KEHAMILAN
10 September 2019

Benarkah Kesuburan Berhubungan dengan Kesehatan Gigi? Ini Penjelasannya

Kesehatan gigi juga berpengaruh pada jumlah sperma!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Kebersihan mulut tak hanya berdampak pada kesehatan tubuh lainnya. Tetapi, juga berdampak pada kesuburan kita sebagai perempuan.

Penyakit periodontal, seperti radang gusi dikaitkan dengan sejumlah kondisi kesehatan termasuk penyakit jantung, diabetes, penyakit pernapasan, dan stroke.

Tak hanya itu, jika kita terdapat infeksi pada gusi, kesuburan pun akan terganggu.

Kesuburan Terganggu

Kesuburan Berhubungan dengan Kesehatan Gigi - kesuburan terganggu.jpg

Foto: healthbusiness.co.ke

Dikutip dari medicalnewstoday.com, Roger Hart, seorang profesor di University of Western Australia di Perth, diberitahu dalam pertemuan tahunan Perhimpunan Reproduksi dan Embriologi Manusia Eropa di Stockholm, bahwa efek penyakit gusi pada konsepsi kira-kira sama besarnya dengan efek dari obesitas.

Hart, mengatakan studi mereka adalah yang pertama kali diterbitkan yang menyelidiki hubungan antara penyakit gusi dan peluang wanita untuk hamil.

Hart dan rekannya menganalisis data pada lebih dari 3.400 wanita hamil dari Australia Barat yang mengambil bagian dalam studi yang disebut SMILE yang menyelidiki bagaimana pengobatan untuk penyakit gusi mempengaruhi hasil kehamilan.

Mereka menemukan bahwa wanita dengan penyakit gusi membutuhkan waktu rata-rata dua bulan lebih lama untuk hamil daripada wanita tanpa penyakit gusi.

Kebersihan mulut dapat mengganggu kesuburan jika terjadi peradangan gusi yang dibiarkan berlanjut tanpa kontrol mengganggu sebagian besar fungsi normal tubuh.

Ketika kadar bakteri meningkat di mulut, hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan kadar bakteri di area lain di tubuh.

Baca Juga : Benarkah Kesehatan Gigi Susu Dapat Memengaruhi IQ Anak?

Sperma Rendah

Kesuburan Berhubungan dengan Kesehatan Gigi - sperma rendah.jpg

Foto: astroglide.media.zestyio.com

Tak hanya memengaruhi kesuburan pada wanita saja, kebersihan mulut juga memiliki pengaruh terhadap kualitas sperma.

Pusat Informasi Bioteknologi Nasional dari National Institutes of Health menerbitkan penelitian yang menghubungkan penyakit periodontal dengan jumlah sperma yang rendah pada Mei 2014.

Penelitian ini merekrut 76 pria yang mengalami kesulitan kesuburan dengan pasangannya. Hasil yang dilaporkan menyatakan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kebersihan mulut yang buruk dengan jumlah sperma rendah.

Tingkatkan Kesehatan Mulut

Kesuburan Berhubungan dengan Kesehatan Gigi - tingkatkan kesehatan mulut.jpg

Foto: familydentalcare.co.za

Kita bisa mengurangi risiko tersebut dengan menjaga kesehatan mulut, terutama gigi agar tak mengganggu kesuburan.

Dikutip dari fertilitytips.com, sikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride, menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi, memperbaiki gigi yang bolong atau rusak, selalu berkunjung ke dokter gigi, dan menjaga asupan baik untuk tubuh.

Sudah bersihkan mulut dan gigi hari ini Moms?

Baca Juga : Yuk Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan Cara Mudah Ini

(SA/CAR)

Artikel Terkait