PROGRAM HAMIL
7 Agustus 2019

Benarkah Ibu Hamil Harus Makan Dua Kali Lipat?

Porsinya memang harus lebih banyak
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Dina Vionetta


Saat hamil, ibu bukan hanya harus memenuhi kebutuhan nutrisinya. Nutrisi bayi dalam kandungan juga harus dipenuhi.

Tapi, apakah benar jumlah porsi makan ibu harus jadi dua kali lipat saat hamil?

Dokter Spesialis Kandungan Brawijaya Hospital Duren Tiga dr Fahruddin Sp.OG mengatakan bahwa jumlah porsi makanan ibu hamil memang harus lebih banyak dari biasanya.

“Tapi jumlahnya rasanya tidak harus sampai dua kali lipat,” tuturnya saat ditemui di Brawijaya Hospital Duren Tiga, Rabu (7/11/18).

Baca Juga : Bolehkah Ibu Hamil Makan Makanan Fermentasi?

Makan Dua Kali Lipat Bisa Picu Kegemukan Pada Ibu Hamil

shutterstock 636295925

Makan sampai dua kali lipat dari porsi biasanya justru akan memicu bertambahnya berat badan secara signifikan. Ini justru tidak baik untuk ibu dan janin dalam kandungan.

Ibu akan menjadi terlalu gemuk atau bayi akan menjadi terlalu besar sehingga proses persalinan jadi lebih sulit.

Dr Fahruddin menjelaskan, kebutuhan nutrisi ibu saat hamil memang berbeda dan lebih banyak mengingat ada dua makhluk hidup yang harus diberi nutrisi.

Menurutnya, pada trimester awal kehamilan, janin masih berukuran sangat kecil dan kebutuhan tambahan kalorinya baru 300 kalori setiap harinya.

Memasuki trimester kedua, kebutuhan tambahan kalorinya meningkat menjadi 350 kalori setiap harinya. Sedangkan di trimester akhir, kebutuhan tambahannya jadi lebih besar lagi menjadi 450 kalori.

Baca Juga : Susu Hamil, Apa Benar Bermanfaat untuk Kesehatan Ibu dan Janin?

Porsi Makan untuk Ibu Hamil

shutterstock 81571858

Kebutuhan tambahan kalori itu juga tidak bisa asal ditambahkan porsinya. Jangan mentang-mentang ibu hamil sukanya daging, jadi porsi daging yang lebih banyak.

Ingat, saat hamil, porsi sayuran dan buah harus jauh lebih banyak. Banyak nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan janin yang bisa didapatkan dari sayur dan buah.

“Kebutuhan tambahannya juga harus tetap seimbang,” ucap dr Fahruddin.

Dalam sehari, ibu hamil setidaknya harus mengonsumsi 4 atau lebih porsi sayuran, 2-4 porsi buah, 6-11 porsi karbohidrat, 3 porsi protein, dan 4 porsi produk susu.

Porsi-porsi tersebut kemudian dibagi rata ke waktu makan setiap hari. Jadi, setiap makan, ada sayur, buah, karbohidrat, protein, dan produk susu.

Dengan nutrisi yang seimbang, ibu dan bayi dalam kandungan pun akan sehat.

Baca Juga: Mengapa Ibu Hamil Sering Ngidam Aneh?

Ternyata, ibu hamil makan dua kali lipat itu tidak tepat ya Moms. yang tepat adalah makan sesuai dengan kebutuhan kalori yang meningkat saat hamil.

(AND)

Artikel Terkait