TRIMESTER 3
9 Oktober 2019

Benarkah Gentle Birth Membantu Persalinan Lebih Nyaman?

Wanita akan memiliki pengalaman melahirkan yang menyenangkan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Menjadi seorang ibu adalah pengalaman yang luar biasa, ada beberapa ibu hamil yang merasa senang saat melahirkan, namun ada juga yang merasa proses melahirkan sangat menantang, terutama jika mereka harus melalui persalinan yang panjang, menyakitkan, dan traumatis secara emosional.

Berdasarkan penelitian terhadap 200 wanita di Rumah Sakit Bersalin Universitas Cork, mereka yang mengadopsi teknik gentle birth seringkali memiliki pengalaman melahirkan yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Baca Juga: Prenatal Yoga, Apa Manfaatnya dan Teknik yang Dilakukan?

Hasil menunjukkan bahwa sebanyak 74% ibu yang melahirkan dengan gentle birth tidak memilih untuk epidural dan 76% memiliki persalinan spontan.

Mengapa Gentle Birth Lebih Diunggulkan?

gentle birth

Metode kelahiran gentle birth mengombinasikan ilmu otak, ilmu kelahiran dan teknologi untuk memastikan persalinan yang tenang dan positif untuk ibu dan bayi. Dan ada aturan yang ditetapkan.

Hal ini diperlukan, karena kebanyakan ibu yang mendekati proses persalinan terhubung dengan rasa ketakutan dan kesakitan tentang persalinan, karena wanita jarang mendengar cerita positif tentang kelahiran.

Baca Juga: Water Birth, Metode Melahirkan dalam Air

Gentle birth benar-benar lebih dari pola pikir daripada metode. Di Irlandia, metode kelahiran gentle birth merupakan satu-satunya program melahirkan di Irlandia yang mencakup psikologi olahraga, meditasi, dan hypnobirthing," kata Tracy Donegan, bidan di Irlandia.

Sebaiknya Dilakukan Di Tempat Profesional

gentle birth

Menurut Nadine Ghows, salah satu pendiri Gentle Birthing Group di Malaysia, jika Moms memutuskan untuk melakukan metode kelahiran gentle birth, sebaiknya pilih bidan yang bersertifikat untuk membantu proses melahirkan.

Namun ada juga yang tidak menggunakan tenaga profesional, semuanya kembali lagi pada keputusan Moms. Namun jika ingin lebih aman sebaiknya gunakan tenaga profesional.

Baca Juga: Catat, Ini Dia Kiat dan Cara Agar Sukses Gentle Birth

Akan tetapi demi metode kelahiran gentle birth yang lebih aman lagi, ada baiknya Moms cari tempat profesional yang juga memiliki tenaga-tenaga profesional mengenai gentle birth untuk membantu Moms dalam melahirkan dengan aman dan nyaman.

Nah, itulah pertimbang-pertimbangan untuk memilih gentle birth atau tidak, apakah akan memberikan kenyamana lebih pada Moms atau tidak? Nah, semoga bisa membantu, ya, Moms.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait