berpendapat seperti itu. Andrew Hsu dari University of California juga merekomendasikan kompres es pada pasien keseleo dengan cara memberikannya sekali dalam dua hingga tiga jam selama tiga hingga empat hari hingga masalah keseleo ini sembuh.

Jadi, Moms. Itulah penjelasan tentang meredakan keseleo dengan es! Moms percaya yang mana?

Baca Juga: RICE, Cara Benar Mengobati Keseleo

(RYO/DIN)

Artikel Terkait