KESEHATAN
1 Mei 2019

Benarkah Makan Karbohidrat Ketika Malam Hari Bikin Gemuk?

Soal karbohidrat ini, mitos atau fakta?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Benarkah Karbohidrat di Malam Hari Membuat Gemuk.jpg

Beberapa orang menganggap makan di malam hari bisa menambah berat badan.

Terlebih jika makan malam dengan menu nasi dan banyak karbohidrat lainnya.

Itulah yang kemudian menjadi alasan bagi orang yang diet untuk tidak makan malam.

Namun, nyatanya ketakutan itu tidak terbukti secara ilmiah.

Hanya Mitos Belaka

makan karbohidrat

Dengan demikian, mengonsumsi karbohidrat ketika malam hari bisa menambah berat badan hanyalah mitos belaka.

Ahli nutrisi sekaligus pelatih kebugaran Graeme Tomlinson mengatakan bahwa sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah terkait anggapan tersebut.

Menurut Tomlinson, mitos tersebut muncul dari kenyataan bahwa metabolisme seseorang cenderung akan melambat lantaran minim pergerakan pada malam hari.

Selain itu, malam hari menjadi waktu tidur buat sebagian besar orang.

Untuk menguji kebenaran mitos tersebut, Tomlinson menyoroti hasil studi yang dipublikasikan di Obesity Journal.

Baca Juga: Mencegah Obesitas pada Balita yang Doyan Makan

Riset tersebut diketahui meneliti sekelompok orang yang mengonsumsi karbohidrat.

Dalam riset tersebut ditemukan bahwa ada perbedaan antara orang yang mengonsumsi karbohidrat ketika malam dan siang hari.

Dari penelitian itu Tomlinson kemudian mendapatkan fakta bahwa peserta riset mengonsumsi karbohidrat paling banyak saat makan malam dibandingkan ketika siang hari.

Itulah yang kemudian menurut Tomlinson menyebabkan penambahan berat badan, lemak tubuh, dan juga lingkar pinggang yang besar.

Bisa Menurunkan Berat Badan?

Menurunkan Berat Badan.jpg

Di sisi lain, Tomlinson juga mengutip studi lain dari jurnal The Nutrition, Metabolism, and Cardiovascular Disease.

Dalam penelitian itu kembali disinggung soal mengonsumsi karbohidrat pada malam hari.

Riset tersebut menyatakan bahwa mengonsumi karbohidrat ketika malam hari akan mampu mencegah rasa lapar berlebihan pada siang hari.

Menurut Tomlinson, fakta yang ada di dalam riset tersebut membuktikan bahwa mengonsumsi karbohidrat ketika malam hari tidak akan membuat berat badan bertambah secara tiba-tiba.

Baca Juga: Sehat dan Bernutrisi, Ini 5 Ide Menu Sarapan yang Mudah Dibuat

Bahkan, hasil riset tersebut terlihat bahwa mengonsumsi karbohidrat pada malam merupakan cara efisien untuk mendukung penurunan berat badan.

Selain itu, mengonsumsi karbohidrat ketika malam hari juga bisa meningkatkan hasil metabolisme jika dibandingkan dengan diet penurunan berat badan yang konvensional.

Adapun kesimpulan riset tersebut didasarkan pada distribusi makronutrien yang masuk ke dalam tubuh sepanjang hari dan dampaknya pada hormon pengontrol rasa lapar seperti ghrelin, leptin, dan adiponektin.

Yang Penting, Komposisi Seimbang

Benarkah Makan Karbohidrat Ketika Malam Hari Bikin Gemuk?

Berkaitan dengan hal itu, Tomlinson menyatakan bahwa komposisi tubuh atau berat badan tubuh ditentukan oleh jumlah energi yang dikonsumsi dan digunakan.

Tak peduli jenis makanannya apa, gizi, atau bahkan waktu mengonsumsinya.

Dengan demikian, semakin jelas bahwa tidak mengonsumsi karbohidrat saat malam hari hanya demi tubuh ideal adalah sebuah cara yang sia-sia.

Bagi Tomlinson, cara itu hanya akan mempersulit pengurangan asupan kalori ke dalam tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Cara Kilat Membakar Kalori yang Mudah Dilakukan

Pada dasarnya, metabolisme tubuh manusia tidak beroperasi berdasarkan waktu kronologis, melainkan bakal berfungsi jika sudah waktunya.

Oleh sebab itu, mengonsumsi karbohidrat pada malam hari bukanlah sebuah masalah. Hanya saja, kita perlu mengatur porsinya dan juga makan lain yang mendampinginya.

(TP)

Artikel Terkait