DI ATAS 5 TAHUN
27 Maret 2019

Benarkah Kesehatan Gigi Susu Dapat Memengaruhi IQ Anak?

Menjaga kesehatan gigi susu itu penting karena ternyata dapat memengaruhi IQ anak. Ini penjelasannya.
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Pertumbuhan gigi anak menjadi fase yang penting dalam tumbuh kembangnya. Pasalnya, gigi dan mulut merupakan gerbang masuknya makanan di dalam proses pencernaan dalam tubuh.

Meskipun gigi anak masih berbentuk gigi susu, namun kesehatannya juga perlu dijaga.

Mengajak anak untuk rutin menyikat gigi menjadi cara yang tepat agar kesehatan gigi anak dapat terjaga dengan baik.

Ada anggapan bahwa kesehatan gigi susu ternyata dapat memengaruhi IQ atau kecerdasan intelektual anak.

Perlu diketahui bahwa gigi memang bukan saja pemanis senyuman, tapi bisa memengaruhi seluruh aspek dalam tubuh.

Hal ini didukung lewat pernyataan drg. Rizka Aulia Zaim, seorang dokter gigi anak yang prakter di Brawijaya Children and Women Clinic Bandung. Beliau mengungkapkan kalau kesehatan gigi dapat memengaruhi kecerdasan anak.

Baca Juga : Ini Yang Bisa Moms Lakukan Saat Gigi Susu Anak Mulai Tanggal

“Anak itu sedang berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, sehingga apa pun yang ia alami dapat memengaruhi tubuhnya. Kondisi gigi yang tidak terawat kesehatannya mungkin saja berpengaruh pada IQ yang kecil,” ujarnya pada Kulwap Orami Community pada Kamis (14/2).

Tentunya hal itu dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya, misalnya asupan gizi yang tidak maksimal masuk ke dalam tubuhnya.

“Karena giginya tidak sehat, sehingga asupan makanannya menjadi tidak kuat. Hal ini berpengaruh pada pertumbuhannya yang tidak optimal sehingga memengaruhi tingkat kecerdasan intelektualnya,” lanjut drg. Rizka.

Faktor yang Memengaruhi IQ Anak

benarkah gigi susu dapat memengaruhi iq anak 2
Foto: theclassroom

Sebenarnya ada faktor-faktor yang memengaruhi tinggi atau tidaknya IQ anak. Faktor genetik tentunya tidak lepas dari poin satu ini.

Kecerdasan intelektual anak disebut menjadi warisan genetik dari ibunya. Meskipun begitu, tidak sepenuhnya faktor genetik memengaruhi tingkatan IQ anak.

Faktor lainnya adalah asupan gizi dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh serta faktor lingkungan yang mendukung. Asupan gizi yang baik dan bernutrisi cukup harus dipenuhi Moms sejak anak masih dalam kandungan.

Setelah anak lahir, 1000 hari pertamanya menjadi masa-masa krusial untuk perkembangan dan pertumbuhan anak.

Di waktu inilah, anak harus mendapatkan nutrisi yang cukup kalau tidak ingin terkena masalah gizi, seperti stunting. Pasalnya, anak yang terkena stunting bisa memengaruhi kecerdasan intelektual dan kemampuan kognitifnya.

Faktor lingkungan juga memengaruhi tingkatan IQ seorang anak. Berikan stimulasi psikososial yang tepat sesuai usia anak, ajarkan untuk membiasakan membaca dan tidak bergantung pada gadget, serta sistem pendidikan yang tepat bisa membangun IQ anak menjadi lebih optimal.

Baca Juga : Belum Perlu Ke Dokter, Ini 5 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami dengan Bahan Dapur

Cara Merawat Gigi Susu Anak

benarkah gigi susu dapat memengaruhi iq anak 3
Foto: smilesolutions

Keadaan gigi susu anak dapat berpengaruh pada pertumbuhan gigi dewasanya nanti. Jadi, selalu jaga gigi susu anak dengan tepat, seperti sikat gigi rutin dua kali sehari, menggunakan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi khusus anak.

Hindarkan juga anak dari kebiasaan mengonsumsi makanan mengandung banyak gula karena dapat memengaruhi kesehatan giginya.

Lebih baik, anak mengonsumsi buah-buahan segar dan sayuran segar untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya.

Terakhir yang juga tak kalah pentingnya, selalu rutin periksakan gigi anak ke dokter gigi agar dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan gigi anak.

Semoga cara ini bisa membantu, ya, Moms!

(DG)

Artikel Terkait