KESEHATAN
4 Maret 2019

Benarkah Mandi Malam Bisa Bikin Rematik?

Mitos atau fakta?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Fakta dan mitos seputar kesehatan sampai saat ini masih berlangsung dalam kehidupan kita sehari-hari. Kebanyakan dari kita justru mempercayai meski belum benar-benar mencari tahu lebih dalam bagaimana mitos tersebut dapat terjadi dan penelitian mendasar seperti apa yang sudah dilakukan.

Termasuk seputar penyebab rematik adalah akibat dari sering mandi malam. Apakah Moms juga pernah mendengarnya? Untuk mendapatkan jawabannya, yuk kenali lebih dalam sebenarnya apa penyebab rematik?

Penyebab rematik

nm rheumaticdisease feature

Foto: nm.org

Rematik atau dalam bahasa kedokteran rheumatoid arthritis adalah penyakit yang menyerang persendian yang rasanya kadang hilang dan timbul karena gerakan. Biasanya akan terasa nyeri saat setelah duduk lama, berjongkok, atau saat bangun tidur dan beranjak dari tempat tidur.

Biasanya bagian tubuh yang akan terasa nyeri dan kaku diantaranya adalah persendian lutut, pergelangan tangan atau kaki. Namun tak jarang organ dalam seperti paru-paru, mata, jantung, pembuluh darah, kulit dan syaraf juga terkena imbasnya, Moms.

Mengapa bisa terkena penyakit rematik? Jawabannya bervariasi. Bisa jadi karena usia, riwayat keluarga atau berat badan yang berlebih namun tak jarang rematik bisa timbul karena kebiasaan merokok juga kondisi lingkungan yang tidak sehat seperti terlalu banyak menghirup udara kotor seperti debu dan kotoran.

Baca juga: Ternyata Tanda Luka yang Mau Sembuh Itu Sering Terasa Gatal!

Apakah mandi malam juga penyebab rematik?

should you shower in the morning or at night the experts weigh in 136426205851202601 180403075008

Foto: home.bt.com

Sejak dahulu kala banyak orang tua mengajarkan kita untuk tidak mandi terlalu malam karena bisa menyebabkan penyakit salah satu di antaranya yang paling terkenal adalah rematik. Namun nyatanya hingga sekarang belum ada penelitian yang mengungkapkan secara gamblang kalau salah satu penyebab rematik adalah mandi malam.

Lebih jauh lagi, kebiasaan mandi malam terlalu sering dengan air dingin memang bisa membuat otot menjadi kaku namun hal ini hanya akan terjadi pada orang yang tidak kuat dingin. Jadi pemahaman tentang mandi malam menyebabkan penyakit rematik sudah bisa ditinggalkan, karena hal tersebut hanya mitos belaka.

Namun ada baiknya memang jika Moms merasa tubuh menjadi kaku dan susah digerakkan saat mandi malam, usahakan untuk mengurangi rasa sakit di persendian dengan membersihkan tubuh dengan air hangat saja ya, Moms.

Baca juga: Organ Intim Bisa Terkena Kutu Kemaluan, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Menghindari rematik dengan pintar memilih makanan

dd 599 ketocobbsalad 2

Foto: dietdoctor.com

Selain menerapkan pola hidup sehat dengan banyak olahraga, Moms juga perlu memperhatikan pola makan yang seimbang dan pintar-pintarlah memilih makanan yang baik untuk terhindar dari penyakit rematik.

Menurut pakar kesehatan ada dua jenis makanan dan minuman yang harusnya Moms hindari agar terhindar dari bahaya penyakit ini yakni daging sapi dan susu. Bakteri yang terdapat dalam daging sapi dan susu ternyata dapat memicu penyakit ini terutama bagi Moms yang memiliki riwayat keluarga yang berpenyakit rematik.

Moms juga dianjurkan untuk tidak makan makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi seperti makanan laut, ikan yang mengandung banyak minyak serta bagian dalam hewan. Selanjutnya, Moms juga disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makan makanan yang mengandung banyak gula serta makanan cepat saji.

Baca Juga: Mengenal Brittle Bone Disease, Penyakit Tulang Langka Pada Balita

Jadi, yuk atur pola makan dan gaya hidup agar terhindar dari rematik!

(LMF)

Artikel Terkait