PROGRAM HAMIL
2 Oktober 2017

Benarkah Makan Avokad Bagus untuk Kesuburan?

Inilah alasan bagus makan avokad untuk program hamil!
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Siapa yang tidak mengenal manfaat avokad? Avokad dikenal sebagai buah yang kaya akan mineral, antioksidan, serat makanan dan vitamin yang menawarkan sekian banyak manfaat pada kehamilan, bahkan jauh sebelum Mama merencanakan kehamilan.

Menurut Franci Cohen, ahli gizi dari New York, Amerika Serikat, apabila avokad dikonsumsi dengan cara tepat, maka dapat memberikan manfaat besar untuk diet. Avokad juga sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena merupakan satu-satunya buah mengandung asam folat tinggi.

Manfaat Avokad untuk Kesuburan

Mama bisa mendapatkan manfaat avokad dengan berbagai cara. Berikut adalah manfaat avokad untuk kesuburan:

1. Sumber lemak sehat
avokad matang

Lemak jenuh membantu mengembangkan struktur sel selaput bayi. Seiring pertumbuhan bayi, jutaan membran sel baru diciptakan yang terbuat dari lemak. Avokad kaya akan kalori dan lemak tak jenuh tunggal. Lemak ‘baik’ ini akan membantu Mama mendapatkan kalori yang dibutuhkan.

2. Sumber asam folat alami
Kekurangan folat dapat menyebabkan cacat tulang dan saraf pada bayi yang belum lahir. Asam folat juga dikenal dapat mencegah komplikasi seperti depresi, keletihan, anemia, insomnia, perubahan mood dan preeklamsia.
3. Mengandung kalsium

Selama kehamilan, kebutuhan tubuh akan kalsium makin berlipat ganda. Itulah sebabnya mengapa penting untuk mengkonsumsi makanan kaya kalsium sebelum hamil.

4. Kaya vitamin

Avokad adalah gudang vitamin seperti C, E, K, B1, B2, dan B6 yang penting untuk kesehatan ibu hamil dan bayi mereka yang sedang tumbuh. Beberapa orang bahkan mengaku bebas dari rasa mual dengan avokad karena vitamin B6 yang terkandung di dalamnya membantu memerangi morning sickness.

5. Mencegah anemia

Avokad kaya akan zat besi, sehingga bermanfaat bagi wanita hamil karena mencegah kekurangan zat besi yang bisa menyebabkan anemia pada ibu hamil.

Baca juga: Pentingnya Asam Folat untuk Ibu hamil
6. Meningkatkan proses pencernaan

Avokad mengandung banyak serat sehingga bisa mencegah masalah pencernaan yang diderita para wanita selama kehamilan.

7. Membantu penyerapan asupan nutrisi

Avokad tidak hanya memberi banyak nutrisi, tapi juga membantu menyerap nutrisi dari sumber lain! Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah avokad dapat membantu meningkatkan penyerapan karotenoid oleh tubuh.

avokad salad
8. Kaya akan mineral

Avokad juga mengandung fosfor, kalsium, magnesium, zat besi dan niasin yang sangat bermanfaat bagi kehamilan.

9. Pengembangan otak bayi

Avokad mengandung choline yang membantu perkembangan otak dan perkembangan saraf yang sehat pada bayi.

10. Meringankan kram kaki

Kram kaki adalah hal yang lumrah terjadi selama kehamilan. Avokad mengandung potassium yang membantu meredakan kram kaki saat hamil.

11. Menyeimbangkan kadar kolesterol dan gula

Dengan konsumsi avokad secara teratur Mama bisa mengontrol kadar kolesterol darah dan gula darah selama hamil.

Risiko Konsumsi Avokad untuk Kesuburan

jus alpukat dan pisang

Meskipun manfaat avokad untuk kesuburan sangat banyak dan relatif aman dikonsumsi selama merencanakan kehamilan, namun ada hal yang harus Mama perhatikan sebelum konsumsi avokad:

  • Jika alergi terhadap lateks, inilah salah satu masalah terbesar karena penelitian menghubungkan pisang dan avokad dengan alergi lateks.
  • Tanyakan kepada dokter tentang alergi pada makanan seperti pisang dan avokad dalam kasus ini.

Sudahkah menambahkan avokad dalam menu makanan sehat Mama?

Artikel Terkait